ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 30 September 2021: Evergrande Bailout

Skydrugz Radar 30 September 2021: Evergrande Bailout

Akhirnya kemarin Evegrande di bailout oleh pemerintah. Cara bailout nya dengan menjual saham ke BUMN China. Secara tidak langsung sekarang Evergrande menjadi BUMN China. Kekhawatiran akan terjadinya Lehman Brothers jilid dua tidak terjadi. Padahal beberapa hari sebelumnya Xi Jinping sudah wanti-wanti ke semua pejabat daerah untuk tidak membantu Evergrande. Dan akhirnya sekarang dibantu. Pemerintah dapat saham Evergrande di harga super murah. Take over yang cerdik.

Tindakan pemerintah China yang cepat ini sangat berbeda dengan tindakan The Fed di 2007. Waktu itu The Fed malah meremehkan default subprime mortgage. Begitu sudah banyak perusahaan yang bangkrut baru di bailout. Market sudah panik duluan. Dana pensiunan jutaan orang menguap. Recovery baru terjadi 5 tahun kemudian. Benar – benar banyak cost yang harus dibayar karena mereka meremehkan situasi.

Jadi tindakan pemerintah China yang siap siaga ini bisa menenangkan market. Pemerintah China sekarang tinggal fokus pada krisis energi.

Dari sejak awal saya sudah menduga kalau pemerintah China akan bailout Evergrande. Whatever it takes. Tindakan mengulur-ulur waktu dilakukan untuk menunjukkan power pemerintah China. Ini semacam pesan buat seluruh perusahaan property di China, jangan macam – macam sama pemerintah, nasib kalian ada di tangan pemerintah.

Taktik give debt and conquer nampaknya berhasil dengan baik. Berikan utang yang sebesar – besarnya pada suatu perusahaan yang mustahil untuk dilunasi, setelah itu take over perusahaannya.

Melakukan bailout terhadap Evergrande menurut saya adalah langkah yang tepat.

Apalagi kondisi sekarang adalah China sudah diambang krisis energi yang berat sehingga mereka rela beli harga coal atau batubara di harga berapapun. Itu jadinya battle for resources. Eropa juga butuh coal. Musim dingin sebentar lagi. Bisa – bisa coal 300 dollar kalau kondisi ini berlanjut sampai musim dingin nanti. Ini bagus untuk perusahaan coal tapi tidak bagus bagi ekonomi secara keseluruhan. Naiknya harga energi yang terlalu tinggi dalam jangka waktu yang lama bisa memicu timbulnya inflasi yang tidak terkontrol. Dan worst case nya adalah perang untuk memperebutkan sumber daya energi.

Indonesia beruntung bisa punya Coal, minyak, gas dan CPO yang bisa jadi sumber energi. Tapi semoga saja negara lain tidak iri dengan Indonesia lalu menyerang kita karena mereka ingin merebut sumber daya kita. Selalu ada alasan bagi negara besar untuk menguasai sumber daya di negara lain. Ada yang ingat dengan Irak dan Libya?

Saya suka harga Coal naik tapi semoga saja krisis energi yang terjadi sekarang tidak sampai memicu perang dunia ketiga. Hope for the best.

Kita semua tentu ingin kedamaian. Apalagi Market Indonesia masih undervalued. Potensi upside masih besar. Sia – sia semua itu kalau perang pecah. Karena itu mari kita menjaga kedamaian dunia.

Skydrugz Bot Radar
  • Cara menggunakan Radar ini bisa cek di sini
  • HRTA radar hari-18. ASB Play. Sudah lebih 2 minggu HRTA masuk radar.
  • GJTL radar hari ke-15
  • BCAP radar hari ke-15
  • INDF Radar Hari ke-11
  • INCO radar hari 10
  • GGRM radar hari 10. PBV 1.
  • ACES radar hari 11
  • PNBN Radar Hari 9
  • MCOR Radar Hari 8
  • AUTO out. Terakhir Radar Hari 7
  • SMGR out. Terakhir radar hari 6 bareng SMCB
  • MNCN radar hari 7
  • BMTR radar hari 5
  • PNLF radar hari 5
  • TOWR radar hari 5
  • POWR Radar hari 2. PBV 1.
  • ANTM radar hari 3. Duo nickel kena markdown.
  • JSMR Radar hari 1. PBV 1,1
  • Saham teknologi dan afiliasi teknologi sudah banyak yang kena dump. KREN NFCX EMTK akhirnya market tak lagi menginginkan mereka.

Jika ingin mendapatkan data analisis Laporan Keuangan Kuartalan bisa pesan di sini atau menghubungi Whatsapp Admin Pintarsaham.id +62 831-1918-1386

Untuk konsultasi perencanaan keuangan atau Financial Planning dari Certified Financial Planner Tim Pintarsaham.id bisa juga melakukan reservasi via Whatsapp +62 831-1918-1386

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386 atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply