ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 28 September 2021: Coal 200 Dollar

Skydrugz Radar 28 September 2021: Coal 200 Dollar

Terus terang saya cukup terkejut melihat harga Coal sudah 200 dollar. Saya pikir itu akan terjadi di Desember 2021. Ternyata di September 2021, harga coal atau batubara sudah memasuki All Time High resistance psikologis 200 dollar. Ini adalah uncharted territory. Waktu Coal 50 dollar di September 2020, tidak banyak yang menduga coal bisa tembus 200 dollar seperti saat ini. Di masa – masa kelam itu banyak yang bilang coal is death dan katanya mustahil coal bisa 100 dollar lagi. Bisa 70 dollar saja katanya sudah bagus banget. Tahun lalu benar – benar masa paling pesimis coal.

Batas coal

But look at now, September 2021 tidak sampai 1 tahun, coal sudah 200 dollar.

Coal 200 dollar

Bahkan kontrak Juni 2023, coal sudah 134 dollar.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, ketika inflasi terjadi, sektor yang terbaik untuk good bet adalah sektor energi dan komoditas. Dan semenjak kita lihat komponen utama inflasi AS, negara dengan GDP terbesar di dunia, adalah energi saya memang sudah yakin batubara akan 200 dollar di akhir tahun.

Waktu gonjang-ganjing Evergrande banyak yang bilang kalau harga coal bisa ambruk karena hal tersebut. Tapi di postingan sebelumnya saya sudah mengatakan kalau thermal coal tidak akan terlalu dipengaruhi oleh Evergrande. Coal akan tetap melaju karena adanya real demand. Dan bukan hanya China yang menginginkan Coal tapi juga negara Eropa yang katanya benci Coal karena ESG seperti Inggris dan Jerman.

Tapi nampaknya banyak investor ritel yang justru pesimis sama coal. Begitu coal sudah 200 dollar, justru makin banyak investor ritel yang exit dari saham coal seperti ITMG, INDY dan ADRO.

Exit coal

Ketika laba perusahaan Coal pasti akan membaik di Q3 dan Q4 2021, mereka justru exit. Tapi menurut saya wajar saja banyak yang exit. Pada umumnya banyak yang sudah lelah nyangkut di coal dan mulai hilang harapan. Kata mereka harga coal di atas 100 dollar tapi harga saham tidak gerak sama sekali. Kalau kata saya, sabar saja. Tunggu laba Q3 dan Q4 2021. Pada umumnya big fund juga menunggu rilis LK sebelum mengambil keputusan.

Jadi buat yang sudah serok saham coal sejak jauh – jauh hari, let’s sit and enjoy the show saja.

Saya tetap fokus di trio BUMN Energi PTBA PGAS ELSA, infrastruktur seperti BUMN Karya dan TLKM dan pelengkap derita konsumer. Sektor yang bikin paling lagging di portofolio sekarang adalah konsumer. Sektor konsumer mengajarkan saya untuk tetap membumi. Meskipun coal sudah 200 dollar, kita tidak boleh jumawa.

Saat ini konsumer memang merah tapi saya tetap yakin sektor konsumer akan menjadi last defender ketika Inflasi merebak di seluruh dunia. One day, sektor konsumer akan mendistribusikan cost inflasi mereka ke konsumen dan ketika itu terjadi Revenue dan laba mereka akan naik seperti yang terjadi di 1998 dan 2008.

Pembobotan IHSG

Katanya 1 Oktober 2021 akan ada pembobotan baru IHSG. Tapi menurut saya itu sudah diantisipasi market sejak beberapa bulan yang lalu.

Skydrugz Bot Radar
  • Cara menggunakan Radar ini bisa cek di sini
  • HRTA radar hari-16. ASB Play. Sudah lebih 2 minggu HRTA masuk radar.
  • GJTL radar hari ke-13
  • BCAP radar hari ke-13
  • INDF Radar Hari ke-9
  • INCO radar hari 8
  • GGRM radar hari 8
  • ACES radar hari 7
  • PNBN Radar Hari 7
  • MCOR Radar Hari 6
  • AUTO Radar Hari 6
  • DSNG exit Radar. Terakhir Radar Hari 4
  • SMGR radar hari 5 bareng SMCB
  • MNCN radar hari 5
  • BMTR radar hari 3
  • PNLF radar hari 3
  • TSPC radar hari 3
  • TOWR radar hari 3
  • ANTM radar hari 1. Duo nickel kena markdown.

Jika ingin mendapatkan data analisis Laporan Keuangan Kuartalan bisa pesan di sini atau menghubungi Whatsapp Admin Pintarsaham.id +62 831-1918-1386

Untuk konsultasi perencanaan keuangan atau Financial Planning dari Certified Financial Planner Tim Pintarsaham.id bisa juga melakukan reservasi via Whatsapp +62 831-1918-1386

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386 atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply