6 Strategi Investasi Saham Howard Marks yang Terbukti Berhasil

Strategi Investasi Howard Marks

6 Strategi Investasi Howard Marks

Howard Marks, lahir pada tahun 1940-an, merupakan investor dan penulis terkenal di Amerika Serikat. Pada 2017, ia menduduki peringkat orang terkaya nomor 374 di Amerika Serikat, dengan kekayaan bersih mencapai $ 1,91 miliar oleh Forbes.

Howard mendirikan Oaktree Capital Management di Los Angeles dengan lima partner.

Strategi Investasi Howard Marks memiliki kepribadian yang sangat populer di kalangan penggemar keuangan di AS dan dunia. Memo Oaktreenya yang terkenal berisi tentang strategi investasi dan wawasan tentang ekonomi AS.

Hal ini berkontribusi besar terhadap popularitasnya di antara komunitas investasi di seluruh dunia. Dia juga telah menulis beberapa buku tentang investasi yang cukup terkenal di seluruh dunia seperti

Mastering the market cycle Howard Marks
Mastering the market cycle Howard Marks

Strategi Investasi Howard Marks

Mau tahu strategi-strategi apa saja yang dilakukan oleh salah satu investor saham yang dianggap sukses ini :

  • Jadilah investor yang melawan arus

Howard Marks memiliki filosofi kontrarian. Kontrarian disini maksudnya adalah melawan arus. Jadi Anda harus memiliki perilaku yang berbeda dengan investor ritel lainnya.

Berbeda disini dalam arti positif ya, missal jika sebagian besar membeli saham maka Anda malah memilih untuk menjual saham. Memang terlihat “aneh” dan seorang trader yang biasanya mengikuti strategi trend following akan tidak cocok sebagai kontrarian.

Baca juga artikel : Analisa Saham LPPF 

Pengamatan yang baik dalam menjadi seorang investor saham adalah sangat penting. Howard Marks berpendapat bahwa pasar saham didorong oleh keserakahan dan ketakutan investor. Click To Tweet

Anda tidak harus mengikuti kawanan. Apa yang dilakukan orang lain, belum tentu harus benar. Mengontrol emosi Anda sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam investasi keuangan.

Strategi Investasi Howard Marks
Strategi Investasi Howard Marks
  • Anda mungkin menghadapi siklus bearish berkali-kali dalam karier investasi Anda

Dalam dunia investasi Anda tidak dapat mengharapkan industri apa pun berkinerja baik setiap saat.

Juga tidak mungkin hasil investasi yang kita miliki akan selalu untung di semua kesempatan. Bahkan investor sekelas Warren Buffet pun pernah gagal dalam pemilihan saham yang ia beli.

Baca juga artikel : 10 Tips untuk Investasi Jangka Panjang 

  • Kesabaran sangat dibutuhkan untuk berhasil di pasar keuangan

“Jika suatu saham harganya terlalu rendah, itu tidak berarti harganya akan naik besok. Demikian pula, harga saham yang terlalu mahal belum tentu menunjukkan akan segera turun”.

Tapi, selalu disarankan untuk tetap teguh dengan strategi investasi Anda. Percayalah pada filosofi investasi Anda untuk menghasilkan pengembalian bagi Anda dalam jangka panjang. Tapi ingat untuk memilih strategi investasi yang benar salah satunya dengan banyak membaca.

Berhasil di saham
Berhasil di saham
  • Jangan mencari “dasar harga yang tepat” di pasar

Seringkali kita senbagai investor merasa harus “menunggu” di harga saham yang paling “dasar” untuk memulai membeli suatu saham yang kita incar.

Howard Marks menganggap tidak perlu seperti itu karena ketika kita sudah yakin dengan valuasinya yang murah maka sudah saatnya membeli saham tersebut. Click To Tweet

  • Belilah saham yang sedang terdiskon dari nilai intrinsiknya

Berinvestasi dalam saham dengan harga beli rendah tidak hanya menghasilkan ruang lingkup untuk keuntungan di masa depan, tetapi juga membatasi risiko penurunan. Semakin banyak diskon dari nilai wajar (nilai intrinsik), semakin besar “margin of safety” yang bisa diberikan saham kepada Anda.

Baca juga artikel : 3 Strategi Saham Peter Lynch 

  • Psikologi lebih penting daripada prediksi pasar

Anda tidak bisa memprediksi masa depan. Anda tidak dapat meramalkan bagaimana kinerja pasar besok. Anda hanya dapat mempersiapkan diri secara mental dari situasi yang mungkin terjadi di pasar.

Untuk menghasilkan uang di pasar saham, Anda perlu memiliki wawasan yang mendalam tentang perusahaan, jenis aset dan risiko.

Strategi Saham Howard Marks
Strategi Saham Howard Marks

Kutipan terkenal oleh Howard Marks

– “Ada perbedaan besar antara probabilitas dan hasil. Kemungkinan hal-hal gagal terjadi — dan hal-hal yang mustahil terjadi — sepanjang waktu. Itu salah satu hal terpenting yang dapat Anda ketahui tentang risiko investasi. “

– “Ada tiga bahan untuk sukses — agresivitas, waktu, dan keterampilan — dan jika Anda memiliki cukup agresivitas pada waktu yang tepat, Anda tidak membutuhkan keterampilan sebanyak itu.”

– “Apa yang dilakukan investor nilai? Mereka berusaha untuk mengambil keuntungan dari perbedaan antara “harga” dan “nilai.” Untuk melakukan itu dengan sukses, mereka harus (a) mengukur nilai intrinsik aset dan bagaimana itu cenderung berubah dari waktu ke waktu

Kesimpulan

Investasi membutuhkan seseorang yang memiliki kesabaran, dedikasi, dan mempelajari pasar secara menyeluruh.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan cepat dalam jangka pendek, bisa saja dengan melakukan trading itupun dengan mempelajarinya terlebih dahulu.

Tetapi, jika Anda ingin menumbuhkan kekayaan Anda dan ingin tetap berinvestasi untuk waktu yang lama, berinvestasi secara jangka panjang dapat mewujudkannya.

Howard Mark tidak menghasilkan banyak uang dalam satu hari. Butuh pengalaman bertahun-tahun untuk mencapai posisi di mana dia sekarang. Untuk tumbuh sebagai analis fundamental, sangat penting untuk belajar dari tokoh-tokoh terkemuka yang telah mencapai kesuksesan besar sebagai investor.

Salah satu caranya membaca artikel-artikel yang ada di https://pintarsaham.id karena kita akan menyediakan artikel saham dengan bahasa yang lebih mudah dipahami. 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa menyukai Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan memfollow Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, ataupun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat