ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Apa Itu Day Trading

Trading Harian (Day Trading) bisa menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan (selama Anda melakukannya dengan benar). Tetapi juga bisa menjadi sedikit menantang bagi pemula terutama bagi mereka yang tidak sepenuhnya siap dengan strategi-strategi yang ada. Bahkan Trader Harian (Day Trader) paling berpengalaman pun bisa mengalami kesulitan dan mengalami kerugian. Jadi, apa itu Day Trading dan bagaimana cara kerjanya?

Dasar-Dasar Day Trading

Trader harian adalah orang-orang yang membeli dan menjual saham dalam satu hari perdagangan (yang kita bahas disini seorang day trader dalam saham ya). Untuk menjadi seorang trader harian haruslah memiliki pengetahuan yang baik dan tentu saja dana yang cukup

Trader harian haruslah terbiasa dengan kejadian atau isu atau berita yang menyebabkan harga saham bergerak sangat cepat dalam seharinya, kalau baru-baru ini kita bisa melihat ketika ada isu merger bank BUMN syariah harga saham BRIS (BRI Syariah) langsung melesat. Trading berdasarkan berita adalah teknik yang populer. Pengumuman-pengumuman penting terkait kejadian ekonomi seperti statistik ekonomi, pendapatan perusahaan, atau suku bunga acuan bisa kita jadikan momen untuk trading dengan cepat. 

Pasar biasanya bereaksi ketika ekspektasi tersebut tidak terpenuhi atau terlampaui, biasanya dengan pergerakan signifikan yang tiba-tiba, yang dapat sangat menguntungkan Trader Harian.

Trader Harian sendiri bisa menggunakan berbagai jenis strategi intraday. Strategi ini misalnya:

  • Scalping: strategi ini mencoba menghasilkan banyak keuntungan kecil dari perubahan harga kecil sepanjang hari. Syaratnya harus mantengin layar komputer atau laptop atau smartphone terus-terusan karena pergerakannya yang cepat (by the way ini kalo mau jadi trader lebih dianjurkan menggunakan layar monitor yang lebih besar jadi lebih enak melihat chartnya, smartphone boleh-boleh saja tapi takutnya chart ga maksimal terlihat) 
  • Range Trading: strategi ini utamanya menggunakan level support dan resistance untuk menentukan keputusan beli dan jual. 
  • Trading on News: strategi ini biasanya memanfaatkan peluang dari suatu kejadian atau isu atau berita.

Jadi Trader Harian (Day Trader) langsung auto kaya?

Apa Itu Day Trading
Apa Itu Day Trading

Menjadi seorang yang melakukan day trading bukan berarti auto kaya atau pasti kaya atau cepat kaya. Bali lagi ke seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki dan makin banyak pengalaman makin bagus.

Tetapi ada memang seorang Trader harian yang mencari penghasilan dari saham 

Trading Harian bukan untuk semua orang dan ada risiko yang lumayan tinggi apalagi tanpa disertai pengetahuan yang cukup. Diperlukan pemahaman mendalam tentang bagaimana pasar bekerja dan berbagai strategi untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek.

Bagaimana Menjadi Seorang Day Trader yang sukses

Melakukan apa itu day trading secara professional adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar. Ini dia syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang day trading  yang sukses.

  • Pengetahuan dan Pengalaman di Pasar

Jika kamu berminat melakukan Trading Harian tanpa pemahaman tentang fundamental pasar maka peluang suksesnya akan kecil. Yes memang benar paham tentang analisis teknikal dan cara membaca grafik adalah skill yang wajib dimiliki oleh seorang Day Trader. Tanpa pemahaman yang lebih mendalam tentang fundamental pasar maka grafik bisa saja menipu. Alexander Elder salah satu trader saham yang sukses juga mengatakan menjadi seorang trader yang sukses tidak melulu hanya tentang analisis teknikal saja tapi juga pemahaman tentang fundamental. Baca juga Analisis Fundamental Saham 

  • Modal Yang Cukup

Modal dalam jumlah besar seringkali memang diperlukan untuk benar-benar merasakan manfaat dari day trading. 

  • Strategi Day Trading

Ada beberapa strategi berbeda yang digunakan Trader Harian mulai dari  swing trading, arbitrase, dan trading news. Bisa juga mencoba 11 Tips Trading dari Marty Scwartz

  • Disiplin

Strategi yang menguntungkan tidak berguna tanpa disiplin. Banyak seorang Trader Harian yang akhirnya kehilangan banyak uang karena gagal berdisiplin dengan trading plan yang suidah dibuat. Seperti yang mereka katakan, “Plan the trade and trade the plan”. Sukses tidak mungkin tanpa adanya disiplin. Saham yang menjadi incaran haruslah saham yang likuid dan banyak mengalami pergerakan dalam seharinya disertai dengan volum transaksi yang tinggi tentu saja

Trading for Living mungkin gak sih? 

Trader Harian profesional: mereka yang bekerja sendiri atau mereka yang bekerja untuk institusi yang lebih besar. 

Apa saja yang diperlukan oleh seorang Trader harian ? :

  • Berbagai Sumber Berita

Berita memberikan peluang yang harus dimanfaatkan seorang day trading, sangat penting untuk menjadi yang pertama tahu ketika sesuatu yang signifikan terjadi

  • Aplikasi Trading

Mereka yang mengandalkan indikator teknikal atau swing trading lebih mengandalkan aplikasi trading dengan membaca chart daripada berita. Aplikasi ini sebaiknya memiliki :

    • Pengenalan Pola Otomatis: Mengidentifikasi indikator teknikal seperti flag dan channel, atau indikator yang lebih kompleks seperti pola Elliott Wave.
    • Backtesting: Ini memungkinkan trader untuk melihat bagaimana strategi tertentu akan dilakukan di masa lalu untuk memprediksi lebih akurat bagaimana kinerjanya di masa depan. Ingatlah bahwa kinerja masa lalu tidak selalu menunjukkan hasil di masa mendatang. Trading for living mungkin saja bisa anda lakukan asalkan posisi keuangan Anda sudah aman dalam hal arus kas dan proteksi, jika belum maka kumpulin duitnya dulu untuk bersiap ke trading for living 

Haruskah Anda Memulai Day Trading?

Trading harian sebagai karier bisa sangat sulit dan cukup menantang. Pertama, Anda perlu mengetahui banyak pengetahuan tentang sahamdan paham tentang toleransi risiko, memiliki modal yang cukup, dan menentukan target atau tujuan.

Trading harian juga merupakan karier yang membutuhkan banyak waktu. Ini bukanlah sesuatu yang dapat Anda lakukan paruh waktu atau kapan pun Anda merasa perlu. Anda harus mencurahkan waktu sepenuhnya ketika pasar atau market open.

Jika Anda sudah memutuskan bahwa trading harian adalah hal yang tepat untuk Anda, ingatlah untuk memulai dari yang kecil dulu. Fokus pada beberapa saham.

Terakhir, tetap tenang dan cobalah untuk menjauhkan emosi dari trading Anda. Semakin banyak Anda bisa melakukannya, semakin Anda bisa berpegang pada rencana Anda. Tetap tenang memungkinkan Anda mempertahankan fokus sambil tetap berada di jalur yang Anda pilih untuk turun.

Jika Anda mengikuti panduan sederhana ini, semoga saja trading saham Anda akan cuan.

Kesimpulan

Trader harian, baik institusional maupun individu, memainkan peran penting di pasar dengan menjaga pasar tetap efisien dan likuid. 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply