ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 27 April 2021: You Can Climb The Mountain With or Without Shoe

Skydrugz Radar 27 April 2021: You Can Climb The Mountain With or Without Shoe

Skydrugz Hit Prediction

Skydrugz Hit Prediction 27 April 2021

Zero Hit

Lagi-lagi zero hit hari ini. Total transaksi IHSG masih di bawah 10 Triliun dalam sehari.

Market Review

Kemarin market hanya 9 Trilian transaksi. Sunyi as usual. Tapi kesunyian kini menjadi new normal untuk IHSG. Saat ini penghuni market sudah bebas dari impostor. Dan yang tersisa hanyalah investor yang benar-benar mencari value dan juga mungkin yang nyangkut. Trader yang nyangkut di bank digital, trader yang nyangkut di farmasi, trader yang nyangkut di nikel semuanya kini sudah berubah mode menjadi investor. Menurut saya itu memang best choice. Jadilah investor saham yang hakiki. Buy and hold.

Di komunitas kripto saya banyak melihat investor kripto yang memang kuat buy and hold. Beberapa dari mereka menceritakan kisah di mana mereka tetap buy and hold Bitcoin ketika Bitcoin hancur harganya di 2017-2018. Mereka bilang yakin buy and hold Bitcoin karena yakin dengan masa depan crytocurrency. Meskipun banyak negara yang menentang crypto mereka keep hold. Dan kesabaran mereka terbayarkan di tahun 2020 dan 2021.

Investor saham di Indonesia saat ini mengalami krisis kepercayaan diri. Mereka tidak berani hold lagi saham karena mereka terbiasa dengan yang langsung terbang-terbang. Saham yang sideways lama dan downtrend lama tidak menarik perhatian.

Padahal semua saham yang terbang berasal dari sideways lama. Sama seperti BTC yang juga sempat sideways lama lalu terbang. Jika bitcoin saja orang berani hold lama, mengapa investor Indonesia takut hold saham?

Anyway perhatikan gerakan saham BUMN terutama yang ada hubungannya sama Pelindo. Sebentar lagi mereka akan merger. Akan ada big move di saham-saham afiliasi Pelindo.

INCO sudah rilis LK Q1 2021 dan hasilnya oke. ANTM juga kemungkinan besar LK akan oke. Apalagi akan ada holding baterai seperti yang sudah saya bahas sebelumnya di postingan tentang WIKA. Isu kendaraan listrik sudah hilang ditelan bumi. Para pendukungnya yang dulu banyak sekarang hilang satu per satu. Padahal kisah nyata kendaraan listrik di Indonesia baru akan dimulai ketika Holding baterai terbentuk. Sayangnya ANTM dan TINS sudah PBV > 1. Kalau PBV < 1 mungkin akan lebih menarik lagi. Harga ANTM dan TINS sudah naik mendahului valuasi riil nya. Ketika big player banyak yang sudah take profit, maka tersisa investor ritel yang nyangkut. Apalagi dulu banyak influencer yang menyarankan beli ANTM. Katanya valuasi masa depan ANTM adalah 4000.

Padahal kalau influencer nya memang niat pompom ANTM harusnya valuasinya dibuat lebih sophisticated pakai pengandaian. Seandainya ANTM adalah kripto, maka mungkin harganya bisa 10.000. Apalagi kalau ANTM adalah bank digital bisa 20.000. Plus nikel ANTM untuk jarum suntik vaksin Covid-19 maka valuasi bisa 30.000. Jadi kalau ANTM adalah perusahaan nikel yang menjadi bank digital kripto untuk Tesla dan vaksin Covid-19, maka mungkin ANTM bisa 50.000. Sayangnya dulu kripto, farmasi, dan bank digital tidak booming bersamaan dengan nikel. Jadi pengandaian seperti itu tidak bisa dibuat.

Sekarang kita perlu mencari hal lain yang berpotensi besar akan booming. Booming kendaraan listrik sudah lewat. Booming farmasi dan vaksin Covid-19 sudah lewat. Booming bank digital sudah lewat. Dan sekarang booming kripto juga mulai mengalami perlambatan. Apalagi dengan rencana Biden mau menaikkan pajak. Rencana itu sudah ada sejak Maret 2021. Tapi baru diboomingkan lagi di April 2021. Saya menduga ada orang yang kepengen serok bawah. Di AS, kripto tetap kena pajak capital gain. Jadi booming kripto ini menguntungkan AS. Makanya Indonesia juga kepengen menikmati hal tersebut dengan rencana menteri perdagangan yang ingin membuat bursa Kripto Indonesia.

Kepanikan akibat rencana Biden yang ingin menaikan pajak sebenarnya tidak berdasar karena agi rencana kenaikan pajak tersebut bisa saja tidak akan terealisasi karena kongres belum tentu menyetujuinya. Orang kaya di Kongres tentu tidak ingin kekayaan mereka berkurang karena pajak baru Biden. Dan as usual di dunia Kapitalis, Orang kaya selalu akan menang.

Jadi intinya adalah untuk selalu menang di dunia Kapitalis, maka milikilah banyak duit. Semakin banyak duit semakin besar kemungkinan untuk menang. Kalau ingin menang di akhirat maka perbanyaklah amal kebaikan. Perbanyak sedekah. Tapi jangan sedekah ke bandar karena itu tidak menambah pahala hanya menambah tebal dompet bandar. Oleh karena itu jangan heran kalau banyak ustadz yang ingin menang di dunia Kapitalis dan dunia akhirat dengan memasuki dunia saham.

Menang di dunia dan akhirat. Jadi mungkin the next big thing berikutnya adalah investasi yang berhubungan dengan investasi akhirat seperti San Diego Hills atau semacamnya. Tapi ini hanya dugaan saya. Not financial advices.

Skydrugz Bot Radar
RIM Radar

Dari RIM radar saya tetap memilih META. Memang banyak saham menarik mulai dari TUGU CAMP INCO EXCL

Yang gorengan ada DEAL ANDI dan BOSS yang kelihatan ready to be fried.

Radar D

Di Radar D banyak sekali saham menarik yang lagi di dump market.

Radar P

Radar P tersisa 5 saham saja

What To Buy?

Saya tetap menjalankan program akumulasi selot selot di 4 saham: ELSA WTON META dan ULTJ. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Konsistensi adalah kunci.

Target ELSA WTON META = PBV 1

Target ULTJ PER 20

Atau YPC YOLO YOLO saja.

Skydrugz Bot Radar YPC YOLO YOLO Radar

Saham – saham lainnya hanya impulsive buy saja kalau lagi kumat pengen tiktok.

Untuk di kripto saya tiktok di BNB saja.

Untuk bursa AS stay di Google dan Coca Cola. Token Gotrade: 805963

Artikel Skydrugz Yang Lainnya Tentang Kripto dan Investasi di Luar Negeri:

1. Cara Deposit di Binance. 

2. Cara Daftar di Akun Kripto Agar Bisa Beli Bitcoin dan Dogecoin

3. Cara trading di market luar negeri. 

4. Cara Beli Saham TSLA di Binance

5. Cara Mendapatkan Passive Income dari Binance: Menabung Kripto dapat Bunga Seperti Menabung di Bank

6. Teknik Trading di Binance

7. Menjaga Psikologi Agar Tetap Waras

8. Mengenai Pajak Dividen Saham Yang Dibeli di Luar Negeri

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram

Setelah mengisi form, bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Bagi yang mau buka akun Kripto bisa di Binance atau Tokokripto pakai link di sini.

Bagi yang mau join grup kripto bisa isi form PintarKripto.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply