ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +34-354-5468-8
Info@pintarsaham.id
Sertifikat International
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 5 tahun
Kontak Kami

Saham Terbaik 2020 

Tahun 2020 diawali dengan adanya wabah yang awalnya hanya menyerang satu negara saja. Wabah ini kemudian menyebar dan membuat hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

Mulai dari lockdown hingga pembatasan pertemuan yang menyebabkan banyak sektor usaha mengalami kelumpuhan. Sektor pariwisata misalnya untuk pertama kalinya banyak hotel yang memutuskan penutupan sementara hingga waktu yang belum ditentukan.

Tanpa adanya wabah pun sebenarnya proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tidaklah setinggi tahun 2019 apalagi adanya wabah yang menyerang seluruh negara di dunia.

Seperti yang kita tahu pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 juga hanya sebesar 2,97% yang merupakan pertumbuhan ekonomi terendah sejak 2001.

Bagaimana dengan pasar modal Indonesia? Tahun 2020 IHSG juga ditandai dengan rekor penurunan terbesar dalam waktu tercepat pada Maret 2020.

Untungnya IHSG bisa rebound dan saat ini hingga posisi tanggal 8 Mei 2020 sudah berada di angka 4.597. Bagaimana dengan saham-saham yang ada di Bursa Efek Indonesia?.

Tentu saja jika dibandingkan dengan posisi pada awal tahun hampir semuanya minus khusus untuk big cap dan saham lapis 2.

Tapi ternyata jika kita cek lebih rinci lagi khusus untuk saham dengan kapitalisasi pasar diatas 20 Triliun (mengapa saya menggunakan angka ini karena jika dibawah kapitalisasi pasar tertentu kecenderungan saham tersebut akan mudah digoreng sehingga kenaikannya menjadi kurang valid).

Dari penyaringan dengan syarat harus minimal kapitalisasi pasar sebesar 20 Triliun diperoleh 4 saham terbaik 2020 yang harga sahamnya malah naik jika dibandingkan dengan posisi sejak awal tahun hingga tanggal 8 Mei 2020. Oke kita bahas sekilas satu persatu saham tersebut : 

  • DNET (PT Indoritel Makmur Internasional, Tbk) 

Harga saham DNET secara Year to Date +15,31% . Mengejutkan memang karena saham ini jika dilihat dari grafiknya tidak likuid mungkin karena proporsi saham free floatnya yang rendah hanya di angka 7,53%. Kapitalisasi pasar DNET ada di angka 50,2 Triliun 

Baca juga artikel : Apa yang dimaksud dengan free float dalam saham ? 

Tapi siapa yang tidak tahu dengan merek Indomaret salah satu waralaba minimarket yang jumlahnya mencapai 16ribuan gerai di seluruh Indonesia. DNET juga menjadi pemegang saham perusahaan go public lainnya yaitu FAST (KFC Indonesia) dan ROTI (Sari Roti). Bisa dilihat dari gambar ini :

 

Sekilas Indomaret
Sekilas Indomaret

Seorang trader tentu menghindari membeli saham ini karena tidak terlalu likuid. Untuk investor jika melihat valuasi sahamnya saat ini belum terlalu menarik. Pertumbuhan laba bersihnya juga belum bisa dikatakan diatas rata-rata.

Sentimen dengan adanya pembatasan sosial dan penutupan toko ritel offline membuat masyarakat lebih mengutamakan belanja kebutuhan pokoknya di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

Tapi sekali lagi jika melihat valuasinya saya belum berminat untuk masuk ke DNET meskipun kalau membeli saham ini seperti membeli 3 saham sekaligus yaitu FAST dan ROTI. Kebijakan pemberian dividennya tidak rutin malah jarang bagi dividen, terakhir membagikan dividen di tahun 2016

  • MYOR (PT Mayora Indah, Tbk)

Saham terbaik 2020 ke dua jika diurutkan dari kapitalisasi pasarnya adalah MYOR. Harga saham MYOR secara Year to Date tumbuh sebesar 3,90%. Tidak setinggi DNET memang namun tentu saja hal ini benar-benar melawan arus IHSG yang minus 27%.

Untuk profil lengkap MYOR bisa dibaca di artikel berikut : Profil Perusahaan Mayora Indah (MYOR)

Dalam teori pasar efisien ada yang disebut dengan nilai beta. Jika nilai beta suatu saham tergolong minus maka saham tersebut pergerakannya akan melawan arus pasar atau indeks.

Tapi untuk kali ini saya tidak membahas nilai beta karena itu terlalu panjang dan ada rumusnya jadi kita pake analisa sederhana saja dulu.

GRafik Harga Saham MYOR
GRafik Harga Saham MYOR

Secara teknikal sebenernya juga kenaikan harga pada jumat lalu tidak disertai dengan volume yang tinggi.

Dari sisi valuasi, kinerja untuk kuartal 1 2020 belum keluar tapi jika dilihat dari hanya tahun 2019 saja maka memang ada pertumbuhan laba MYOR tapi akan lebih valid lagi jika kita menunggu laporan kuartal 1 2020 mengingat apa yang terjadi di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sehingga mengambil keputusan pun harusnya lebih berhati-hati lagi. 

Laporan tahunan 2019 saham MYOR juga belum dipublikasikan sehingga belum layak untuk dilakukan analisa saham secara fundamental lebih detail. Kapitalisasi pasar MYOR saat ini adalah sebesar 47,6 Triliun. 

  • TOWR (PT Sarana Menara Nusantara Tbk)

Saham Terbaik 2020 berikutnya adalah TOWR dengan kenaikan harga saham sejak awal tahun 2020 sebesar 9,94%. Kapitalisasi pasar saham TOWR saat ini di angka 44,4 Triliun. Secara valuasi saham ini juga belum bisa dikatakan lagi murah banget.

Pertumbuhan labanya memang positif sejak tahun ke tahun tapi karena kuartal I 2020 belum keluar jadi belum layak untuk menyimpulkan seperti apa proyeksinya.

Secara teknikal hampir menyentuh harga saham all time highnya.

Apakah kenaikan harga saham TOWR hanya karena sentimen pembagian dividen? bisa saja, atau TOWR dianggap diuntungkan dengan adanya penerapan WFH? karena perusahaan ini bergerak di sektor menara telekomunikasi.

Akan menarik jika membahas saham TOWR lebih detail lagi secara valuasi jika laporan kuartal 1 2020 sudah keluar, atau sahabat pintar saham punya ide saham apa yang harus dibahas detail?. Silakan isi di kolom komentar saham yang ingin dianalisa.

Jika dilihat dari pemegang sahamnya TOWR memiliki afiliasi dengan Grup Djarum. 

  • MDKA (PT Merdeka Copper Gold Tbk)

Saham Terbaik 2020 berikutnya jika dilihat dari kapitalisasi pasar diatas 20 Triliun adalah saham MDKA. Perusahaaan ini bergerak di sektor pertambangan. Saham MDKA sudah naik sebesar 14,02% dan memiliki kapitalisasi pasar sebesar 26,7 Triliun.

Wah yang ini agak menarik karena 3 emiten lainnya sepertinya nyambung dengan kondisi pembatasan sosial yang sedang terjadi karena sektor ritel , telekomunikasi dan consumer goods sedangkan MDKA sendiri yang sektor tambang. 

Apakah karena adanya sentimen kenaikan harga emas maka saham MDKA juga ikut naik?

Saham Terbaik 2020
Saham Terbaik 2020

Jika dilihat dari laporan tahunan MDKA di 2019 memang perusahaan ini menyampaikan bahwa pengembangan deposit tembaga emas Porfiri Tujuh Bukit salah satu deposito tembaga dan emas porfiri terbesar dunia yang sedang dikembangkan. Jika dilihat dari laba komprehensif MDKA di tahun 2019 malah menurun jika dibandingkan tahun 2018.

Apabila kita lihat menggunakan analisa teknikal maka saham MDKA menyentuh support dan RSI sudah masuk area Oversold. Candlestick juga sudah diatas MA 200. Tapi sayangnya volume tidak terlalu kuat karena berada dibawah rata-rata. Jadi jika saya ditanya beli apa gak besok maka jawabannya lihat saham yang lain dulu deh.  

Kesimpulan Saham Terbaik 2020

4 Saham Terbaik 2020 ini kriteria awalnya adalah harus memiliki kapitalisasi pasar diatas 20 Triliun. Jadi sahabat pintar saham tidak akan menemukan saham yang naiknya hingga ratusan persen yang sebenarnya jika kriterianya saya ubah tidak menggunakan kapitalisasi pasar maka ada banyak saham yang harganya naik tinggi di tahun ini bahkan hingga ratusan persen.

Mencoba menggunakan kapitalisasi pasar berarti kita meminimalisir membeli saham yang “digoreng”. Untuk di tahun 2020 ini akan lebih disarankan memilih saham blue chip mengingat peluang penurunan IHSG akan sangat mungkin terjadi di kuartal 2 ini.

Semoga wabah ini segera selesai dan kehidupan normal kembali.

Jika sahabat pintar saham ingin berdiskusi secara private bisa ikutan gabung ke grup Telegram Priority Clubnya Pintar Saham dengan hanya Rp 25ribu saja per bulan (masih lebih murah dibanding beli pulsa sebulan kan?). Silakan klik link berikut dan mari menjadi bagian investor saham yang cerdas dalam memilih investasi saham.

Jangan lupa untuk berlangganan Youtube Channel Pintar Saham, memfollow Instagram Pintar Saham dan menyukai Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia untuk mendapatkan perkembangan informasi saham yang terupdate.

1 Response
  1. Jangan lupa jika ingin merequest saham yang mau dianalisa bisa melalui kolom komentar,, karena ada banyaknya permintaan akan dilayani berdasarkan polling terbanyak 😁. Gabung ke Priority Member Telegram agar lebih fast track 😀

Leave a Reply