ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Jurnal Skydrugz Bot Radar 2 Maret 2021: Stimulus Effect Kick In

Jurnal Skydrugz Bot Radar 2 Maret 2021: Stimulus Effect Kicks In

  • Stimulus luar negeri sudah mulai kelihatan hilalnya.
  • Stimulus dalam negeri juga sudah kelihatan Hilalnya. Langsung kombo stimulus. Stimulus property dan stimulus otomotif.
  • Stimulus batubara pun sudah sudah dirilis.
  • Secara teori dan textbook seharusnya market rally karena hal tersebut. Ekonomi harusnya bisa kick in dengan semua stimulus tersebut seperti yang pernah saya jelaskan di tulisan sebelumnya. Stimulus di 2021 ini efeknya harusnya mirip dengan stimulus di 2020.
  • Beberapa sektor sudah menunjukkan pemulihan. Terutama di sektor CPO yang merupakan tulang punggung negara Indonesia. AALI sudah merilis laporan keuangan full year 2020 dan hasilnya sangat oke, bisa lihat di sini berapa pertumbuhan laba mereka. LSIP pun sudah rilis Laporan Keuangan 2020 dan hasilnya laba naik 174%, laporan keuangan LSIP 2020 bisa dilihat di sini. 
  • Bahkan SIMP perusahaan CPO yang selama 2018 dan 2019 terus menerus merugi, akhirnya bisa mencetak laba di 2020 dengan kenaikan laba mencapai 142%. Benar – benar luar biasa, turnaround story. LK SIMP 2020 bisa dilihat di sini. Membaiknya LK SIMP dan LSIP harusnya bisa memberikan dampak positif ke LK INDF.
  • Sektor CPO menjadi salah satu yang paling tahan banting selama Pandemi 2020. Terimakasih kepada para petani Indonesia.
Review Radar Kemarin

Seperti jurnal kemarin, hari ini pun saya akan fokus di saham bluechip saja. Jika ada saham bluechip yang lagi kena dump, mengapa harus mencari emiten yang second liner dan third liner. Safety is better. Saham BBCA PTPP hanya satu hari saja nongkrong di Radar Skydrugz. Pagi masuk radar, begitu market buka langsung langsung naik. Bahkan PTPP sudah mencapai target hit. Tinggal menunggu emiten lain yang hit target. Untuk melihat target saya di beberapa emiten yang masuk radar, bisa cek di sini. Sisa BBCA INTP ASII PNLF yang belum hit. PTPP sudah hit duluan.

Apa Yang Masuk Radar Hari Ini?
  1. ASII PBV 1,16 HARGA 5600
  2. GGRM PBV  1,24 HARGA 36.600
  3. ICBP PBV 2,10 HARGA 8600
  4. HMSP PBV 5,42 HARGA 1335
  5. KLBF PBV 3,98 HARGA 1520
  6. JSMR PBV 1,27  HARGA 4210
  7. INTP PBV 2,13  HARGA 12.900

Banyak yang sudah keluar dr Radar dumping di hari sebelumnya dan di 26 Februari 2021. Seperti PTPP dan WIKA.

WIKA hanya 2 hari masuk radar. PTPP dan BBCA malah hanya 1 hari masuk radar. Mereka tidak betah di radar di saya. ICBP GGRM HMSP ini yang tiap hari masuk radar dump. Betah sekali mereka tinggal di radar.

Kalau melihat komposisi Skydrugz Bot Radar 2 Maret 2021 ini, mayoritas list di isi oleh sektor konsumer semua. Sungguh kejam market kepada konsumer. Padahal sektor ini salah satu yang paling tahan banting di 2020. Tapi market justru tidak mengapresiasi sektor ini. Mereka terus menerus di dumping. Fund manager memang banyak yang kurang suka dengan sektor konsumer seperti yang sudah saya bahas sebelumnya di sini dan di tulisan tentang HMSP di sini. Serta terlihat jelas juga di Market Outlook JP Morgan. They don’t like consumers. Fund manager lebih suka making bet di perbankan dan komoditas.

Tapi menurut saya that’s okay. Mumpung market sedang dump konsumer, saya justru akan mengumpulkan semua sektor konsumer yang sedang didump ini. Mengapa harus takut dengan konsumer yang selalu konsisten cetak laba. Takut dengan cukai rokok? Takut dengan cukai gula? Bring it on.

What to Buy?

Hari ini saya hanya akan bid HMSP ADRO SIMP.

HMSP karena ini konsumer yang bagi dividen gede.

ADRO karena ini emiten komoditas yang harusnya mendapatkan efek supercycle.

SIMP karena turnaround story.

Konsumer, mining, Agri tulang punggung negara.

Analisis Ebook Kuartalan Laporan Keuangan Full Year 2020 dapat di pesan di sini.

Jika ingin belajar analisis Technical, bisa daftar kursus yang dibuat oleh Tim Pintarsaham.id di sini

Jika ingin bukan rekening saham di Sucor Sekuritas bisa baca petunjuknya di link ini atau bisa menghubungi akun telegram @skydrugz27 mengenai cara pembukaan rekening Sucor.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa daftar gratis ke sini

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply