ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

FOMO alias Fear of Missing Out yang wajib trader saham tahu

FOMO dalam saham

Trend harga saham yang luar biasa naiknya di bulan November hingga Januari ini memang menimbulkan pertanyaan apakah kenaikannya sudah wajar atau berlebihan?  Kenaikan ini juga diiringi dengan meningkatnya jumlah investor saham di Indonesia selama bulan November saja naik lebih dari 30% dibandingkan dengan tahun 2019. Apakah ini bisa dikatakan FOMO? 

FOMO (Fear of Missing Out) adalah perasaan takut akan hilangnya peluang besar di pasar yang merupakan masalah umum yang dialami oleh banyak trader. Fenomena FOMO ini sering terjadi di pasar saham, banyak orang mengejar saham saat terjadi rally dimana harga saham naik tinggi, lalu akhirnya membeli di harga saham lebih tinggi.

Dan sebagian besar terjadi karena FOMO “takut Ketinggalan” untuk mendapatkan profit, sehingga mengabaikan trading plan dan melampaui tingkat risiko yang biasanya.

Bagaimana Terjadinya FOMO

Harga saham yang terus mengalami kenaikan menjadi dasar pemikiran kalau harga saham itu cenderung mengalami kenaikan terus di masa depan. Faktanya tidak demikian, harga yang terus naik tidak menjamin harga akan naik terus di masa depan, bisa jadi malah sebaliknya.

Media termasuk media sosial juga telah memperluas dampak FOMO terhadap dunia trading dan investasi. Informasi tentang harga saham suatu emiten yang terus mengalami kenaikan dan diperbincangkan di grup, forum, komunitas juga mempengaruhi banyak orang.

Rasa takut kehilangan kesempatan atau FOMO makin menguat, dan dengan informasi tersebut, mereka merasa harus melakukan sesuatu yaitu, ikut terjun dan tidak mau kehilangan kesempatan.

Bahaya Trading Berdasarkan FOMO

Trading berdasarkan FOMO sangat berbahaya bagi trader itu sendiri, karena dalam pasar saham harga bisa saja tidak mengalami kenaikan signifikan secara terus-menerus, tetapi bisa juga mengalami penurunan.

Trader yang mengalami FOMO akan cenderung mengambil posisi entry pada posisi yang memiliki resiko tinggi, sehingga ketika harga saham bergerak tidak sesuai harapan, maka trader akan mengalami kerugian cukup besar yang akan berakibat pada tekanan psikologis atau mental tradingnya.

Jika trader tidak mampu menghadapi situasi tersebut, maka hal itu bisa jadi berujung pada stres hingga depresi.

Fomo dalam saham
Fomo dalam saham

Cara Mengatasi FOMO

  • Membuat Trading Plan

Trading plan berguna untuk membantu Anda fokus pada perencanaan dan pelaksanaan strategi trading. Bagi seorang trader, trading plan diperlukan untuk memperoleh hasil trading yang konsisten dan terhindar dari FOMO. Hal penting yang harus diperhatikan dalam menyusun Trading Plan yaitu:

    • Tentukan Strategi untuk Entry
    • Tentukan Risk / Reward Ratio
    • Tentukan Position Size sesuai dengan target Stop Loss
    • Tentukan strategi Exit atau Take Profit
    • Buat Jurnal dan Catatan untuk Evaluasi
  • Disiplin dan Konsisten

Setelah membuat trading plan yang tepat, saatnya menjalankan dan menerapkan metode atau strategi apa yang telah anda rencanakan di awal. 

  • Sabar dan Tenang

Kelemahan para trader yang ingin cepat menghasilkan profit yang besar, yakni kurangnya rasa sabar dan tenang. Trader yang ingin mendapat profit yang berlimpah dalam tempo waktu singkat cenderung over trading dan dengan terburu-buru berani untuk mengambil resiko besar.

Dengan rasa sabar, kita dapat merencanakan strategi dengan matang dan dengan rasa sabar pula kita bisa bersikap rasional dan bersikap objektif.

  • Belajar, Belajar, dan Belajar

Ada banyak jalan untuk mempelajari ilmu trading, seperti; sharing dengan mentor, belajar dari menonton youtube, membaca artikel dari website pintarsaham.id juga bisa dan pastinya sumber yang terpercaya, membaca buku trading dan sharing dengan teman-teman trader lainnya. Semakin banyak yang Anda tahu, semakin tajam pula kemampuan dalam membaca tren harga di pasar saham, sehingga kemampuan trading kian terasah dan rasa takut akan mudah diatasi.

Jika anda menyukai artikel FOMO alias Fear of Missing Out yang wajib trader saham tahu ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply