Biografi John Bogle

Biografi John Bogle

Profil John Bogle ia tumbuh dalam keluarga yang sangat terpengaruh oleh fenomena Great Depression (krisis terbesar yang pernah terjadi di Amerika Serikat). Sebagai mahasiswa ekonomi di Princeton University, Bogle fokus pada reksa dana; ia lulus magna cum laude pada tahun 1951 dengan tesis berjudul “The Economic Role of the Investment Company.” Pekerjaan awal ini berkontribusi pada filosofi investasi seumur hidup yang dipegang oleh Bogle yaitu pengembangan reksadana indeks atau ETF (Exhange Trade Fund).

Profil John Bogle bekerja di Wellington Management dari 1951 hingga 1974. Bogle dengan terkenal menantang strategi Wellington untuk memusatkan investasinya pada satu dana tunggal. Pada tahun 1974, Bogle mendirikan perusahaan reksadana bernama Vanguard Group. Dengan Vanguard 500, memulai debutnya pada tahun 1976, Bogle memelopori investasi indeks sebagai opsi berbiaya rendah dan berpenghasilan tinggi bagi investor. John Bogle juga mencetuskan reksadana tanpa biaya (atau biaya serendah-rendahnya).

Profil John Bogle
Profil John Bogle

Bogle menjabat sebagai CEO dan Chairman Vanguard hingga 1999 hingga ia pensiun. Pada tahun yang sama, majalah Fortune menamai John Bogle sebagai salah satu dari empat “raksasa investasi” pada abad ke-20. Pasca pensiun seorang John Bogle tetap aktif menyumbangkan tenaga dan pikirannya sebagai presiden Pusat Penelitian Pasar Keuangan Vanguard, dan sering diundang sebagai penulis dan pembicara di berbagai acara yang membahas tentang masalah keuangan.

Dalam “The Vanguard Experiment: John Bogle’s Quest untuk Mengubah Reksa Dana Industri” (1996), penulis biografi Robert Slater menggambarkan kehidupan Bogle sebagai “evolusioner, ikon dan tanpa kompromi berkomitmen pada prinsip-prinsip pendiriannya untuk menempatkan kepentingan investor terlebih dahulu dan mengkritik secara konstruktif mendanai industri untuk praktik-praktik yang bertentangan dengan investasi reksadana yang rendah biaya. ” Agak berat mungkin kutipannya tetapi secara sederhananya seorang John Bogle yang pertama kali mencetuskan strategi pasar dengan mengikuti indeks pasar, jadi kalau mau beli saham diportofolio kita cukup ikuti saja bobot pasar Click To Tweet.

Bagaimana cara mengikuti indeks pasar?. Cari tahu kapitalisasi masing-masing saham terhadap indeks kemudian ikuti bobotnya tersebut, misal jika saham A berbobot 5% dari indeks maka kita cukup beli saham A sebanyak 5% dari jumlah dana yang kita investasikan di saham. Simpel bukan.

Filosofi Investasi:

Sebagai pencipta reksadana indeks, John Bogle memfokuskan banyak perhatiannya pada dana murah dan perputaran yang rendah serta dikelola secara pasif. Dengan tujuan membantu investor individu untuk menumbuhkan aset mereka, Bogle telah merekomendasikan pertimbangan berikut:

  • Fokus pada kesederhanaan dalam strategi investasi (tidak menyeimbangkan alokasi aset terlalu sering, misalnya)
  • Pengurangan biaya dan pengeluaran yang terkait dengan investasi
  • Pertimbangkan horizon investasi jangka panjang
  • Gunakan analisis rasional dan hindari emosi dalam proses pengambilan keputusan investasi
  • Investasi menggunakan strategi indeks sebagai strategi yang tepat untuk investor individu

Kutipan -kutipan yang terkenal dari John Bogle :

Waktu adalah teman anda; impulsif adalah musuh anda”

“Jika anda tidak bisa membayangkan kerugian 20% di saham, maka investasi saham bukan tempat yang cocok untuk anda “

“Ketika reward sudah berada di puncaknya, maka risiko semakin dekat”

Kesimpulan 

John Bogle menganggap strategi saham yang paling murah biaya adalah strategi dengan mengikuti indeks pasar. Hal yang patut dicermati dengan strategi ini adalah akan ada banyak saham yang kita beli dalam satu portofolio agar dapat mengikuti indeks pasar semirip mungkin. Kelemahannya juga adalah jika kita meniru cara ini maka sudah pasti hasilnya tidak akan pernah melebihi indeks pasar. Konservatif memang namun simpel dalam seleksi saham yang layak dibeli.

One thought on “Biografi John Bogle

  1. Pingback: 3 Strategi Investasi Saham Jangka Panjang yang Terbukti Berhasil -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *