Profil Perusahaan Elnusa Tbk (ELSA)

Profil Perusahaan Elnusa Tbk, (ELSA)

Profil Perusahaan Elnusa Tbk (ELSA)

Elnusa Tbk adalah salah satu anak perusahaan dari PT. Pertamina (Persero) yang berfokus dalam eksplorasi minyak dan gas. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 25 Januari 1969 dengan nama PT. Electronika Nusantara dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tahun yang sama.

Kantor pusat Elnusa terletak di Graha Elnusa, Lt. 16, Jl. T.B. Simatupang Kav. 1B, Jakarta Selatan 12560.

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan Elnusa adalah bergerak dalam bidang jasa, perdagangan, pertambangan, pembangunan dan perindustrian.

Kegiatan usaha utama Elnusa dan anak usahanya adalah beroperasi di bidang jasa hulu migas dan penyertaan saham pada entitas anak serta entitas ventura bersama yang bergerak dalam berbagai bidang usaha, yaitu jasa dan perdagangan penunjang hulu migas, jasa dan perdagangan hilir migas, jasa pengolahan dan penyimpanan data migas, pengelolaan aset lapangan migas dan jasa telekomunikasi.

Profil perusahaan Elnusa juga beroperasi di bidang penyediaan barang dan jasa termasuk penyediaan dan pengelolaan ruang perkantoran.

Profil Perusahaan Elnusa Tbk
Profil Perusahaan Elnusa Tbk

Sekarang ini, Elnusa merupakan satu-satunya perusahaan nasional yang menguasai kompetensi di bidang jasa minyak dan gas bumi antara lain : Jasa Seismic, Pengeboran dan Pengelolaan Lapangan Minyak.

Elnusa menyediakan jasa migas dengan strategi aliansi global bagi perusahaan migas berkelas dunia dan juga sesuai dengan standar keselamatan dan lindung lingkungan.

Jasa Migas Elnusa

  • Jasa Data Geofisik:

proses dan penyimpanan data melalui metode seismic dengan peralatan yang dibentangkan di darah, laut dan zona transisi (laut dangkal/hutan bakau) dan laut dalam.

Menjadi pionir dalan jasa data geofisikadi Indonesia, Elnusa memegang kendali atas operasi geofisika di Indonesia.

  • Jasa Pengeboran Migas:

menyediakan solusi pengeboran dengan manajemen pengeboran, peralatan, pengadaan dan provisi.

Tahun 2009, Elnusa melalui Divisi Pengeboran merupakan satu-satunya divisi atau perusahaan yang memiliki dan mengoperasikan Modular Rig Pertama di Asia Pasifik.

  • Jasa Pengelolaan Lapangan Minyak:

mengoperasikan dan memelihara lapangan migas dan sumur, EPC-M, pipa O&M dan fasilitas produksi, penanganan produksi migas dan jasa pendukung pengeboran darat seperti Wireline Logging, Cementing dan Well Testing serta jasa evaluasi produk.

  • Jasa Pendukung:

pelengkap dari jasa migas yang dimiliki Elnusa antara lain data manajemen dan jasa telekomunikasi. Dimana jasa pendukung ini dioperasikan oleh Anak Perusahaan dan Afiliasi Elnusa.

Pada tanggal 25 Januari 2008, ELSA memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham ELSA (IPO) kepada masyarakat sebanyak 1.460.000.000 dengan nilai nominal Rp100,- per saham dengan harga penawaran Rp400,- per saham.

Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 06 Februari 2008.

Jenis Pencatatan Saham Tgl Pencatatan
Saham Perdana @ Rp400,- 1.460.000.000 06-Feb-2008
Pencatatan Saham Pendiri (Company Listing) 5.838.500.000 06-Feb-2008

Komposisi Pemegang Saham

Nama pemegang saham ELSA per tanggal 31 Juni 2019

Pemegang Saham Jumlah Pemegang Saham Jumlah Kepemilikan Saham % Kepemilikan Saham
PT Pertamina (Persero) 1 3,000,000,000 41.10%
Dana Pensiun Pertamina 1 1,087,407,500 14.90%
Public (< 5% Individu) 18,159 3,211,092,500 44,00%
Total 18,161 7,298,500,000 100%

DIlihat dari kepemilikannya pemegang saham Elnusa Tbk (ELSA)

Jumlah Investor Saham ELSA
Jumlah Investor Saham ELSA
Proporsi Pemilik Saham Publik ELSA
Proporsi Pemilik Saham Publik ELSA

Dengan total free float saham yang bisa dibeli oleh publik sebanyak 58,81%. Sebagian besar pemegang saham publik Elnusa, Tbk (ELSA) merupakan investor domestik yaitu sebesar 78%.

Jenis Investor Asing ELSA
Jenis Investor Asing ELSA
Jenis Investor Domestik elsa
Jenis Investor Domestik ELSA

Grafik Harga Saham ELSA

Grafik Harga Saham ELSA
Grafik Harga Saham ELSA

Dilihat dari grafik harga saham Elnusa Tbk (ELSA) sejak tahun 2008 hingga 2019 terakhir bisa dikatakan sideways dengan pergerakan yang cukup ekstrim naik turunnya.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat