3 Strategi Saham Peter Lynch

Strategi Saham

Strategi saham yang dilakukan oleh Peter Lynch bisa dikatakan tidak terlalu rumit. Peter Lynch sendiri merupakan salah satu investor terkenal di dunia karena keberhasilannya dalam mengelola reksadana Fidelity Magellan dengan tingkat pertumbuhan sebesar 13.4% per tahun.

Peter Lynch yakin jika investor ritel atau investor individu sebenarnya memiliki keuntungan yang lebih dibandingkan investor institusi karena investor institusi tidak dapat berinvestasi pada perusahaan dengan kapitalisasi pasar yang kecil yang belum mendapatkan perhatian dari analis atau reksa dana lain.

Strategi Saham Peter Lynch

Secara garis besar strategi saham Peter Lynch dalam berinvestasi adalah sebagai berikut :

  • Hanya beli saham dimana anda paham tentang bisnisnya

Peter Lynch sangat bangga dengan fakta bahwa banyak ide sahamnya yang terbaik ditemukan ketika ia berjalan ke toko-toko atau berbicara santai dengan teman dan keluarganya. Kita semua memiliki kemampuan untuk melakukan analisis saat menonton TV, membaca koran, atau mendengarkan radio.

Saat kita mengendarai kendaraan atau berlibur kita juga dapat mengetahui ide investasi yang baru. Sektor konsumsi merupakan sektor yang menjadi penyumbang terbesar hampir di setiap GDP Negara-negara di dunia.

Strategi Saham
Strategi Saham
  • Selalu kerjakan pekerjaan rumah anda

Lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli saham tertentu Click To Tweet. Lynch memperhatikan beberapa nilai fundamental yang wajib diperhatikan ketika membeli suatu saham yaitu :

  • Persentase Penjualan :

Jika terdapat suatu produk atau jasa yang menarik minat anda untuk membeli saham suatu perusahaan. Pastikan bahwa produk atau jasa tersebut menyumbang persentase pendapatan yang besar di perusahaan tersebut. Jika hanya menyumbangkan kurang dari 5% saja maka tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan.

  • Rasio PEG :

Lebih lengkap tentang Price Earning Growth bisa dibaca di artikel ini : 4 Rasio yang digunakan untuk mengetahui nilai saham

Hal yang bisa dilihat juga adalah apabila perusahaan memiliki posisi kas yang kuat dan rasio DER yang dibawah rata-rata. Cash flow yang kuat dan manajemen yang baik juga merupakan nilai tambah yang bisa dijadikan acuan

|Baca juga artikel : 3 Cara Melakukan Analisa Kualitatif dalam Menilai Suatu Perusahaan

Strategi Saham
Strategi Saham
  • Investasi pada posisi jangka panjang

Lynch mengatakan bahwa saham relatif lebih mudah ditebak selama 10-20 tahun. Mungkin sangatlah mengejutkan mendengarkan kalimat tersebut dari seorang yang dapat dikatakan sebagai legenda di pasar modal Amerika Serikat, namun tujuannya adalah menunjukkan seberapa yakin ia dengan strategi saham yang ia miliki.

Ia tetap menjaga pengetahuan tentang perusahaan yang sahamnya ia miliki, dan selama perusahaan tersebut tidak berubah kinerjanya, ia tidak menjualnya. Click To Tweet Lynch tidak berusaha untuk mengetahui kapan saat yang tepat untuk membeli saham dan memprediksi arah dari ekonomi secara keseluruhan .

Strategi saham Lynch percaya bahwa mencoba memprediksi fluktuasi jangka pendek dari pasar tidaklah berharga dibandingkan perjuangannya. Jika perusahaan tersebut kuat, ia akan menghasilkan lebih dan saham akan terapresiasi secara nilai.

Dengan memperhatikan prinsip ini secara sederhana, Lynch mengijinkan fokusnya untuk tugas yang paling penting yaitu menemukan perusahaan yang bagus. Lynch menyebutkan istilah “tenbagger” untuk mendeskripsikan saham yang harganya naik hingga 100%. Ini merupakan saham yang ia cari untuk mengelola Magellan. Aturan pertama untuk menemukan tenbagger adalah tidak menjual saham yang sudah naik hingga 40% atau bahkan 100%.

Kesimpulan

Meskipun ia menjalankan risiko dengan melakukan diversifikasi yang berlebihan (ia memiliki ribuan saham), kinerja Peter Lynch dan kemampuan pemilihan sahamnya tidak diragukan lagi.

| Baca juga artikel : Pentingnya melakukan diversifikasi saham

Ia menjadi ahli dalam mempelajari lingkungan dan mencoba memahami perkembangan dunia. Dengan menerapkan strategi saham dan melakukan pengamatan akan menyebabkan proses investasi menjadi lebih menyenangkan dan menguntungkan.

Jika anda menyukai artikel ini, silakan berlangganan ke Youtube Channel Pintar Saham untuk mendapatkan informasi tentang edukasi saham. Anda juga bisa melihat artikel di Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia, Twitter Pintar Saham dan Instagram di @pintarsaham.id. Selamat Berinvestasi Saham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *