ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Catatan Skydrugz Post Market 11 Februari 2021

Catatan Skydrugz Post Market 11 Februari 2021

Transaksi IHSG 11 Februari 2021
Transaksi IHSG 11 Februari 2021

Sudah 2 hari IHSG naik tanpa volume besar. Kemarin volume IHSG hanya 12,9 milyar lembar dengan nilai transaksi 14,3 Triliun. Sedangkan hari ini hanya 11,2 milyar lembar dan nilai transaksi hanya 10,5 Triliun. Benar – benar sunyi. Kemarin IHSG naik 0,33%. Hari ini naik lagi 0,33%. Persentase kenaikan IHSG dua hari terakhir ini mirip, entah kebetulan atau bukan.

Dua hari terakhir, transaksi di IHSG jauh lebih rendah dari transaksi dalam 1 bulan terakhir yang volume nya biasa mencapai 21 milyar lembar dan nilai transaksi 19,3 Triliun. Bisa dikatakan volume transaksi hari ini hanya separuh dari nilai transaksi harian IHSG dalam 1 bulan terakhir.

Faktor

Transaksi harian di IHSG makin sunyi sejak seminggu terakhir. Menurut saya beberapa faktor yang mungkin menjadi pemicunya adalah

1. Investor masih wait and see rilis LK Q4 2020. Sejauh ini hanya beberapa emiten yang sudah rilis Laporan Keuangan full year 2020.

2. Investor ritel mulai banyak yang menarik dana dari IHSG lalu pindah ke kripto. Seperti BTC dan ETH

3. Proses rebalancing indeks MSCI dan LQ45 serta indeks lainnya belum sepenuhnya tuntas. Apalagi Fund manager yang dana kelolaan besar, tentu butuh waktu untuk rebalancing portofolio.

4. Banyak trader yang mulai kapok gunakan margin. Selama ini margin banyak digunakan oleh Trader untuk transaksi saham dan meramaikan saham. Namun semenjak banyak kejadian forced sell dan ARB berhari-hari, akhirnya mulai banyak trader kapok menggunakannya.

5. Investor menunggu penuntasan kasus BPJS dan Asabri

6. Imlek Effect. Banyak trader yang istirahat dulu dari trading karena lebih memilih menghabiskan waktu bersama keluarga dan bayar angpao.

Mungkin masih banyak faktor lain yang berperan dalam berkurangnya transaksi IHSG dalam dua hari terakhir.

Mover

Hari ini ANTM masih menjadi top transaction. 1,8 Triliun duit terputar di ANTM hari ini. Lalu diikuti INCO 566 Milyar. Duo nikel ini menyumbang >10% transaksi di IHSG hari ini. Yang mau trading dan scalping sangat cocok transaksi di dua saham ini karena sangat likuid. Namun buat yang mau investasi, harus pikir matang – matang dulu karena secara valuasi, kedua saham ini sudah overvalued secara PER. ANTM di harga 2870 PER 61,89. INCO di harga 6375 PER 41,57. Tapi PER keduanya bisa membaik jika laba full year dan dan Q1 2022 bisa naik >100%. Tapi apakah mungkin itu terjadi? Let’s see. Harga nickel masih di level >15.000 dollar. Ini good news. Tinggal tunggu fenomena supercycle.

Valuasi IHSG

PER overall 10,6

PER WA 38,3

PBV Overall 2,3

PBV WA 2

Dollar 14.011

PER WA overvalued.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa ke sini

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

 

Leave a Reply