ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 17 Mei 2021: Inflasi Inflation

Skydrugz Radar 17 Mei 2021: Inflasi Inflation

inflasi

Skydrugz Hit Prediction

Skydrugz Hit Prediction 11 Mei 2021

  1. ITMG 8 Jam

Selamat idul fitri bursa. Semoga minggu ini banyak yang hit biarpun terjadi inflasi.

Market Review

Selama libur panjang lebaran ini saya menulis beberapa insight tentang emiten dan inflasi. Ada yang suka sama insight saya, ada juga yang benci. Tapi tidak apa-apa. Mixed reaction adalah hal yang biasa dalam kehidupan. Kita tidak mungkin memuaskan semua orang. Beda persepsi dan beda interpretasi dalam kehidupan adalah hal yang wajar. Tapi saya tidak mau berkelahi hanya karena masalah saham karena saham bukanlah agama ataupun negara yang harus diperjuangkan sampai mati. Move on.

BEI nampaknya harus mereview kembali cara mereka melakukan IPO. Setelah sebelumnya FINN yang baru IPO 2017 delisting, kali ini TDPM yang baru IPO 2018 kini gagal bayar juga. Lembaga pemeringkatan utang Pefindo juga sebaiknya mulai mereview metodologi mereka dalam melakukan pemeringkatan. Bagaimana bisa peringkat utang yang awalnya A- langsung turun jadi CCC hanya dalam jangka waktu 2 bulan. Kalau turun hanya 1 atau 2 notch maka itu kelihatan wajar. Ini turun dari A- ke CCC melewati notch di grade BBB+, BBB, BBB-, dan semua rating B yang ada. Itupun peringkat turun setelah ada kabar gagal bayar. Yang jadi korban pada akhirnya nasabah reksadana yang underlying assetnya adalah MTN TDPM. Jika BEI tidak bisa menyaring perusahaan yang IPO dengan baik dan benar, lalu apa bedanya BEI dengan bursa kripto yang melakukan ICO (Initial Coin Offering) micin koin? Salah satu cara melindungi investor saham bukan hanya lewat ARA ARB UMA dan suspend tapi juga dengan cara melakukan pengawasan GCG dan filter saham yang akan melakukan IPO. Jangan sampai ajang IPO hanya menjadi ajang merampok investor ritel. Inflasi IPO tapi ternyata mayoritas perusahaan tidak berkualitas.

Kalau beli saham IPO potensi hilang duit dan beli koin kripto juga potensi hilang duit lalu apa bedanya spekulasi di saham ataupun di kripto? Bagi yang memilih kehilangan duit di kripto bisa daftar di sini https://www.binance.cc/en/register?ref=YRSESDD1di sini .

Pada akhirnya yang bisa melindungi investor adalah dirinya sendiri, bukan otoritas. Saya sendiri kKalau ingin melakukan spekulasi maksimal 5% dari total portofolio. Sehingga jika duit hilang, saya masih bisa ikhlas menerimanya.

Market Amerika Serikat yang sebelumnya sempat galau karena inflasi. Tapi justru tetap rebound. Padahal SPAC sudah meltdown duluan setelah para sponsornya seperti Chamath mulai jualan dan Softbank mulai berencana exit dari beberapa perusahaan techno yang mereka miliki. Dari kepanikan market itu, selalu akan ada yang cuan terutama para shortseller dan bursa.

Gonjang-ganjing tidak saja terjadi di saham tapi juga di kripto setelah Elon Musk mengatakan mereka akan berhenti menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran karena Tesla ingin mempertahankan insentif dari green industry.

Di Indonesia sendiri nampaknya belum banyak perusahaan yang peduli dengan green loan. Pada umumnya multifinance Indonesia fokus pada pembiayaan konvensional.

Para investor saat ini banyak yang mengantisipasi akan terjadi bubble burst jika inflasi naik dan the fed menaikkan interest rate. Nampaknya banyak yang ingin melakukan shortsell ketika bubble burst nanti. Saya sendiri tidak pernah mau melakukan shortsell karena saya sudah belajar dari kisah Ray Dalio yang dulunya berharap akan terjadi resesi dan depresi di tahun 1980-an pasca naiknya interest rate. Tapi ternyata depresi tidak pernah terjadi dan malahan saham makin rally. Di 1980-an Ray Dalio nyaris bangkrut karena shortsell market. Sedangkan Buffett justru cuan gede karena di periode yang sama dia justru ambil posisi long dan beli saham Coca Cola. Dan akhirnya Buffett menjadi orang Terkaya di dunia di tahun 2000an.

Jadi tidak perlu mengharapkan keburukan pada market, stick to the fundamental. Perusahaan dengan fundamental bagus akan tetap bertahan di segala kondisi. Cari perusahaan yang seperti Coca Cola.

Skydrugz Bot Radar
  • Hari ini yang masuk radar Skydrugz ada 34 saham. Saham LQ45 yang masuk radar antara lain GGRM BBRI BMRI HMSP CPIN UNVR TPIA SMGR PTBA INTP MNCN. Total ada 11 saham dari 45 saham.
  • Saham pertanian yang masuk radar adalah DSNG. Musim low crop, CPO naik tapi produktivitas lahan masih rendah.
  • Saham pertambangan yang masuk radar adalah PTBA. Coal 100 dollar tapi PTBA masih anjlok. Opportunity
  • Di Industri dasar ada 6 saham yang masuk yakni CPIN TPIA SMGR INTP SIPD SMBR. 3 saham semen, 2 saham pakan.
  • Di aneka industri ada SMSM dan UCID
  • Di sektor makan minum rokok ada trio rokok GGRM HMSP WIIM, bir MLBI, UNVR AISA CLEO
  • Saham property dan infrastruktur sudah tidak ada yang masuk radar
  • Saham keuangan yang paling banyak mengisi radar. BBRI BMRI BNGA PNBN NISP BNII MAYA BFIN BACA AMAR BNBA
  • Saham trade yang masuk radar sisa MAPI MNCN SPTO MDIA IRRA
Skydrugz W Radar
Saham

 

Harga

 

PBV

 

PER

 

Dividend

 

DUCK
202 0.29 6.36 0.00%
UNTR
21450 1.35 13.42 3.00%
SPTO
470 1.05 11.04 8.51%
NZIA
158 0.73 475.09 0.00%
KAEF
2640 2.11 1684.61 0.05%
CLEO
454 6.09 39.13 0.00%
UNVR
5625 44.04 31.07 3.45%
  • Dari radar W, NZIA dan DUCK saja yang menurut saja wajib diwaspadai. Kalau ingin spekulasi di kedua saham ini be careful. Maksimal 2% dari total portofolio.

Bagi yang tertarik untuk mendapatkan data analisa kuartalan emiten pilihan bisa pesan di sini.

Atau dengan memesan melalui Whatsapp Tim Pintarsaham di  +62831-1918-1386

Bagi yang ingin mencoba instrumen yang lebih beresiko tinggi kripto dengan resiko duit hilang 100% jika lagi kurang beruntung dan bisa cuan multibagger jika lagi beruntung bisa daftar di sini. 

Buat yang mau daftar di Pintarkripto, isi form di sini.

Buat yang mau punya akun trading kripto Binance atau Tokokripto daftar di sini.

Buat yang mau daftar akun trading dan investasi saham, bisa daftar di sini

Buat yang mau pesan ebook analisis Laporan Keuangan, bisa pesan di sini.

Bagi yang tertarik membuka rekening saham Sucor atau Mirae bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram

Artikel Skydrugz Yang Lainnya Tentang Kripto dan Investasi di Luar Negeri:

1. Cara Deposit di Binance. 

2. Cara Daftar di Akun Kripto Agar Bisa Beli Bitcoin dan Dogecoin

3. Cara trading di market luar negeri. Gunakan token Gotrade: 805963. Jika Ingin trading saham Luar Negeri di Aplikasi Gotrade 

4. Cara Beli Saham TSLA di Binance

5. Cara Mendapatkan Passive Income dari Binance: Menabung Kripto dapat Bunga Seperti Menabung di Bank

6. Teknik Trading di Binance

7. Menjaga Psikologi Agar Tetap Waras

8. Mengenai Pajak Dividen Saham Yang Dibeli di Luar Negeri

9. Tentang Pajak Dividen

10. Cara Cuan di Kripto tanpa Harus Trading

11. Cara Cuan Passive Income di Kripto dari Liquid Swap

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram.

Setelah mengisi form, bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Bagi yang mau buka akun Kripto bisa di Binance atau Tokokripto pakai link di sini.

Bagi yang mau join grup kripto bisa isi form PintarKripto.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini priba

 

Leave a Reply