ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Market Penuh Dengan Ketidakpastian, Harus kah Kita Takut?

Market Penuh Dengan Ketidakpastian, Harus kah Kita Takut?

Takut adalah naluri wajar manusia. Takut bisa melindungi kita dari bahaya. Tapi takut yang berlebihan bisa membuat kita kehilangan kesempatan.

Sebagai investor, yang paling saya takutkan adalah saham suspend dan delisting karena kebanyakan utang atau saham delisting karena kelangsungan usaha sudah tidak jelas seperti yang terjadi pada DAJK INVS TMPI CPGT.

Penurunan harga saham memang menakutkan juga tapi setelah melewati badai Maret 2020, rasa takut karena melihat penurunan harga saham ternyata tidak lah terlalu buruk. Karena toh saham yang undervalued dan fundamental oke always rebound. Skill saya dalam timing the market sangat buruk. Sehingga satu – satunya senjata yang saya gunakan untuk menghadapi volatilitas market adalah bid selot selot di bawah dengan sabar. Never all in.

Masa Lalu

Dulu saya pernah beli saham langsung masuk banyak lalu saham itu anjlok >30%. Itu benar – benar membuat stress. Padahal waktu itu saya pikir saham yang saya beli itu sudah undervalued. PBV 0,9 dan dividen yield >4%. Mustahil turun lebih dalam pikirku waktu itu lalu Covid-19 datang menyerang. Rasa takut melanda. Lalu saya teringat pesan beberapa investor senior, penurunan harga saham di saham dengan fundamental bagus adalah anugerah buat investor. Dan pelan – pelan average down selot selot, sampai akhirnya tidak sampai 5 bulan, market kembali mengapresiasi saham tersebut dan minus >30% jadi cuan 50%.

Beda Metode

Beberapa orang mungkin cocok dengan metode haka haka all in plus margin plus KTA plus gestun plus gadai

Tapi metode tersebut butuh skill dewa dalam timing the market. Berhubung saya tidak memiliki kemampuan timing the market yang baik, maka metode tersebut tidak cocok dengan saya. Metode bid selot selot di bawah lebih cocok dengan psikologi saya.

Semua investor ataupun trader sebaiknya menemukan metode yang paling cocok dengan kepribadiannya karena dalam trading tidak ada metode yang one size fits all. Metode yang digunakan oleh orang yang ingin cepat kaya tidak akan cocok dengan metode orang yang ingin kaya pelan – pelan. Semua metode benar jika bisa menghasilkan cuan dengan cara yang halal.

Leave a Reply