Analisa Saham LTLS

Analisa Saham LTLS

Analisa Saham LTLS

Profil Perusahaan PT Lautan Luas Tbk

LTLS berkedudukan di Jakarta Barat dengan alamat Kantor Pusat di : Graha Indramas, Jalan AIP K.S Tubun Raya Nomor 77 Jakarta, Indonesia. Website perusahaan bisa dicek di link berikut

Perusahaan ini didirikan di tanggal 13 Juli 1951 dengan nama Persekutuan Andil Maskapai Dagang dan Industri “Lim Teck Lee” disebut juga “NV Lim Teck Lee (Indonesia) Coy. Ltd” sebagai importir dan distributor bahan kimia dasar, terutama untuk industri batik dan makanan di Indonesia.

Pada tanggal 20 April 1965, perubahan nama menjadi PT Lautan Luas. 7 April 1997, menjadi perusahaan publik PT Lautan Luas Tbk dengan kode emiten LTLS.

Industri yang dibidangi oleh LTLS mulai dari coating, farmasi, gula, makanan dan minuman, pakan ternak, pengolahan air, pertambangan dan smelter, plastik dan karet, tekstil, dan banyak lainnya.

Dari grafik harga saham LTLS periode 2002 – 2019 dapat dilihat pada grafik dibawah :

Grafik Harga Saham LTLS
Grafik Harga Saham LTLS

Terlihat harga saham LTLS sempat mencapai titik tertinggi di harga hampir Rp 1.000,00 per lembar di tahun 2015 namun turun drastis kemudian. Harga saham naik kembali dan menyentuh di harga Rp 610,00 di akhir Mei 2019.

LTLS mulai IPO sejak tanggal 21 Juli 1997 di harga IPO Rp 2.950,00 (belum memperhitungkan stock split). LTLS sudah melakukan 2x stock split pada tahun 1999 dan 2015 serta tidak pernah melakukan Rights Issue.

Perusahaan yang tidak pernah melakukan rights issue tergolong bagus karena perusahaan tersebut tidak “membebani” pemegang sahamnya dalam mengumpulkan dana tambahan untuk ekspansi.

Bisa dilihat contohnya pada saham-saham blue chip yang memiliki kondisi keuangan yang baik tidak pernah melakukan rights issue.

Visi Perusahaan LTLS

Visi LTLS juga jelas dimana perusahaan ini tidak hanya sebagai produsen bahan kimia, namum memiliki distribusi yang terintegrasi dan terkemuka secara regional.

Regional karena LTLS ternyata tidak hanya fokus di Indonesia saja, terbukti dengan memiliki kantor regional di Singapura, 2 fasilitas manufaktur di Tiongkok dan 1 fasilitas manufaktur bahan kimia pengolahan air di Vietnam.

Kepemilikan Saham LTLS Posisi Pada Akhir Tahun 2018 :

Kepemilikan Saham LTLS
Kepemilikan Saham LTLS

Analisa Saham LTLS

Analisa pada artikel ini dilakukan dengan “hanya” menggunakan dua jenis rasio saja yaitu PER dan PBV. Ada banyak jenis analisa yang dapat kita lakukan dalam melakukan analisa fundamental.

Penggunaan PER dan PBV hanya salah duanya saja, jadi tetap selalu lakukan cek dan ricek sebelum memutuskan membeli suatu saham.

Baca juga artikel : 3 Cara dalam Melakukan Analisa Kualitatif dalam Analisa Fundamental

Analisa Saham LTLS Berdasarkan Price Earning Ratio (PER)

Dilihat dari PER PT Lautan Luas, Tbk memiliki rata-rata PER selama 10 tahun terakhir tergolong rendah tidak pernah melebihi angka 10. Click To Tweet

Rata-rata PER Saham LTLS dalam 10 tahun terakhir adalah 23.16 , dengan menghilangkan PER di periode tahun 2015 yang melonjak karena turunnya laba yang dihasilkan oleh perusahaan maka PER yang dianggap “wajar” adalah 6.32

Dari sisi pertumbuhan laba , LTLS dalam 10 tahun terakhir berhasil tumbuh secara rata-rata tahunan sebesar 30,13%. Pertumbuhan laba ini sedikit unik karena tidak diikuti dengan pertumbuhan rata-rata pendapatannya sebesar sekian. Apakah yang menyebabkan?.

Proyeksi harga saham apabila dengan PER mengikuti rata-rata serta pertumbuhan EPS mencapai 30% per tahunnya adalah sebagai berikut :

Proyeksi Harga Saham LTLS Berdasarkan PER
Proyeksi Harga Saham LTLS Berdasarkan PER

Analisa Saham LTLS Berdasarkan Price Book Value (PBV)

Dilihat dari PBV, LTLS juga memiliki rata-rata PBV yang dibawah 1. Tentu saja menjadi pertanyaan mengapa bisa semurah itu.

Nilai rata-rata PBV saham LTLS selama 10 tahun terakhir adalah 0.615 dan pertumbuhan nilai buku perusahaan tiap tahunnya secara rata-rata adalah sebesar 4.01%.

Proyeksi harga saham apabila mengikuti rata-rata PBV adalah

Proyeksi Harga Saham LTLS Berdasarkan PBV
Proyeksi Harga Saham LTLS Berdasarkan PBV

Dividen LTLS

Dari sisi dividen , LTLS merupakan salah satu emiten yang rajin membagikan dividen dengan dividen yield yang tergolong besar.

Sejak tahun 1997 LTLS konsisten membagian dividen dengan dividen payout ratio yang tidak pernah melebihi 30%. LTLS hanya absen memberikan dividen ketika perusahaan ini merugi di tahun 2015 sehingga tidak membagikan dividen di tahun 2016.

Ketika itu memang terdapat fluktuasi kurs yang signifikan. Perusahaan ini bisa dikatakan memiliki risiko yang tinggi dalam hal kurs valuta asing.

Dividen yield yang dihasilkan juga tergolong lumayan karena diatas 6%. Tentunya bagi penggemar saham penghasil dividen bisa mulai mentargetkan saham LTLS.

Baca juga artikel : 6 Tips Menggunakan Strategi Saham Dividen

Perbandingan Sektor dan Industri

Untuk sektor usaha, LTLS tergolong ke dalam sektor perdagangan besar barang produksi yang artikel tentang perbandingannya bisa dibaca di : Perbandingan Saham Sektor Perdagangan Besar Barang Produksi di Bursa Efe Indonesia

Untuk industri, LTLS tergolong ke dalam industri perdagangan dan jasa.

Perbandingannya bisa dilihat :

Valuasi Perbandingan dengan Industri dan Sektor LTLS
Valuasi Perbandingan dengan Industri dan Sektor LTLS

Terlihat untuk rasio PER yang berada dibawah rata-rata industri dan sektornya. Earning yield yang dihasilkan juga lebih tinggi dengan EV to EBIT yang masih rendah. Market Cap dari LTLS memang masih dibawah rata-rata industri dan sektor.

Rasio Solvency LTLS
Rasio Solvency LTLS

Untuk rasio keuangan , LTLS masih lebih baik dibandingkan sektor dan industrinya namun yang perlu diperhatikan adalah rasio DER yang diatas 1.

Baca juga artikel : 4 Rasio Saham yang Digunakan untuk Menilai Suatu Saham

Perbandingan Profitabilitas dan Manajemen LTLS
Perbandingan Profitabilitas dan Manajemen LTLS

ROE LTLS “hanya” sebesar 10% masih dibawah rata-rata industri dan sektornya.

Dividen dan Kinerja Harga LTLS
Dividen dan Kinerja Harga LTLS

Dividen tergolong tinggi dengan yield mencapai 6% lebih, Harga saham tertinggi dalam 1 tahun terkahir adalah 740 dan terendah di harga 482.

Risiko-risiko bisnis LTLS

Dalam melakukan bisnis tentu saja ada risiko yang harus siap dimitigasi atau dicegah. Perusahaan Lautan Luas, Tbk (LTLS) yang bergerak dibidang distribusi dan manufaktur bahan kimia tentu saja memiliki beberapa risiko yang harus kita pahami sebagai seorang investor saham.

Beberapa risiko terkait dengan perusahaan ini adalah :

Risiko-Risiko Saham LTLS
Risiko-Risiko Saham LTLS

Risiko seperti perubahan nilai tukar merupakan salah satu yang paling besar dampaknya karena perusahaan ini yang banyak menggunakan mata uang asing dalam transaksi perdagangan.

Hal yang sudah dilakukan oleh perusahaan seperti yang dikutip dari Laporan Tahunan LTLS 2018 adalah dengan melakukan lindung nilai atas aktiva dan hutang secara rutin.

Kesimpulan Analisa Saham LTLS

Lautan Luas Tbk merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan manufaktur bahan kimia. Keunggulan perusahaan ini memiliki banyak prinsipal yang bergabung dan juga valuasi yang masih tergolong murah untuk saat ini.

Tentu saja dalam menilai murah tidaknya suatu saham tidak bisa hanya dengan mengandalkan PER atau PBV saja. Penting juga untuk mengetahui kualitas dari suatu perusahaan. Mau ngedapetin ebook analisa saham pilihan jangan lupa mampir ke link berikut : E-Book Analisa Kuartalan

Happy Investing 😀

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *