ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Nilai Wajar dan Margin of Safety TOTL dari PBV Historis

Di postingan saya sebelumnya tentang TOWR, saya menggunakan PER Historis untuk menghitung nilai wajar dan Margin of Safety (MOS) TOWR. Namun di postingan kali ini saya menggunakan PBV historis untuk menilai harga wajar saham TOTL.

Mengapa?

Karena TOWR memiliki income yang lebih stabil dan defensive ketimbang TOTL. Income TOTL cenderung siklikal sehingga sulit untuk melakukan valuasi based on PER. Oleh karena itu menurut saya, di saham siklus, lebih baik menggunakan PBV historis saja. Tapi prinsip dasarnya sama saja.

Nah sekarang mari kita lihat PBV historis TOTL dalam 10 tahun terakhir.

Saat ini TOTL harga sahamnya 398 dan PBV 1,2 (22 Januari 2021). Dengan basis asumsi bahwa book value TOTL stabil maka book value per share TOTL saat ini adalah 332 rupiah/lembar saham.

Nilai Wajar Saham TOTL dilihat dari PBV Historis
Nilai Wajar Saham TOTL dilihat dari PBV Historis
Valuasi TOTL

– PBV tertinggi TOTL dalam 10 tahun terakhir adalah 5,38
Dengan begitu nilai wajar TOTL jika kembali ke PBV tertinggi nya adalah 1786 rupiah.
MOS = 340%
Potensi upside 340%

-PBV rata-rata TOTL dalam 10 tahun terakhir adalah 2,83
Dengan begitu jika nilai wajar TOTL jika balik ke PBV rata-rata dalam 10 tahun terakhir adalah 939 rupiah.
MOS = 130%
Potensi upside 130%

-PBV terendah TOTL dalam 10 tahun terakhir adalah 0,27.
Jika balik ke PBV ini maka nilai wajar TOTL = 90 rupiah.
MOS = tidak ada
Potensi downside = 77%

Tapi semua valuasi di atas akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam mencetak laba. Jika TOTL mampu mencetak laba konsisten, maka bukan tidak mungkin di masa depan TOTL akan mendapatkan kembali valuasi premium.

 

Jika anda menyukai artikel Perbedaan antara Investor Institusi dengan Investor Ritel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply