Profil Perusahaan BNI (PT Bank Nasional Indonesia, Tbk)

Profil Perusahaan BNI (PT Bank Nasional Indonesia, Tbk)

Profil Perusahaan BNI

Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI adalah salah satu bank komersial tertua dalam sejarah Negara Indonesia. Bank ini didirikan pada tanggal 5 Juli 1949 sebagai bank sentral dan pada tahun 1968, BNI ditetapkan menjadi “Bank Negara Indonesia 1946”, dan statusnya menjadi Bank Umum Milik Negara.

Kantor pusat Bank BNI berlokasi di Jl. Jend. Sudirman Kav. 1, Jakarta 10220 – Indonesia. Bank BNI memiliki 196 kantor cabang, 944 cabang pembantu domestik serta 829 outlet lainnya.

Selain itu, jaringan Bank BNI juga meliputi 5 kantor cabang luar negeri yaitu Singapura, Hong Kong, Tokyo, London dan Korea Selatan serta 1 kantor perwakilan di New York.

Pada tanggal 28 Oktober 1996, BBNI memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham BBNI (IPO) Seri B kepada masyarakat sebanyak 1.085.032.000 dengan nilai nominal Rp500,- per saham dengan harga penawaran Rp850,- per saham.

Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 25 November 1996.

Jenis PecatatanSahamTgl Pencatatan
Negara RI (Seri A)125-Nop-1996
Saham Perdana @ Rp850,-1.085.032.00025-Nop-1996
Pencatatan Saham Pendiri (Company Listing)3.255.095.99925-Nop-1996
Penghapusan Sebagian (Partial Delisting)-43.401.28002-Jul-1999
Penawaran Terbatas (Right Issue I) 1 : 35 @ Rp347,58,-151.904.480.00005-Jul-1999
Penambahan Saham41.375.391.25520-Apr-2001
Penghapusan Sebagian (Partial Delisting)-343.540.08512-Des-2001
Pengabungan Saham (Reverse Stock)-184.084.187.36423-Des-2003
Penawaran Terbatas (Right Issue II) 20 : 3 @ Rp2.025,-1.974.563.62513-Ags-2007
Penghapusan Sebagian (Partial Delisting)-2.233.04631-Ags-2007
Penawaran Terbatas (Right Issue III)3.340.968.78829-Des-2010
Tidak dicatatkan (Unlisted)186.486.565

Logo Bank BNI

Bukan hanya sekedar untuk menabung saja, Bank BNI memiliki banyak inovasi baru dan layanan lainnya untuk para nasabahnya seperti menabung, pinjaman, teknologi informasi, layanan investasi dan masih banyak yang lainnya. 

Jenis Produk Tabungan Dan Layanan Bank BNI

  • BNI Taplus

Merupakan produk simpanan yang ditawarkan kepada para nasabahnya.  Fitur dan manfaat tersebut antara lain : suku bunga progresif yang terus bertambah, bisa menyetor ataupun menarik tunai secara online di semua kantor cabang bank BNI, tersedia program undian berhadiah, mendapatkan fasilitas kartu ATM, SMS banking, internet banking, mobile banking dan sebagainya.

  • BNI Taplus Muda

Tabungan ini merupakan salah satu produk simpanan dalam bentuk tabungan dan merupakan produk turunan dari BNI Taplus. Produk ini memang bertujuan untuk nasabah para anak muda yang berusia 15 tahun hingga 25 tahun yang akan menabung. Berbagai fasilitas dari produk satu ini bisa Anda nikmati, seperti fasilitas e-banking, BNI Cashless, BNI CDM, dan layanan notifikasi via SMS.

  • BNI Taplus Bisnis

Untuk para pelaku usaha dan bisnis, bank BNI juga menyediakan tabungan khusus yaitu BNI Taplus Bisnis. Produk tabungan ini tidak hanya bisa digunakan oleh para pelaku usaha saja, perseorangan atau pun non perseorangan juga masih dapat menggunakan produk dan layanan ini. Layanan ini dilengkapi dengan fitur dan fasilitas yang tentunya akan memberikan kemudahan. Selain itu memberikan fleksibilitas para nasabahnya dalam mendukung transaksi saat berbisnis.

  • BNI TAPPA

Ini merupakan tabungan BNI Taplus untuk Pegawai atau Taplus Anggota yang memang dikhususkan bagi para Anggota atau Pegawai suatu perusahaan yang telah menjalin kerja sama dengan bank BNI. Atau lembaga, Asosiasai dan Organisasi profesi yang memilih bank BNI sebagai salah satu sarana tabungan atau kartu identitas anggotanya.

  • BNI TAPENAS

Tabungan ini merupakan Tabungan Perencanaan Masa Depan termasuk salah satu produk tabungan dari Bank Bni yang diperuntukkan bagi keluarga. Produk ini merupakan produk simpanan berjangka yang bertujuan untuk membantu perencanaan keuangan setiap nasabah demi mewujudkan impian di masa depan. Dengan tabungan yang lebih pasti dan aman.

  • BNI Simpanan Pelajar

Tabungan untuk siswa PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA sederajat yang diterbitkan secara nasional di seluruh Indonesia. Beberapa manfaatnya adalah mendorong anak untuk gemar menabung, memberikan edukasi tentang keuangan kepada anak sejak dini, dan melatih pengelolaan keuangan anak.

  • TabunganKu

TabunganKu adalah produk simpanan BNI dengan persyaratan mudah dan ringan dengan setoran awal minimal Rp20.000.

  • BNI Deposito

BNI Deposito adalah produk tabungan berjangka yang aman serta bunga yang cukup kompetitif. Menariknya produk bank BNI ini salah satunya adalah bisa digunakan sebagai jaminan kredit.

  • BNI Griya

Merupakan produk pinjaman untuk pembelian rumah, rusun,  ruko, rukan, apartemen, villa dan bahkan kavling tanah. Dengan minimal pinjaman Rp.15 juta dengan maksimal mencapai 5 milyar Rupiah tentunya produk BNI yang satu ini bisa diandalkan untuk mewujudkan impian nasabah dalam urusan properti.

  • BNI Oto

Merupakan fasilitas pinjaman pembelian motor atau mobil yang cukup praktis dengan plafon mulai Rp.5 juta hingga Rp.5 milyar.

  • BNI Giro

Produk tabungan dari BNI sebagai sarana transaksi giro. Beberapa kemudahan dari jenis tabungan ini, di antaranya penarikan dana giro dengan menggunakan buku cek dan perintah pembayaran lainnya dan fasilitas kliring antar wilayah.

  • BNI Taplus Anak

Produk tabungan BNI yang diperuntukkan untuk anak-anak dengan usia <17 tahun. Beberapa manfaat memiliki tabungan ini adalah buku tabungan dan kartu akan tercetak nama anak, memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar melakukan transaksi sendiri di ATM dan transaksi perbankan lain, serta orang tua masih bisa mengawasi transaksi rekening anak karena ada notifikasi SMS.

  • BNI Simpanan Pelajar

Tabungan untuk siswa PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA sederajat yang diterbitkan secara nasional di seluruh Indonesia. Beberapa manfaatnya adalah mendorong anak untuk gemar menabung, memberikan edukasi tentang keuangan kepada anak sejak dini, dan melatih pengelolaan keuangan anak.

  • TabunganKu

TabunganKu adalah produk simpanan BNI dengan persyaratan mudah dan ringan dengan setoran awal minimal Rp20.000.

  • BNI Dollar

Produk tabungan BNI dalam mata uang asing dengan nilai tukar yang lebih stabil dan aman. Keuntungannya suku bunga valas yang menarik, pilihan mata uang USD dan SGD, serta dana BNI Dollar dapat dijaminkan untuk mendapatkan kredit.

  • BNI Deposito

Simpanan berjangka dengan tingkat suku bunga yang kompetitif, dapat dijadikan jaminan kredit, dan tersedia dalam banyak mata uang (USD, JPY, GBP, SGD, HKD, EUR). Bunga dari BNI Deposito dapat ditransfer ke rekening tabungan giro atau menambah pokok simpanan.

  • BNI Duo

Jenis produk tabungan BNI berupa simpanan berjangka dengan sistem perhitungan bunga berbunga. Beberapa manfaat dari produk ini, di antaranya suku bunga yang kompetitif dan dapat dijadikan sebagai jaminan kredit.

Pemegang Saham Bank BNI periode Mei 2019 

Dilihat dari pemegang saham Bank BNI per Mei 2019 ternyata saham publiknya dominan dipegang oleh investor asing. 

Pemegang Saham BBNI
Pemegang Saham BBNI

Dari pemegang saham yang tergolong investor asing sebagian besar ternyata merupakan kategori investor lainnya. Tidak seperti investor asing saham BCA yang sebagian besar merupakan investor institusi reksa dana. Baca juga artikel : Profil Perusahaan BCA 

Profil Perusahaan BNI
Profil Perusahaan BNI

Harga Saham BNI

Dilihat dari grafik harga saham BNI sejak tahun 2004 hingga 2019 ini mencapai harga Rp 9.200,00 per lembarnya. 

Grafik Harga Saham BNI
Grafik Harga Saham BNI

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa menyukai Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan memfollow Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat