ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Tidak Semua Saham Bisa Di Hold Forever

Hanya beberapa saham seperti $UNVR $BBCA $BBRI $KLBF yang bisa di hold forever. Karena manajemen perusahaan ini memang top class.

Banyak yang bilang, saham itu long term. Tapi kalau salah pilih saham, long term justru membuat bangkrut. Lihat investor BUMI ENRG BNBR. Long term bukannya tambah kaya, malah makin boncos.

Bahkan saham – saham yang hold forever itu pun return nya kalah sama $BTC ETH dalam 10 tahun terakhir.

Coba bandingkan return orang yang beli BTC ETH di 2010 buy and hold dengan orang yang beli BBCA UNVR BBRI KLBF.
Mana yang return nya paling besar.
2010 BTC harganya hanya 1 dollar
2020 BTC sudah 29k dollars
Ini naik berapa persen?

Coba bandingkan dengan return saham bluechip di Indonesia

Return 1 Jan 2010 – 31 Desember 2020
BBCA 597%
KLBF 469%
BBRI 445%
UNVR 232%
IHSG 135%

Dalam 10 tahun terakhir, saham apa di Indonesia yang bisa naik seperti BTC?

Kalau BTC memang bubble, maka bubble BTC sudah bertahan lebih dari 10 tahun. Tapi kapan akan pecahnya? Kalau IHSG bukan bubble, kenapa return nya kalah sama BTC dalam 10 tahun terakhir?

Jawabannya semua ada di psikologi pasar. Selama ada yang rela membayar lebih mahal maka semua aset akan naik. Saat ini, tidak ada investor yang mau bayar lebih mahal di IHSG.

Dan seperti yang kita ketahui bersama, tidak semua perusahaan di IHSG itu punya kualitas setara BBCA. Beberapa perusahaan hanya jadi zombie company. Habis IPO, kebanyakan owner nya langsung don’t care. Toh sudah dapat duit dari IPO, ngapain lagi urus perusahaan. Mau bagi dividen ke investor ritel? Ndak usah lah. Perbanyak transaksi afiliasi biar owner makin kaya. Jangan bagi – bagi ke investor ritel. Saham ndak bagi dividen, harga saham gocap. Double apes.

Karena itu kalau mau hold saham forever pastikan owner dan manajemen perusahaan itu top class. Jadi biarpun saham ndak gerak, kita tetap dapat dividen dan perusahaan tidak bangkrut.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa ke sini

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply