ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Investor Kripto Sudah Siap Menghadapi Crash?

Investor Kripto Sudah Siap Menghadapi Crash

Hari ini hampir semua koin kripto koreksi. Banyak yang mulai bertanya – tanya, apakah ini awal dari crash kripto seperti 2017-2018 dan 2020? Saya sendiri tidak tahu.

Bitcoin Bubble Burst
Bitcoin Bubble Burst

Tapi kalau kripto koreksi, anjloknya bisa >50% dari ATH (All Time High).

Koreksi itu adalah keniscayaan. Tak ada instrumen keuangan yang tak koreksi di dunia ini. Apalagi kripto $BTC sudah rally >2 juta persen dalam 10 tahun terakhir.

Is Crash Coming?

Yang perlu ditanyakan adalah apakah investor Kripto sudah siap menghadapi koreksi >50% dari ATH?

Kalau belum siap menghadapinya, maka it’s time to get out. Nanti stres berat kalau akhirnya nyangkut.

Tapi kalau memang siap menghadapi segala resiko bangkrut, maka follow your heart.

Diversifikasi

Untuk mencegah kebangkrutan di kripto, prinsipnya sama dengan di semua instrumen keuangan, yakni never all in. Diversifikasi.

Untuk instrumen beresiko seperti kripto bitcoin ethereum maka alokasi maksimal adalah 5-10%. Jangan lebih dari itu. Kalau duit hilang di kripto, maka maksimal hanya 5-10% saja kekayaan yang hilang. Kalian masih bisa come back safely. Tapi kalau sudah terlanjur all in, maka saya hanya bilang good luck, may cuan be with you. Dan semoga tidak stres jika melihat koreksi >50% yang entah kapan terjadi.

Jangan sampai uang pensiun kalian lenyap karena spekulasi berlebihan. Spekulasi harus terukur.

Follow Kami

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa ke sini

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply