ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

IHSG dan Stimulus Ekonomi

Tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi IHSG karena di tahun lalu IHSG anjlok >20% dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan akibat Covid-19. IHSG jatuh hingga Bottom dan semua pelaku pasar panik. 23 Maret 2020 IHSG anjlok hingga 3937. Crash, semua sudah hilang harapan. Tapi akhirnya Trump membuat keputusan berani dengan menyetujui stimulus ekonomi dengan nilai 2 Triliun dollar pada tanggal 25 Maret 2020 and the rest is history. Semua pasar modal di seluruh dunia rebound.

Saham komoditas menjadi jawara di IHSG. Saham seperti MDKA ANTM TINS

IHSG dan Stimulus Ekonomi
IHSG Bottom dan Stimulus

INDY AALI sudah mencetak multibagger sejak bottom Maret. Stimulus ekonomi mengakibatkan devaluasi mata uang dollar yang pada gilirannya akan mengakibatkan inflasi pada kelas aset yang lain. Yang mendapatkan immediate effect adalah Kelas Aset komoditas karena itu menjadi sarana lindung kekayaan yang sering digunakan. Harga emas meroket diikuti oleh kenaikan harga komoditas lain seperti nickel, timah, CPO, batubara hingga karet.

Indonesia yang merupakan salah satu negara penghasil nikel, CPO dan batubara terbesar di dunia mendapatkan berkah dari stimulus ekonomi di AS. Karena banjir likuiditas pada akhirnya akan bermuara pada negara penghasil komoditas yang menjadi bahan baku utama hampir semua produk ekonomi.

Di Januari 2021 ini Biden kembali memutuskan akan mengucurkan stimulus 1,9 Triliun dollar. Menurut saya ini adalah kabar baik bagi ekonomi dunia. Jika kita bersumsi bahwa efek yang sama akan terjadi lagi di IHSG, maka 2021 bisa menjadi tahun yang super bullish, sama seperti Maret 2020 ketika stimulus pertama dikucurkan.

Menurut saya sektor komoditas masih akan bersinar dengan adanya stimulus jilid 2 ini. Namun sebaiknya kita jangan terlalu terjebak dalam euforia juga. Kewaspadaan di market tetap harus ditingkatkan mengingat kasus Covid-19 belum menunjukkan penurunan meskipun vaksin sudah dirilis.

Jaga kesehatan dan semoga cuan selalu.

Disclaimer on.

Leave a Reply