ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Evolusi Jumlah Investor BACA Januari – Juni 2021:Apakah Investor BACA Nyangkut?

Evolusi Jumlah Investor BACA Januari – Juni 2021:Apakah Investor BACA Nyangkut?

Saya bukan lah investor pencinta bank. Kalau pun mau investasi di bank saya memilih bank syariah saja. Sayangnya bank syariah bagus seperti BRIS dan BTPS PBV nya sudah di atas langit semua. Tapi akhir – akhir ini banyak sekali yang PM saya dan mengatakan kalau mereka nyangkut di $BACA. Mereka bertanya bagaimana caranya keluar dari Bank Capital tanpa loss gede. Itulah mengapa saya membuat beberapa tulisan mengenai Bank Capital untuk membantu memberikan analisis pada rekan – rekan yang nyangkut. Sejauh ini saya sudah membuat 3 tulisan mengenai Bank Capital.

Tulisan pertama adalah mengenai evolusi pemegang waran BACA, $BACA-W2, $BACA-W3. Tulisan kedua mengenai hikayat IPO BACA. Tulisan ketiga adalah mengenai potensi FVTPL dan perbandingan BACA dengan bank lain. Bagi yang tertarik baca bisa cek di Pintarsaham.id atau Stockbit. Dengan begitu ini menjadi tulisan keempat saya mengenai Bank Capital.

Saya bukan lah investor Bank Capital tapi saya bersimpati pada investor BACA yang nyangkut karena saya juga pernah nyangkut. Meskipun tempat nyangkut kita memang beda. Saya sampai sekarang masih nyangkut di saham old economy HMSP UNVR GGRM sedangkan mereka nyangkut di new economy Bank Capital. Jadi mau itu new economy atau pun old economy, nyangkut is nyangkut. Apa yang dirasakan oleh nyangkuter BACA, sudah pernah juga dirasakan oleh nyangkuter UNVR HMSP GGRM sejak beberapa bulan lalu.

Tapi tidak perlu malu kalau nyangkut karena that’s part of the game. Kalau yakin masa depan perusahaan masih cerah, keep hold till bagger. Bila sudah tak yakin, maka segera move on, cari saham lain.

Evolusi Pemegang Saham Bank Capital

Kalau melihat list pertambahan investor Bank Capital tiap bulan sejak Februari 2021 hingga Juli 2021, maka saya dapat menyimpulkan bahwa mayoritas investor $BACA sekarang banyak yang posisinya nyangkut.

Bisa lihat grafik berikut yang saya kompilasi dari Stockbit dan RTI.

Investor BACA

  • Januari 2021: range harga 376-422, jumlah investor 448 orang
  • Februari 2021: range 376-940, jumlah investor 3000an orang
  • Maret 2021: range harga 452-930, jumlah investor 16 ribu orang
  • April 2021: range 424-515, jumlah investor 17ribu orang
  • Mei 2021: range 340-480, investor 16rb orang
  • Juni 2021: range 374-492, investor 20 ribu orang
  • Juli 2021: range 390-496, investor 22 ribu orang

Investor dan harga saham BACA

Melihat grafik di atas, sudah jelas terlihat bahwa 90% investor di Bank Capital Tbk beli saham di atas harga market saat ini 352.

Dan kalau melihat pertumbuhan masif investor BACA, mayoritas belinya di Februari-Maret 2021.

Di Januari 2021, jumlah investor BACA hanya 448 orang. Simas Equity Fund hold 774 juta lembar saham.

Namun begitu di Februari 2021, tiba – tiba jumlah investor BACA melompat jadi 3200 orang. Asuransi Jiwa Sinarmas berganti jadi Siji Premier Fund dengan jumlah saham naik jadi 807 juta saham.

BACA Maret 2021

Kemudian di Maret 2021, jumlah investor BACA naik lagi menjadi 16.000an orang. SiJi Balance Primer Fund berubah jadi Asuransi Jiwa Sinarmas lagi.

BACA SIJI

Melihat progress perkembangan harga saham BACA di Januari – Maret 2021 maka kita bisa lihat kalau Asuransi melakukan swap kepemilikan antara entitas dan menambah jumlah kepemilikan saham selama periode tersebut.

Di periode tersebut juga terjadi lonjakan harga saham dan sekaligus jumlah investor saham.

Jadi apakah peran Sinarmas di saham BACA? Saya juga tidak tahu.

Menurut saya banyak investor ritel yang posisinya sekarang nyangkut di BACA karena harga saham BACA sekarang jauh lebih rendah dari harga saham nya Januari 2021.

Satu – satunya harapan investor BACA saat ini adalah masuknya investor strategis ketika right issue karena secara fundamental nothing special di Bank Capital, laba kecil, dana kelolaan sedikit dan karena saat ini BACA sudah disesaki oleh investor ritel yang nyangkut. Jika hanya mengharapkan investor ritel mengerek harga, maka itu akan sangat berat. Hanya masuknya investor strategis yang bisa menyelamatkan investor ritel BACA dari kenyangkutan.

Jadi siapakah investor strategis yang akan masuk BACA? Atau pertanyaannya juga bisa diubah jadi, apakah ada investor strategis yang mau masuk BACA?

Investor BACA pasti berharap ada investor strategis yang masuk. Dan saya yakin investor BACA juga berharap yang masuk adalah Grab. Tapi itu semua adalah harapan.

Apakah harapan akan terwujud? Hanya Tuhan yang bisa menjawabnya.

Tetap Semangat Investor Bank Capital. Jika ingin belajar ikhlas nyangkut, bisa belajar dari investor HMSP GGRM dan UNVR.

Meskipun beda genre, sesama nyangkuter jangan saling bully.

Pesan yang sama diulangi, jika yakin akan ada investor strategis masuk maka keep hold. Jika tidak yakin, move on. Simple.

Jika ingin mendapatkan data analisis Laporan Keuangan Kuartalan bisa pesan di sini atau menghubungi Whatsapp Admin Pintarsaham.id +62 831-1918-1386

Untuk konsultasi perencanaan keuangan atau Financial Planning dari Certified Financial Planner Tim Pintarsaham.id bisa juga melakukan reservasi via Whatsapp +62 831-1918-1386

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386 atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply