11 Tips Trading Saham dari Marty Schwartz

11 Tips Trading Saham

Tips Trading Saham dari Marty Schwartz

Tips trading saham kali ini kita akan ambil dari Marty Schwartz. Marty merupakan pengarang buku yang berjudul Pit Bull: Lessons from Wall Street’s Champion Day Trader. Marty Schwartz juga berhasil meraih US Investing Championship di tahun 1984

Jadi para trader saham bisa meniru apa saja tips trading saham yang dilakukan oleh seorang Marty Schwatz meskipun memang perdagangan transaksi saham di Amerika sana dan Indonesia agak berbeda dalam hal jumlah transaksinya.

Di Amerika Serikat pasar modal sudah ada sejak ratusan tahun lalu sedangkan kita di Indonesia baru sangat aktif perdagangannya puluhan tahun lalu. Artikel ini diringkas dari https://www.tradeciety.com/the-11-trading-rules-and-principles-of-a-market-wizard-marty-schwartz/

Tips Trading Saham

  • Trend Following

Tips trading ini maksudnya ketika harga suatu saham mulai naik, maka ada peluang bagus bahwa tren akan terus berlanjut. Trader pemula biasanya mencoba untuk berlawanan dengan trend yang sedang berlangsung.

Ada perbedaan yang penting ketika Anda memutuskan menjadi seorang trader atau investor. Jika seorang investor menjadi kontrarian itu lebih disarankan (beli ketika banyak orang menjual, jual ketika banyak orang beli), maka seorang trader lebih disarankan untuk menjadi seorang trend following (mengikuti trend).

Baca juga artikel : 3 Strategi Jangka Panjang yang Terbukti Berhasil

  • Indikator T

Maksud dari indikator T disini adalah pasar ketika naik dan turun ternyata memiliki waktu atau hari yang sama. Dalam statistika mungkin dikenal dengan distribusi normal.

Tipsnya bagi seorang trader saham adalah tidak harus setiap hari bertransaksi , lakukan pembelian jika memang ada trend.

  • Lampu merah / Lampu hijau

Marty Schwartz menggunakan 10 periode Moving Average Eksponensial (EMA) untuk membedakan antara skenario bullish dan bearish dan sebagai filter. Bingung dengan istilah saham silakan baca artikel berikut : Daftar Istilah Saham

Setiap kali harga berada di atas 10 periode EMA dia mengambil posisi beli dan ketika harga berada di bawah 10 periode Ema, dia mencari posisi short.

Pendekatan dan aturan ini dapat sangat membantu ketika digunakan sebagai filter kriteria. Sebagai contoh, seorang trader dapat menggunakan 10 periode Ema pada jangka waktu harian atau mingguan untuk menentukan arah perdagangannya.

  • Gunakan standar stop loss yang sesuai

Kebanyakan trader pemula memiliki stop loss yang terlalu dibawah yang seharusnya dan terlalu tinggi dibandingkan target price yang seharusnya. Untuk hal ini diperlukan pengalaman trading dan lebih banyak membaca indicator terkait dengan teknikal.

  • Gunakan indikator contrarian

Marty Schwartz menggunakan rasio Put / Call sebagai indikator kontraksi. Untuk hal ini akan dijelaskan dalam artikel lain.

  • Pahami berita

Tipas Trading Saham
Tips Trading Saham

Ketika berbicara berita dan data fundamental, sebagian besar trader hanya fokus pada angka yang sebenarnya dan kemudian bertanya-tanya mengapa pasar tidak berperilaku sesuai dengan rilis berita.

Marty Schwartz menggunakan reaksi harga terhadap rilis berita dan data fundamental untuk memahami kekuatan dan sentimen pasar.

Adanya kejutan kinerja dari suatu perusahaan dan penyimpangan yang signifikan dari ekspektasi atau konsensus pasar dapat menggerakkan harga saham. Click To Tweet

  • Miliki disiplin yang tinggi

Tips Trading Saham
Tips Trading Saham

Marty Schwart memiliki disiplin yang luar biasa. Ia masih menggunakan tangan dalam menggambar diagram atau grafik sahamnya.

Dia mengatakan bahwa itu membantu dia “terhubung” dengan instrumennya lebih baik dan meskipun membutuhkan lebih banyak waktu, manfaatnya sangat besar.

Disiplin, etos kerja dan rutinitas Marty Schwartz adalah alasan utama untuk keberhasilannya dan ini yang membedakannya dengan trader yang rata-rata.

  • Gunakan checklist kriteria dan rencanakan trading

Trading Saham
Trading Saham

Ketika membahas tentang membuat keputusan trading, Marty Schwarz memiliki dua tips yang hebat:

“Saya meninjau check list saya. Ini adalah lembaran tulisan tangan yang dilaminasi dalam plastik dan ditempelkan ke sudut kanan meja saya di mana saya tidak bisa mengabaikannya. ”

“Jika Anda memiliki rencana trading yang dipersiapkan sebelumnya, itu dapat membantu Anda menemukan keberanian dalam ganasnya pertempuran.”

Check list yang menyatakan semua kriteria entri Anda dapat membantu Anda menghindari keputusan trading yang impulsif dan didorong secara emosional.

Seorang trader juga harus menyiapkan rencana trading sebelum pasar dibuka, menganalisis instrumennya dan menuliskan skenario perdagangan potensial. Rencana perdagangan dapat membantu mengurangi stres selama jam pasar terbuka dan juga memberikan panduan selama proses perdagangan.

Jika Anda tidak yakin tentang trading, tinjau rencana Anda, lihat apa pemikiran awal Anda dan kemudian buat keputusan apakah perdagangan sesuai dengan kriteria Anda atau tidak.

  • Sebelum memutuskan suatu posisi, selalu tanyakan, ‘Apakah saya benar-benar ingin memiliki posisi ini?

Apakah itu benar-benar sesuai dengan kriteria Anda atau apakah Anda melanggar beberapa aturan Anda? Apakah keputusan perdagangan Anda didorong secara emosional atau berdasarkan prinsip-prinsip perdagangan yang sehat? Apakah Anda mengejar target, mencoba bermain atau trading untuk kegembiraan?

Hanya menunggu beberapa saat, merefleksikan apa yang akan Anda lakukan dan apakah itu benar-benar apa yang seharusnya Anda lakukan, dapat membantu Anda menghindari trading yang merugikan.

  • “Kerugian terbesar saya selalu diikuti oleh keuntungan terbesar saya.”

Keyakinan dan pola pikir jelas merupakan aspek yang sangat penting dalam trading. Click To Tweet

Selama keuntungan beruntun, banyak trader menjadi terlalu percaya diri, percaya bahwa mereka tidak dapat rugi lagi dan bahwa mereka memiliki firasat tentang apa yang akan terjadi.

Selanjutnya, trader cenderung melanggar aturan trading mereka dalam periode tersebut, memasuki trading sebelum waktunya dan bahkan meningkatkan risiko mereka secara signifikan, yang akhirnya menghasilkan kerugian besar karena setiap kemenangan beruntun pada akhirnya harus berakhir.

  • Musuh terbesar Anda sebagai trader

“Kebanyakan orang berpikir bahwa mereka bermain melawan pasar, tetapi pasar tidak peduli. Anda benar-benar bermain melawan diri sendiri.

Anda harus berhenti berusaha agar hal-hal terjadi untuk membuktikan bahwa Anda benar. Dengarkan hanya apa yang dikatakan pasar kepada Anda sekarang.

Lupakan apa yang Anda pikir sudah dikatakan lima menit yang lalu. Satu-satunya tujuan trading bukan untuk membuktikan Anda benar, tetapi untuk mendapatkan profit “- Marty Schwartz

Poin terakhir mencakup dua konsep yang sangat penting:

  1. Jangan biarkan ego Anda mengganggu trading
  2. ANDA sendiri yang selalu bertanggung jawab atas hasilnya

Meskipun seorang trader membutuhkan kepercayaan dan kepercayaan pada kemampuan dan metodenya, dia harus mengerti bahwa dia tidak dapat mengendalikan hasilnya.

Selain itu, menyalahkan keadaan luar atau pasar mengarah ke perdagangan emosional dan pemikiran delusional. Meskipun pasar menentukan apa yang akan terjadi,

ANDA adalah orang yang membuat keputusan trading. Anda memasuki dan keluar dari trading dan, oleh karena itu, Anda harus memahami bahwa dalam jangka panjang, Anda adalah faktor paling penting dari strategi trading Anda.

Kesimpulan

Dalam melakukan trading di saham ingat selalu untuk memahami risiko yang ada. Gunakan uang yang memang “menganggur” bukan yang Anda gunakan sehari-hari. Strategi yang dilakukan oleh seorang Marty Schwartz bisa kita jadikan contoh bagaimana ia berhasil menjadi trader.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *