ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikat International
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 5 tahun
Kontak Kami

5 Tips Investasi Saham untuk Investor Pemula

Pada kesempatan ini, tim pintarsaham akan membahas mengenai 5 tips investasi saham untuk investor pemula. Pastikan baca sampai habis ya!

5 Tips Investasi Saham untuk Investor Pemula
5 Tips Investasi Saham untuk Investor Pemula

Sebagai investor yang baru terjun di dunia saham tentu masih bingung hendaknya mulai dari mana. Pertanyaan yang muncul tentu tips investasi saham untuk pemula cocoknya seperti apa ya.

Apakah langsung hajar saja beli saham-saham yang ada tanpa memahami risikonya terlebih dahulu, keuntungan dalam saham apa saja, serta aspek teknisnya bagaimana.

Perlu diingat saham ini merupakan instrumen investasi yang memberikan imbal hasil yang tinggi dan tentu risikonya juga tinggi.

Tanpa pemahaman yang baik, bukannya untung yang ada malah kapok investasi saham karena rugi. Ya nggak?

Nah karena itu Pintarsaham mau bagiin nih 5 tips investasi penting yang dapat investor pemula lakukan, simak ya!

1. Pilih Broker Saham yang Bagus
Memilih broker jangan asal-asalan, pilih yang terdaftar menjadi anggota bursa. Pilih broker yang Nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) minimal 25 Miliar.

Selain itu pastikan biaya transaksi (fee) dari pihak sekuritasnya kecil.

Tiap sekuritas mematok fee yang berbeda ada yang 0,19 persen untuk biaya pembelian dan 0,29 untuk biaya penjualan. Ada juga yang 0,15 persen untuk fee pembelian dan 0,20 persen untuk fee penjualan.

2. Siapkan KTP dan Rekening
Untuk pembukaan akun dari masing-masing sekuritas umumnya membutuhkan data-data penting seperti KTP, rekening bank, serta NPWP (ini opsional sih).

Pastikan kamu menyediakan kelengkapan dokumen di atas untuk proses pembukaan akunnya.

3. Pilih Saham yang ada di LQ45
Tips investasi saham pemula selanjutnya adalah pilih saham yang bagus. Kendala saat memulai investasi saham salah satunya yaitu bingung membeli saham yang mana, karena di bursa sekarang sudah terdaftar 700-an emiten.

Maka dari itu saran dari kami coba mulai cari saham-saham unggulan yang memiliki kinerja cemerlang pada Indeks LQ45. Untuk lebih lengkap mengenai indeks lain bisa dibaca di sini.

LQ45 ini merupakan indeks pasar saham di BEI yang terdiri dari 45 perusahaan yang memiliki kriteria seperti termasuk dalam 60 perusahaan teratas dengan kapitalisasi pasar tertinggi selama 12 bulan terakhir.

4. Pilih Mau Jadi Trader atau Investor
Sebelum melangkah jauh, pilih nih mau jadi trader atau investor. Perbedaan mendasar dari dua istilah ini adalah trader betransaksi beli jual saham dalam jangka pendek.

Bisa harian, mingguan, dan bulanan. Trader fokus mengincar capital gain. Sementara investor bermain dalam jangka waktu yang panjang.

Investor menargetkan untuk membeli perusahaan yang terus bertumbuh, keuntungan dari investor adalah mendapatkan capital gain dan dividen.

5. Jangan Panik!
Tips investasi saham pemula terakhir yaitu usahakan tetap tenang dalam segala kondisi. Pada saat artikel ini ditulis (10 September 2020) Bursa Efek Indonesia melakukan trading halt selama 30 menit.

Perdagangan dihentikan karena indeks mengalami penurunan lebih dari 5%.  Biasanya investor atau trader akan panik ketika situasi parah seperti ini.

Saat situasi seperti ini tetaplah tenang. Ingat lagi ketika sudah memutuskan untuk menjadi trader atau investor.

Jika sebagai trader, harus ketat mengikuti prinsip trading plan yang sudah dibuat sementara untuk investor harus melihat kejatuhan pasar sebagai peluang.

Artinya saham-saham perusahaan bagus dihargai dengan harga diskon, sehingga menjadi kesempatan untuk menambah kepemilikan sahamnya.

Nah itulah 5 tips investasi saham untuk investor pemula yang dapat dijadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Leave a Reply