ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 28/4/2021: Bubble That Never Burst

Skydrugz Radar 28/4/2021: Bubble That Never Burst

Skydrugz Hit Prediction

Skydrugz Hit Prediction 27 April 2021

1. PTRO
Masa tunggu 3 bulan lebih

Kurang oke Radar volume based trading karena masa tunggu terlalu lama hingga lebih 3 bulan. Saya harus melakukan lagi tweaking di radar volume based trading agar hasilnya lebih cepat dalam mendeteksi bottom fishing.

Market Review

Rasanya bosan membahas tentang market yang sunyi setiap hari. Sunyinya market adalah sesuatu yang berada di luar kendali kita. Ada baiknya fokus pada hal yang bisa kita kendalikan saja. Banyak manusia yang menderita di dunia ini karena fokus pada hal yang tidak bisa dia kendalikan. Cinta yang bertepuk sebelah tangan, bandar yang hobi membuat ARB, Covid-19 yang tak kunjung usai, mertua yang galak, pemerintah yang hobi menarik cukai, itu semua berada di luar kendali kita.

Sebagai investor sebaiknya fokus pada saham yang bisa kita beli dan kita jual saja. Semua yang berada di luar itu hanyalah fatamorgana. Akan lebih fatamorgana lagi jika sudah terlanjur all in di pucuk lalu saham yang dibeli ternyata anjlok lebih 25%, pada akhirnya pilihan yang muncul hanya cutloss lalu beli lagi di harga bawah atau hold terus sampai cuan. Ketika muncul pilihan seperti ini, investor akan dilema dan bimbang. Kebimbangan dan dilema hanya akan membuat penderitaan investor menjadi lebih panjang. Karena itu sebaiknya investor memiliki firm decision untuk cutloss or hold. Tidak ada pilihan something in between. Sumber penderitaan investor pada umumnya adalah kegalauan yang tak berujung. Karena itu cut the crap, langsung cutloss atau hold terus sampai cuan. Jangan perbanyak drama kehidupan dengan kegalauan seperti itu.

Seorang Investor seharusnya cinta dengan bear market karena dalam kondisi bear market ada banyak perusahaan yang diskon berat. Tapi jangan berharap segera cepat kaya ketika beli saham di kondisi bear market karena secara historis kondisi bear market selama ini bertahan sekitar 2-3 tahun. Hanya di 2020, bear market dapat langsung rebound dalam jangka waktu kurang dari 1 tahun. Dan itu memang suatu keajaiban. Banyak yang tidak menyangka kalau pasar saham akan langsung balik ke harga pra pandemi dalam waktu sesingkat itu.

Bahkan di Amerika Serikat sana bear market saham pernah terjadi dari tahun 1969 hingga 1982, dalam kurun waktu itu indeks AS hanya naik 5,6% per tahun, dan jika faktor inflasi dimasukkan dalam perhitungan maka dalam kurun waktu itu cuan 5,6% per tahun itu justru berubah jadi loss 2% per tahun. Jadi you can beat the market but you can’t beat the inflation.

Sebenarnya investasi itu mudah. Buy and hold good company, don’t overpay, dan diversify. Cukup 3 hal itu. Tapi tiga hal itu membosankan ketika dipraktekkan.

Namun untuk melakukan diversifikasi, itu membutuhkan cost dan harus punya banyak duit. Orang yang punya duit 100 Milyar lebih mudah melakukan diversifikasi ketimbang orang yang hanya memiliki duit 1 milyar.

Ketika seorang investor sudah memiliki duit 100 Milyar maka hal utama yang ingin dilakukannya adalah melindungi kekayaan tersebut. Dan cara paling mudahnya adalah dengan melakukan diversifikasi. Buy all and hold forever. Di zaman sekarang kita dimudahkan karena ada reksadana. Hanya dengan 1 dollar kita bisa membeli reksadana Vanguard Total Stock Market ETF yang isinya adalah semua saham bursa Amerika Serikat. Sayangnya di Indonesia belum ada ETF seperti itu yang isinya semua saham IHSG.

Jadi beli Gold ETF, Vanguard Total Stock Market ETF, SPDR High Yield Bond masing-masing 1 dollar tiap bulan di Gotrade pakai token *025187* atau *805963*

Lalu lihat akan jadi apa dalam 5 tahun ke depan.

Skydrugz Bot Radar

Total ada 64 saham yang masuk dalam Skydrugz Bot Radar periode ini. Itu artinya 10% saham di bursa saat ini adalah unwanted stock. Mereka terbuang dan terabaikan. Dan saya selalu suka saham yang sedang terbuang dan terabaikan seperti ini. Ketika mereka sudah diingikan, baru kita bagikan mereka ke yang membutuhkan. Beli ketika mereka dibenci, jual ketika mereka dicintai.

RIM Radar Laba

Dari RIM radar kali ini saya hanya pilih 12 saham yang mencetak laba. Dari 12 saham yang mencetak laba, INKP adalah yang terbesar labanya. Mencapai 4 Triliun dan saat ini PBV sudah 0,85. Sudah mendekati target saya di PBV 0,75.

EXCL, INCO dan BDMN tinggal tunggu waktu akan digoreng. KPIG punya HT juga tinggal tunggu waktu digoreng. Harganya sudah 106, akan lebih baik jika bisa di gocap.

NIKL LK Q1 2021 sudah rilis dan labanya naik lagi. Ini juga tunggu waktu digoreng. Semua saham akan digoreng.

RIM Radar Rugi

Dari RIM Radar Rugi ada 11 saham. Dan yang paling rendah PBV nya adalah BHIT. Entah apa yang menahan HT hingga belum menggoreng saham ini. Apa HT harus menunggu Disney masuk Indonesia baru mau goreng sahamnya?

LMAS juga masuk radar padahal ini saham yang ownernya sama dengan DUCK. Keluarga Itek Bahtiar. TGRA saya baru sadar sudah PBV 1. Perusahaan yang katanya EBT tapi rugi terus. BOLA punya Pieter Tanuri juga ternyata sudah di dump market juga. Sepertinya butuh banyak dana untuk maintenance harga BOLA. ACST milik Astra juga kena dump juga. Sepertinya mencetak rugi menjadi hobi ACST saat ini.

 

Radar D

Banking dan konsumer banyak yang masuk radar ini. HMSP GGRM UNVR MYOR semuanya big name consumer.

BMRI BNGA PNBN semuanya bank buku 4.

 

Radar P

BRPT JRPT menarik. Hanya beda huruf B dan J di depan.

What To Buy?

Saya tetap menjalankan program akumulasi selot selot di 4 saham: ELSA WTON META dan ULTJ. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Konsistensi adalah kunci.

Target ELSA WTON META = PBV 1

Target ULTJ PER 20

Atau YPC YOLO YOLO saja.

Skydrugz Bot Radar YPC YOLO YOLO Radar

Saham – saham lainnya hanya impulsive buy saja kalau lagi kumat pengen tiktok.

Untuk di kripto saya tiktok di BNB saja.

Untuk bursa AS stay di Google dan Coca Cola. Token Gotrade: 805963

Artikel Skydrugz Yang Lainnya Tentang Kripto dan Investasi di Luar Negeri:

1. Cara Deposit di Binance. 

2. Cara Daftar di Akun Kripto Agar Bisa Beli Bitcoin dan Dogecoin

3. Cara trading di market luar negeri. 

4. Cara Beli Saham TSLA di Binance

5. Cara Mendapatkan Passive Income dari Binance: Menabung Kripto dapat Bunga Seperti Menabung di Bank

6. Teknik Trading di Binance

7. Menjaga Psikologi Agar Tetap Waras

8. Mengenai Pajak Dividen Saham Yang Dibeli di Luar Negeri

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram

Setelah mengisi form, bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Bagi yang mau buka akun Kripto bisa di Binance atau Tokokripto pakai link di sini.

Bagi yang mau join grup kripto bisa isi form PintarKripto.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply