ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Jurnal Skydrugz Bot Radar 5 Maret 2021: Tax, Recovery, JSMR

Jurnal Skydrugz Bot Radar 5 Maret 2021: Tax and Recovery and JSMR Prioject

Skydrugz Hit Prediction 4 Maret 2021 dan Review Market
  • Kemarin hanya 2 prediksi saya yang hit yakni prediksi saya tentang emas yang akan anjlok dan prediksi tentang SMSM. Rincian hit Prediction saya di 4 Maret di 2021 bisa dilihat di link ini.
  • Total transaksi IHSG kemarin hanya 14 Triliun. Masih sunyi as usual. Sejak Februari 2021, IHSG kesulitan lagi menyentuh milestone Transaksi 20 Triliun dalam sehari. Kripto masih lebih ramai dari IHSG.
  • ANTM jadi top transaction lagi dengan total transaksi 1,2 Triliun dan harga anjlok ke 2520. Padahal holding baterai akan resmi di bulan Juni 2021. Mungkin saja itu bagian dari skenario untuk Markdown ANTM TINS hingga PBV 1. Sentimen holding baterai tidak cukup melawan sentimen anjloknya komoditas nikel.
  • Dengan anjloknya harga nickel dunia, kemungkinan besar ANTM akan koreksi lagi hari ini. Padahal ANTM selain ada sentimen holding baterai, mereka juga ada sentimen bullion bank yang akan didirikan oleh pemerintah.
  • Ekonomi di sektor riil mulai pulih dan yang menjadi proxy nya adalah penjualan alat berat UNTR yang mulai menunjukkan perbaikan. Makin banyak alat berat yang dibeli artinya makin banyak pembangunan di sektor riil. Dan bisa dilihat Nasdaq mulai rontok.
  • Rontoknya saham Nasdaq menunjukkan adanya shifting dari investor dari sektor teknologi yang thriving selama pandemi ke old industries yang rontok selama Covid-19. Belum lagi adanya sentimen rencana kenaikan pajak ke orang kaya di AS. Saat ini mayoritas orang kaya di AS adalah pemegang saham perusahaan teknologi seperti MSFT, AAPL, dan Amazon. Dan mereka semua akan menjadi objek kebijakan pajak baru tersebut. 
  • Mutasi Covid-19 baru masuk lagi di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2021. De Javu dengan waktu itu Covid-19 pertama kali masuk Indonesia di 2 Maret 2020. Beda 2029 dengan 2021 adalah di 2020 kita belum tahu apa – apa tentang Covid-19, kita belum punya vaksin dan belum ada stimulus. Market rontok dan ARB tiap hari sejak 3 Maret 2020 sampai akhirnya bisa recover sepenuhnya di 26 Maret 2020 ketika pemerintah AS mengumumkan stimulus ekonomi.
  • Varian baru Covid-19 menurut saya tidak terlalu berpengaruh pada market karena vaksin yang ada saat ini bisa bekerja menghadapi virus tersebut. Yang menjadi kendala saat ini hanyalah progress pemberian vaksin yang sangat lambat. Total penduduk yang mendapatkan vaksin masih jauh dari target 70% populasi. Itu bisa membuat proses recovery makin lambat. Namun Supercycle berpeluang gagal karena harga copper mulai anjlok.
Skydrugz Likuid Radar
  1. SRIL  PBV 0,46 HARGA 224
  2. ITMG PBV 1,13  HARGA 11.900
  3. JSMR PBV 1,23  HARGA 4070
  4. WSBP PBV 1,16 HARGA 254
  5. ZINC PBV 4,07 HARGA 130
Skydrugz Non-Likuid Radar Reversal In The Making
  1. PAMG PBV  0,61 HARGA 87
  2. LUCK PBV 0,67 HARGA 125
  3. SPTO PBV  0,69 HARGA 498
  4. KINO PBV  1,13 HARGA 2180
  5. TOTO PBV  1,14 HARGA 214
  6. PEHA PBV  1,50 HARGA 1290
Skydrugz Non-Likuid Radar Dumping
  • KIJA PBV 0,56 HARGA 163
  • ESSA PBV 0,70   HARGA 204
  • BEEF PBV 0,85  HARGA 126
  • POWR PBV 1,15  HARGA  705
  • DSNG PBV 1,56  HARGA 565
  • SSMS
  • BWPT
  • ANDI
Komentar Radar

Saya melihat banyak saham CPO yang masuk radar Skydrugz. Itu artinya saat ini mayoritas CPO sekarang sudah dalam posisi markdown berat. Dari yang masuk radar, yang masuk dalam proyek akumulasi nampaknya hanya JSMR. Sebenarnya POWR juga menarik tapi perusahaan ini will hurt dengan kenaikan HBA.

Saya sudah berhenti melakukan akumulasi ADRO. Kemarin adalah hari terakhir saya mengakumulasi ADRO. Dumping ADRO sudah selesai dan saya melihat sudah banyak yang akumulasi. Jadi saya stop. Begitu juga dengan HMSP saya sudah stop akumulasi. Terakhir saya beli HMSP di 2 Maret 2021. 

What to Buy

Seperti biasa, proyek akumulasi saya biasanya terdiri dari 3 saham saja di 3 sektor yang berbeda. Dan proyek akumulasi saya sekarang adalah

  • TSPC : Konsumer low risk
  • JSMR : BUMN moderate risk
  • DOID: Tambang high risk

Mengapa TSPC? Karena menurut saya undervalued dan vaksin mandiri akan menjadi katalis yang bagus untuk perusahaan ini. Perbandingan Saham Farmasi di Indonesia bisa dibaca di sini.

Mengapa JSMR? Perusahaan ini sudah berhari-hari masuk radar Skydrugz. Dan ini BUMN. Banyak utang namun akan selalu dilindungi negara. Sayangnya PBV JSMR belum < 1. Worst case nya adalah JSMR anjlok sampai ke PBV < 1. Sehingga proyek akumulasi ini bisa berlangsung lebih dari 3 tahun. Gunakan teknik akumulasi bearish.

Profil JSMR bisa dibaca di sini. 

Mengapa DOID? Baru memperpanjang kontrak besar di BRAU dan ADRO plus sudah mendapatkan suntikan modal baru dari obligasi tapi harga belum bergerak. Sudah jelas ada yang sedang markdown saham ini.

Pelatihan Analisis Teknikal

 

Pelatihan Analisis Technical
Pelatihan Analisis Technical

Tim Pintarsaham.id akan membuat pelatihan analisis Technical untuk investor pemula yang akan dilaksanakan pada 6 Maret 2021 melalui zoom meeting.

Untuk rincian acara dan reservasi bisa PM Admin Pintarsaham.id di Nomor WA 0831 1918 1386.

Pesan Ebook Analisis Kuartalan

Analisis Ebook Kuartalan Laporan Keuangan Full Year 2020 dapat di pesan di sini.

Jika ingin belajar analisis Technical, bisa daftar kursus yang dibuat oleh Tim Pintarsaham.id di sini

Buka Rekening Saham

Jika ingin bukan rekening saham di Sucor Sekuritas bisa baca petunjuknya di link ini atau bisa menghubungi akun telegram @skydrugz27 mengenai cara pembukaan rekening Sucor.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa daftar gratis ke sini

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply