ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Bot Radar 22 April 2021: 100 Years of Solitude

Skydrugz Bot Radar 22 April 2021: 100 Years of Solitude

Skydrugz Hit Prediction

Skydrugz Hit Prediction 21 April 2021

Zero Hit

Kemarin zero hit lagi. Saya jadi menemukan kelemahan dalam sistem Skydrugz Radar. Kelemahan sistem radar ini adalah sulit bekerja maksimal di pasar sideways yang low frequency dan volume. Sistem radar saya bekerja dengan mencari spike volume dan frekuensi yang berada di luar kebiasaan transaksi. Pada kondisi market sideways with low frequency and volume seperti sekarang ini transaksi mengecil tiap hari sehingga spike yang muncul sebenarnya adalah hal yang biasa saja di hari normal ketika transaksi ramai lalu kemudian menjadi extraordinary frequency dan volume di hari – hari low volume. Sebagai contoh saham ASII di hari normal masa lalu, nilai transaksinya lebih dari 500 milyar sehari, frekuensi puluhan ribu. Namun di zaman low volume dan low frequency seperti sekarang ini transaksi 100 milyar di ASII langsung menjadi paradigma baru. Begitu ada spike sedikit langsung terdeteksi radar sebagai extraordinary transaction.

Itulah mengapa lumayan tough juga menggunakan Skydrugz Bot Radar di kondisi market yang low volume seperti ini. Tapi saya percaya market akan kembali bergairah seperti sedia kala seperti dulu lagi.

Dalam kondisi market yang sunyi seperti ini, saya semakin menyadari bahwa likuiditas adalah hal paling krusial dalam trading. Jika di suatu saham no liquidity, maka lebih baik jangan trading. Jadi investor saja yang buy and hold sampai true value unlocked. Tapi kalau mau jadi investor kita harus yakin dengan valuasi perusahaan masih undervalued dan prospek masa depannya memang cerah. Dalam trading, kita tidak butuh kedua hal tersebut, karena yang utama adalah likuiditas dan likuiditas. Saya menyadari hal tersebut setelah mengenal kripto. Dalam kripto, tidak perlu kita tahu bagaimana fundamental suatu koin ataupun underlying project-nya. Selama ada likuiditas di sana, high volume and high frequency, just jump. YPC YOLO YOLO.

Saya melihat yang menggerakkan market kripto saat ini bukan lah fundamental ataupun underlying project tapi psikologi massa yang FOMO. Sehingga waktu saya mencoba Skydrugz Bot Radar pada market kripto dengan melakukan beberapa modifikasi, ternyata bisa berhasil juga. Tapi itu baru fase awal karena saya hanya berani menguji coba radar ini di koin dengan top 50 market cap. Perkembangan selanjutnya akan saya sampaikan nanti.

Market Review

Saya sudah membuat ringkasan singkat mengenai market review di postingan sebelumnya. Di postingan tersebut saya mencatat jumlah transaksi bursa tersisa 7,5 Triliun saja. Pada masa jayanya, transaksi bursa mencapai 20-30 Triliun sehari. Jadi sekarang dana di bursa sisa sepertiganya saja. Dua pertiga dana di bursa mungkin saja sudah lari ke kripto, lari ke sektor riil, atau malah semua trader sekarang berubah jadi mode investor buy and hold akibat nyangkut terkena pompom.

Big Fund mungkin saja wait and see for second crash karena peningkatan kasus Covid-19 di India atau mereka justru menanti the next big thing Gojek x Tokopedia listing. Atau mereka ragu karena valuasi IHSG yang sudah mahal. Saya juga tidak tahu alasan pasti mengapa market sideways. Tapi market adalah tempatnya untuk melakukan cocoklogi. Pelaku pasar dan media selalu coba menghubung-hubungkan semua kejadian atas kenaikan dan penurunan harga saham meskipun mungkin sebenarnya penyebab utamanya adalah investor saham lagi butuh duit buat beli bakso sehingga harus jual saham.

Tapi separah apapun kondisi market, perusahaan yang selalu akan selamat sudah pasti BUMN.

Saya berharap pemerintah tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan oleh pemerintah India yang ingin mencari popularitas lalu membiarkan orang-orang berkumpul yang mengakibatkan peningkatan jumlah kasus Covid-19 di sana. Kesalahan kebijakan pemerintah India telah mencabut nyawa banyak orang.

Skydrugz Bot Radar

Total ada 42 saham yang masuk Skydrugz Bot Radar kali ini. KLBF menjadi perusahan dengan market cap terbesar dalam list. Sedangkan GGRM menjadi perusahaan dengan pendapatan terbesar yang ada dalam list. Dan bank banyak yang masuk dalam radar.  Chart Finance saat ini masih di zona uptrend.

Chart Finance uptrend karena bank kecil yang terkena isu digital dan BBCA BBRI. Padahal masih banyak bank buku 3 dan 4 yang saat ini undervalued dan chartnya masih downtrend serta sideways.

 

RIM Radar

Saham yang masuk RIM Radar sisa 7. INCO dan GGRM yang memiliki marcap paling besar. Sisanya saham market cap kecil yang bisa digoreng kapan pun.

What To Buy?

Target saham sebelumnya dan sebelumnya nothing change.

Jadi sekarang saya fokus saja di WTON META ELSA ULTJ.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram

Atau dengan mendaftar menjadi Nasabah Mirae dengan mengisi form ini.

Setelah mengisi form, bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Bagi yang mau buka akun Kripto bisa di Binance atau Tokokripto pakai link di sini.

Bagi yang mau join grup kripto bisa isi form PintarKripto.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply