3 Cara Mempersiapkan Uang Pensiun

berapa jumlah uang pensiun yang cukup_

Cara mempersiapkan uang pensiun untuk kehidupan yang nyaman dan sesuai keinginan kita??.

Pertanyaan ini akan mudah dijawab jika kita memang sudah memiliki jumlah kekayaan seperti Bill Gates atau Warren Buffet misalnya. Mereka sudah tidak memikirkan berapa jumlah uang yang harus dikumpulkan untuk menikmati masa pensiun yang menyenangkan.

Pensiun nyaman atau baik bervariasi berdasarkan pada tujuan dan preferensi pribadi masing-masing. Jumlah dana pensiun antara satu orang dengan yang lainnya pun bisa saja menjadi berbeda-beda tergantung apa definisi pensiun yang nyaman buat orang tersebut.  

3 langkah ini bisa kita lakukan untuk cara mempersiapkan uang pensiun yang layak dan tepat :

Mempersiapkan Dana Pensiun
Mempersiapkan Dana Pensiun
  • Tentukan Nilai Aset Bersih Anda

Ketahui lebih dulu berapa jumlah asset bersih yang Anda miliki saat ini. Cara mudahnya adalah dengan menghitung berapa semua asset yang dimiliki dikurangi semua kewajiban Anda.

Aset Anda adalah semua investasi Anda, rekening bank, uang tunai, dan dapat mencakup properti Anda. Kewajiban Anda adalah utang atau apa pun yang Anda berhutang: saldo kartu kredit, KPR, pinjaman lain, dan sebagainya.

Anda dapat berbicara dengan perencana keuangan yang dapat meninjau keuangan Anda dan membantu Anda menyusun rencana komprehensif untuk masa depan Anda. Penting untuk mengetahui angka-angka ini sehingga Anda dapat mulai mempersiapkan diri dengan benar untuk masa pensiun.

Baca juga artikel : 4 Tips Kapan saat yang tepat untuk membeli saham

Jumlah uang pensiun yang cukup
Jumlah uang pensiun yang cukup
  • Bayangkan Berapa Biaya Pensiun Anda Kelak

Sekarang setelah Anda mengetahui Aset bersih Anda, atau seperti apa kekayaan Anda hari ini, Anda perlu memahami kemana Anda ingin Aset bersih itu membawa Anda. 

Anda hanya dapat mengetahui berapa banyak uang yang cukup untuk pensiun dengan menggambarkan gaya hidup seperti apa yang Anda inginkan ketika pensiun nanti.

Sulit untuk mengetahui dengan pasti berapa pengeluaran Anda (terutama jika Anda merencanakan pensiun masih sepuluh atau dua puluh tahun lagi), tetapi Anda dapat mulai memperkirakannya. 

Untuk melakukannya, mulailah dengan hal-hal yang mudah misalnya :

  • Perumahan dan kebutuhan : Dimana Anda ingin tinggal? Apakah Anda akan berhemat atau pindah ke tempat yang lebih sepi? Apakah Anda ingin sering berliburan? 
  • Transportasi: Berapakah jumlah mobil yang ingin Anda miliki? Apakah Anda akan pindah ke tempat yang lebih mudah dilewati atau diakses dengan transportasi umum atau akankah Anda pindah lebih jauh dari kota sehingga biaya transportasi menjadi lebih mahal?
  • Premi asuransi: Apa rencana Anda untuk asuransi kesehatan? Apakah Anda memerlukan jenis perlindungan lain?
  • Layanan Kesehatan: Berdasarkan manfaat yang dapat Anda terima, seperti apa biaya perawatan kesehatan Anda? 

Memikirkan seperti apa pensiun Anda sehari-hari, bersama dengan tagihan apa yang Anda harapkan akan terus dibayar dan mana yang tidak perlu Anda urus dapat membantu Anda membuat anggaran yang tepat. 

  • Apakah Anda akan bepergian atau ingin menghabiskan banyak waktu di komunitas Anda?
  • Apakah Anda ingin memberikan dukungan keuangan kepada anggota keluarga?
  • Kegiatan atau hobi apa yang ingin Anda kejar?
  • Akankah gaya hidup Anda berubah dan, jika ya, bagaimana?

Baca juga artikel : 3 Strategi Investasi Saham Jangka Panjang yang terbukti Berhasil

Mempersiapkan Dana Pensiun
Mempersiapkan Dana Pensiun
  • Bandingkan Asset yang Ada Saat Ini dengan Apa yang Anda Butuhkan untuk Pensiun

Setelah menghitung-hitung berapa sebenarnya uang yang diperlukan untuk merasakan kehidupan pensiun yang nyaman. Saatnya untuk memperkirakan berapa lama dan berapa jumlah uang pensiun yang harus dikejar mumpung masih usia produktif.

Ingatlah bahwa Anda memiliki banyak pilihan. Anda mungkin dapat:

  • Kurangi biaya pensiun Anda, jadi Anda perlu lebih sedikit menabung untuk hidup.
  • Buat aliran Aset lain, jadi Anda tidak mengandalkan 100% pada tabungan Anda.
  • Bekerja paruh waktu atau memiliki bisnis sampingan yang menghasilkan.
  • Anda juga dapat mengembangkan strategi investasi yang lebih pintar yang memungkinkan Anda menghasilkan investasi yang lebih baik.
Salah satu cara mempersiapkan dana pensiun adalah berinvestasi di tempat yang tepat. Saham salah satu hal yang bisa kita pilih, tentunya dengan memperhatikan risiko-risiko yang ada. Click To Tweet

Baca juga artikel : Mengapa berinvestasi di saham

Cara Mempersiapkan Uang Pensiun

Kebutuhan dan tujuan pensiun setiap orang berbeda, oleh karena itu penting untuk menganalisis situasi keuangan Anda sendiri untuk menentukan apa yang terbaik untuk Anda. Jika diperlukan peranan seorang perencana keuangan bisa digunakan agar apa yang sudah direncanakan bisa tercapai.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *