ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikat International
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 5 tahun
Kontak Kami

Jenis-Jenis Indeks yang ada di Bursa Efek Indonesia

Jenis-jenis indeks yang ada di Bursa Efek Indonesia

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Indeks yang mengukur pergerakan semua saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Indeks ini  mencakup pergerakan harga seluruh saham biasa dan saham preferen.

Indeks LQ45

Indeks yang mengukur performa harga dari 45 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Memiliki kriteria termasuk dalam Top 60 Perusahaan dengan kapitalisasi pasar tertinggi. Indeks LQ45 dihitung setiap enam bulan oleh divisi penelitian dan pengembangan Bursa Efek Indonesia.

Indeks IDX30

Indeks yang mengukur performa harga dari 30 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Indeks IDX30 dipilih dari saham-saham yang masuk dalam LQ45 dalam periode yang sama mempertimbangkan aktivitas transaksi pasar (nilai, frekuensi, dan hari).

Indeks IDX80

Indeks yang mengukur performa harga dari 80 saham-saham yang memiliki fundamental perusahaan yang baik. 

Indeks IDX Value30 (IDXV30)

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki valuasi harga yang rendah dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

Secara umum yang termasuk ke dalam Indeks IDXValue30 terdiri dari tujuh emiten sektor keuangan, delapan emiten sektor  mining, tiga emiten sektor servis dan investment, satu emiten consumer good, property, real estate, dan lima emiten sektor konstruksi, satu emiten infrakstruktur utilites dan transportasi, satu emiten di industri dasar.

Indeks IDX Growth30 (IDXG30)

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

Indeks KOMPAS100

Indeks yang mengukur performa harga dari 100 saham-saham yang memiliki likuiditas yang baik dan kapitalisasi pasar yang besar. Indeks KOMPAS100 diluncurkan berkerja sama dengan perusahaan media KOMPAS GRAMEDIA.

Tujuan BEI dalam meluncurkan Indeks Kompas100 untuk menyebarkan informasi tentang pasar modal serta untuk menarik minat masyarakat agar mengambil kesempatan dalam keberadaan BEI untuk investasi maupun mencari pendanaan bagi perusahaan.

Indeks IDX SMC Composite / IDX Small-Mid Cap Composite Index

Indeks yang mengukur performa harga dari saham-saham yang memiliki kapitalisasi pasar kecil dan menengah.             

Indeks IDX SMC Liquid / IDX Small-Mid Cap Liquid Index

Indeks yang mengukur performa harga dari saham-saham dengan likuiditas tinggi yang memiliki kapitalisasi pasar kecil dan menengah. Konstituen Indeks IDX SMC Liquid diambil dari konstituen Indeks IDX SMC Composite

Jenis-jenis indeks yang ada di Bursa Efek Indonesia
Jenis-jenis indeks yang ada di Bursa Efek Indonesia

Indeks IDX High Dividend 20/ IDX High Dividend 20 Index

Indeks harga atas 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividend yield yang tinggi.     

Indeks IDX BUMN20/ IDX BUMN20 Index

Indeks yang mengukur performa harga harga atas 20 saham perusahaan tercatat yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan afiliasinya.        

Indeks Saham Syariah Indonesia/ Indonesia Sharia Stock Index (ISSI)

Indeks yang mengukur performa harga seluruh saham yang dinyatakan sebagai saham syariah sesuai dengan Daftar Efek Syariah (DES) yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keungan (OJK).

ISSI dilakukan seleksi ulang sebanyak dua kali dalam setahun, setiap bulan Mei dan November, mengikuti jadwal review DES.

Jakarta Islamic Index (JII)

Indeks yang mengukur performa harga dari 30 saham-saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.

Jakarta Islamic Index 70 (JII70)

Indeks yang mengukur performa harga dari 70 saham-saham syariah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.

Indeks Sektoral

Indeks yang mengukur performa harga seluruh saham dari masing-masing sektor industri yang terdapat pada klasifikasi Jakarta Stock Industrial Classification (JASICA).

Indeks ini terdiri dari Indeks Pertanian, Indeks Pertambangan, Indeks Industri Dasar dan Kimia, Indeks Aneka Industri, Indeks Industri Barang Konsumsi, Indeks Properti, Real Estat, dan Konstruksi Bangunan, Indeks Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi, Indeks Keuangan, Indeks Perdagangan, Jasa, dan Investasi dan Indeks Manufaktur 

Indeks Papan Pencatatan (Board Index)

Indeks yang mengukur performa harga seluruh saham tercatat sesuai dengan papan pencatatannya yaitu Utama dan Pengembangan.

Suatu saham masuk pada papan pencatatan Utama atau Pengembangan sesuai dengan ketentuan pencatatan saham di BEI. Indeks ini terdiri dari Indeks Papan Utama (Main Board Index), Indeks Papan Pengembangan (Development Board Index)

Indeks BISNIS-27

Indeks yang mengukur performa harga dari 27 saham–saham yang dipilih oleh Komite Indeks Bisnis Indonesia.

Indeks BISNIS-27 diluncurkan berkerja sama dengan perusahaan media PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit surat kabar harian Bisnis Indonesia).

Indeks PEFINDO25

Indeks yang mengukur performa harga saham dari 25 emiten kecil dan menengah yang memiliki kinerja keuangan yang baik dan likuiditas transaksi yang tinggi.

Indeks PEFINDO25 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO).

Indeks SRI-KEHATI

Indeks yang mengukur performa harga saham dari 25 emiten yang memiliki kinerja yang baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran terhadap lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola perusahaan yang baik atau disebut Sustainable and Responsible Investment (SRI).

Indeks SRI-KEHATI diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI).             

Indeks infobank15

Indeks infobank15 adalah indeks yang terdiri dari 15 saham perbankan yang memiliki faktor fundamental yang baik dan likuiditas perdagangan yang tinggi.

Indeks infobank15 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media PT Infoartha Pratama (penerbit Majalah Infobank).                

Indeks SMinfra18

Indeks SMinfra18 adalah indeks yang terdiri dari 18 saham yang konstituennya dipilih dari sektor­sektor infrastruktur, penunjang infrastruktur, dan pembiayaan infrastruktur (dari sektor perbankan) yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu.

Indeks SMinfra18 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI).

Indeks MNC36

Indeks yang terdiri dari 36 saham yang memiliki kinerja positif yang dipilih berdasarkan kapitalisasi pasar, likuiditas transaksi, dan fundametal serta rasio keuangan.

Indeks MNC36 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media Media Nusantara Citra (MNC) Group.

Indeks Investor33

Indeks yang mengukur performa harga 33 saham yang dipilih dari 100 (seratus) Perusahaan Tercatat terbaik versi Majalah Investor yang dipilih berdasarkan kapitalisasi pasar, likuiditas transaksi dan fundamental serta rasio keuangan.

Indeks Investor33 diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan media PT Media Investor Indonesia (penerbit Majalah Investor).

Indeks PEFINDO i-Grade / PEFINDO Investment Grade Index

Indeks yang mengukur performa harga dari 30 saham emiten-emiten yang memiliki peringkat investment grade dari PEFINDO (idAAA hingga idBBB-) yang berkapitalisasi pasar paling besar. Indeks PEFINDO i-Grade diluncurkan dan dikelola berkerja sama dengan perusahaan pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO)

Leave a Reply