ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami
Transaksi IHSG 15 Februari 2021
Transaksi IHSG 15 Februari 2021

Di postingan sebelumnya, saya membahas tentang Transaksi IHSG yang sunyi. Dan hari ini IHSG kembali sunyi. Transaksi harian hanya 12 Triliun. Sangat jauh di bawah transaksi rata-rata yang nilainya bisa mencapai 20 Triliun.

IHSG lagi – lagi naik tanpa volume besar. Juara transaksi terbanyak akhirnya berpindah dari sebelumnya ANTM, sekarang ASII yang menjadi juara transaksi. Sentimen PnBM 0% nampaknya menjadi katalis keramaian transaksi di ASII hari ini.

Transaksi ASII hari ini tembus 1,1 Triliun, di posisi kedua ANTM 1,1 Triliun juga, dan posisi ketiga BBCA 573 Milyar. Keseimbangan transaksi perlahan – lahan mulai bergeser kembali ke rezim lama.

Alasan IHSG Sunyi?

Di postingan 10 Februari 2021, saya menyebutkan bahwa inflow ke kripto BTC mungkin menjadi salah satu culprit mengapa IHSG Sunyi.

Namun setelah diskusi di grup Pintarsaham.id, saya menemukan insight baru lagi. Ada 2 culprit baru:

1. Sektor riil mulai menggeliat sehingga dana dari pasar modal ditarik ke sektor riil. Selama pandemi akibat PSBB berkepanjangan, banyak usaha tutup. Namun semenjak vaksin dan deteksi dini gencar, kini sektor riil mulai berjalan seperti biasa. Dana yang selama ini parkir di saham pelan – pelan mulai ditarik.

2. Adanya kemungkinan Gojek dan Tokopedia Listing di IHSG.

Apa hubungannya Gojek dan Tokopedia listing dengan IHSG Sunyi? Lalu apa benar Gojek dan Tokopedia akan listing?

Pertama bahas kemungkinan Gojek dan Tokopedia listing. Dari laporan Market Outlook JP Morgan, disebutkan bahwa akan ada listing startup besar di Indonesia.

Dan kalau startup besar akan listing maka kita langsung ke pembahasan kedua yakni inflow.

Banyak big fund yang kemungkinan besar mengantisipasi listing Gojek Tokopedia. Karena probabilitas big fund jump in to bandwagon sangat tinggi. Holding mereka di beberapa saham bisa jadi dilikuidasi untuk persiapan bookbuilding dan pooling IPO.

Sama seperti kejadian waktu Aramco mau IPO dulu. Banyak warga Saudi dan big fund Saudi yang jual barang dan property supaya bisa ikutan IPO Aramco. Menurut saya, kondisi saat ini mirip dengan hal tersebut. Investor besar mengantisipasi The Next Big Thing.

Selama beberapa bulan terakhir, perhatian investor tersedot di ANTM dan BRIS. Tapi setelah Tesla datang membahas ESG, story ANTM mulai berubah. Sedangkan untuk BRIS, story merger sudah selesai. Yang tersisa adalah story refloating. Jika GOJEK x Tokopedia benar-benar listing, maka perhatian investor bisa beralih lagi. Mungkinkah story startup will be bigger than EV and Sharia bank?

Jika Gojek dan Tokopedia telat listing maka mereka bisa kalah momentum melawan SEA Shopee yang kini mulai merambah juga ke bisnis perbankan digital dengan rencana akuisisi bank entah BNBA atau BACA.

Jadi Let’s see.

Jangan lupa komentar di Stockbit dan di Telegram.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa ke sini

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply