ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 14 September 2021: Gandum

Harga gandum dunia 685 dollar. Ini harganya near ATH 5 tahun. Gandum adalah salah satu bahan baku impor yang banyak digunakan di Indonesia. Kita tidak bisa memproduksi gandum sesuai kebutuhan nasional sehingga terpaksa harus impor. Untuk untuk bikin terigu, Indomie, roti dan pizza semua butuh gandum.

Sejarah Impor

Indonesia pertama kali mengimpor gandum secara resmi pada tahun 1969. Di tahun ini, A Amerika memperkenalkan paket kerja sama ekonomi di bawah Public Law 480 (PL 480) berisi perpanjangan kerja sama bantuan makanan kemanusiaan berbentuk tepung terigu, atau gandum ke Indonesia. Dan Salim Group mendapatkan izin impor pertama. Namun, kebijakan tersebut berhenti tidak lama setelahnya, dan sialnya masyarakat Indonesia sudah jatuh cinta terhadap tanaman ini. Efek dari Indomie. Salim Group membuat bangsa Indonesia jatuh cinta pada gandum. Data BPS tahun 2019 juga menunjukkan bahwa konsumsi gandum per kapita penduduk Indonesia adalah 30,5 kg/ tahun lebih tinggi dibandingkan konsumsi beras yang hanya mencapai 27 kg/tahun per kapital. Orang Indonesia lebih suka gandum ketimbang beras.

Padahal sebelum 1969 orang Indonesia hanya makan beras, singkong dan lain – lain. Tapi Salim Group telah merevolusi pola makan orang Indonesia.

Total Impor

Harga gandum dunia terus – menerus naik dalam 5 tahun terakhir. Banyak mulut yang harus diberikan makan sedangkan jumlah lahan terbatas. Jumlah petani terbatas.

Jumlah impor gandum Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Di 2010 hanya 4,8 juta ton lalu di 2020 menjadi 10,2 juta ton. Naik lebih dari 100% dalam 10 tahun. Di 2010-2017, Australia adalah negara yang paling banyak menjual gandum ke Indonesia. Bahkan di 2017 jumlah gandum yang dijual Australia ke Indonesia tembus 5,1 juta ton dari total 11 juta ton gandum yang kita impor. Itu artinya nyaris 50% gandum kita di suplai oleh Australia. Kita bergantung pada Australia. Namun kemudian di 2018-2020 tiba-tiba jumlah impor gandum dari Australia drop setelah Australia mengumumkan bahwa mereka memindahkan kedutaan besar dari Tel Aviv ke Yerusalem, yang kemudian dikecam oleh Indonesia. 2017 impor 5 juta ton, 2018 impor 2 juta ton, ketegangan Australia Indonesia di Oktober 2018, 2019 891 ribu ton, 2020 830 ribu ton.

Sekarang Indonesia melakukan diversifikasi impor ke negara lain. Malah di 2020, Ukraina menjadi pemasok gandum terbesar kita dengan nilai 2,9 juta ton lalu diikuti oleh Argentina 2,6 juta ton.

Kalau negara lain melakukan embargo gandum terhadap Indonesia maka Indonesia bisa kolaps. Gandum sudah seperti beras bagi Indonesia. Dari semua negara yang ada di dunia, Indonesia adalah importir gandum terbesar di dunia. Berdasarkan data FAO 2019 total impor gandum Indonesia pada tahun 2019 mencapai 10,9 juta ton disusul Mesir, Turki, dan Italia yang masing-masing mengimpor sebanyak 10 juta, 7,4 juta, dan 7,1 juta ton.

Sebenarnya Indonesia bisa menanam gandum. Di 2009 pernah diteliti mengenai pertanian gandum tapi nampaknya itu tidak berlanjut. Mungkin cost import lebih murah ketimbang harus produksi sendiri. Begitu juga dari segi kualitas. Tapi dengan begitu, kita selamanya akan bergantung pada impor.

Perusahaan Yang Cuan Dari Impor Gandum

Lima perusahaan yang paling banyak melakukan impor di tahun 2017 lalu menurut data CDMIOne adalah PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang mengimpor sebanyak 4,78 juta ton senilai lebih dari US$ 1 miyar, disusul PT. Bungasari Flour Mills Indonesia, PT. Agristar Grain Indonesia, PT. Eastern Pearl Flour Mills, dan PT. Sriboga Flour Mills.

Tahun 2017 lalu impor gandum terbesar dari Australia berasal dari 6 perusahaan yaitu CBH Grain Pty Ltd, Cargill Autralia Limited, Plum Grove Pty Ltd, Graincorp Operation Limited, Australian Grain Export Pty Ltd dan ADM Trading (Australia) Pty Ltd, impor dari Ukraina berasal dari NIBULON S.A, impor dari Kanada berasal dari Richardson International Limited, impor dari Rusia berasal dari LLC Zolotaya Semechka dan impor dari Amerika Serikat berasal dari PACIFOR LLC.

Skydrugz Bot Radar
  • Di radar sebelumnya 13 saham yang masuk radar. Namun di radar kali ini malah bertambah jadi 18 saham yang masuk radar padahal IHSG hijau
  • HRTA radar hari-6. ASB Play
  • TPIA sudah keluar Radar. Berakhir di radar hari ke-10.
  • INPC keluar Radar. Berakhir di radar hari ke-4.
  • BBKP Radar hari ke-3. Menunggu kabar harga exercise right issue.
  • FREN radar hari ke-3
  • ARCI radar hari ke-4
  • GJTL radar hari ke-3
  • BCAP radar hari ke-3
  • KAEF Radar hari ke-1
  • INDF Radar Hari ke-1
  • TSPC Radar Hari ke-1

Jika ingin mendapatkan data analisis Laporan Keuangan Kuartalan bisa pesan di sini atau menghubungi Whatsapp Admin Pintarsaham.id +62 831-1918-1386

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386 atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply