ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 29/4/2021: Sensible World Doesn’t Count

Skydrugz Radar 29/4/2021: Sensible World Doesn’t Count

Skydrugz Hit Prediction

Skydrugz Hit Prediction 28 April 2021 

Zero hit

Setelah berulang – ulang missed days di April 2021. Akhirnya saya jadi terbiasa dengan tidak panen di saham. Selama April 2021, panen hanya terjadi di 11 hari, 8 hari gagal panen. Petani yang baik harusnya bisa panen tiap hari, sayangnya market saat ini tidak mendukung untuk hal tersebut. Syukuri saja semua kondisi yang ada.

Kenapa harus bersyukur? Karena di bulan April ini dari 19 hari bursa, IHSG hanya hijau selama 10 hari, 9 hari sisanya merah.

Market Review

Setelah berhari-hari memantau market saya jadi menyadari kalau transaksi asing di bursa selama ini nilai transaksi harian mereka rata-rata rata berkisar antara 2-3 Triliun/hari. Sedangkan nilai transaksi lokal hanya 6-8 Triliun/hari. Range transaksi harian 7-10 Triliun/hari. Jadi di bursa nampaknya memang ada yang ditugaskan untuk menjaga likuiditas agar reksadana dan asuransi bisa tetap menjual sahamnya ketika nasabah melakukan redemption. Karena di bursa Kripto memang ada yang bertugas sebagai guardian agar pasar terlihat tetap ramai dan bursa mendapatkan pemasukan dari fee tiap hari. Sambil menunggu Gojek Listing, big player di bursa tiktok di IHSG.

Saya melihat banyak investor dan trader yang khawatir dengan istilah Sell in May and Go Away. Banyak yang menanyakan hal tersebut kepada saya. Saya terus terang tidak tertarik menjawab hal tersebut karena saya sudah pernah membahasnya dulu di Stockbit. Sejarah membuktikan bulan paling merah di IHSG itu bukan bulan Mei tapi November, yang tertarik baca tulisan lama saya tentang mitos Sell in May and Go Away bisa baca di sini.

Covid-19 di India semakin parah. Dan saya benar – benar berdoa agar hal tersebut tidak terjadi di Indonesia. Rumah sakit penuh, oksigen habis. China yang melakukan lockdown total di 2020 sudah pulih duluan. Negara lain masih menderita. Negara lain akan semakin bergantung pada China di masa depan karena selama masa pemulihan pandemi, semua negara akan butuh barang murah. Dan yang bisa menyediakan itu adalah China.

Melihat kasus Covid-19 di India, saya jadi ragu kalau ekonomi akan cepat bangkit jika program vaksin tidak diakselerasi. Cakupan vaksin Covid-19 Indonesia masih sangat rendah. Jauh lebih rendah dari India. Di Indonesia baru 15 juta dosis itu artinya baru sekitar 7-8 juta orang yang mendapatkan vaksin. Masih ada 200 juta penduduk lagi yang harus divaksin. Di Inggris dan AS vaksin sudah didapatkan 1 dari 3 penduduk. Di India, 1 dari 25 penduduk. Indonesia baru 1 dari 30 penduduk yang mendapatkan vaksin. Jadi Indonesia sangat beresiko menjadi the next India kalau masyarakat abai dengan protokol kesehatan.

Sekarang tentang BUMN. Saya selalu suka investasi di saham BUMN. Itu mengingatkan saya pada bacaan saya di masa lalu tentang South Sea Company. Di tahun 1700an, pemerintah Inggris banyak utang karena mereka ekspansi terlalu berlebihan untuk menjajah semua negara di dunia. Akibat kebanyakan utang, akhirnya pemerintah Inggris membuat suatu perusahaan yang akan menampung semua utang tersebut dan sebagai gantinya, perusahaan tersebut mendapatkan hak monopoli mengeksplorasi semua wilayah jajahan Inggris. Skema nya sangat mirip dengan SWF Indonesia saat ini. Semua aset yang dibangun oleh BUMN Karya pakai utang dijual ke SWF. BUMN Karya akhirnya bebas utang. Yang jadi masalah adalah setelah bebas utang, kalau BUMN Karya utang lagi, maka… Silakan lanjutkan sendiri dengan menggunakan imajinasi masing-masing.

Skydrugz Bot Radar

Pada edisi Radar kali ini hanya 57 saham yang masuk. Lebih baik fokus pada big powerhouse bursa seperti TLKM BBRI HMSP GGRM UNVR INKP PNBN KLBF dll. Ini semua saham dengan fundamental bagus yang sedang diabaikan market.

Saham bank digital akhirnya terbuang semua. Sudah bisa mulai memungut remahan-remahan buangan saham digital. BACA dan BNBA sudah PBV < 2. Dulu dipuja kini dihina. Begitulah bursa. Semua saham kelihatan bagus ketika harganya naik, semua saham kelihatan jelek ketika harganya turun. Human nature.

What to Buy?
What To Buy?

Saya tetap menjalankan program akumulasi selot selot di 4 saham: ELSA WTON META dan ULTJ. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Konsistensi adalah kunci.

Target ELSA WTON META = PBV 1

Target ULTJ PER 20

Atau YPC YOLO YOLO saja.

Skydrugz Bot Radar YPC YOLO YOLO Radar

Saham – saham lainnya hanya impulsive buy saja kalau lagi kumat pengen tiktok.

Untuk di kripto saya tiktok di BNB saja.

Untuk bursa AS stay di Google dan Coca Cola. Token Gotrade: 805963

Artikel Skydrugz Yang Lainnya Tentang Kripto dan Investasi di Luar Negeri:

1. Cara Deposit di Binance. 

2. Cara Daftar di Akun Kripto Agar Bisa Beli Bitcoin dan Dogecoin

3. Cara trading di market luar negeri. 

4. Cara Beli Saham TSLA di Binance

5. Cara Mendapatkan Passive Income dari Binance: Menabung Kripto dapat Bunga Seperti Menabung di Bank

6. Teknik Trading di Binance

7. Menjaga Psikologi Agar Tetap Waras

8. Mengenai Pajak Dividen Saham Yang Dibeli di Luar Negeri

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram

Setelah mengisi form, bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Bagi yang mau buka akun Kripto bisa di Binance atau Tokokripto pakai link di sini.

Bagi yang mau join grup kripto bisa isi form PintarKripto.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply