3 Alasan Mengapa Kita Perlu Perencanaan Investasi

Mengapa Perlu Perencanaan Investasi

Perencanaan Investasi itu diperlukan tentunya dengan banyak alasan. Perencanaan investasi merupakan salah satu bagian dari perencanaan keuangan. Melakukan perencanaan investasi tujuannya adalah agar bisa mengalokasikan asset kekayaan yang dimiliki ke tempat yang benar. Hasil akhirnya tentu saja asset tersebut dapat menambah kekayaan.

| Baca juga artikel : 3 alasan mengapa harus berinvestasi

Perencanaan investasi dapat membantu anda :

# Menghasilkan pendapatan dan atau kenaikan nilai dari asset yang dimiliki

Adanya perencanaan investasi maka kita jadi lebih aware dengan apa yang harus dilakukan dengan asset yang sudah dimiliki dan apa yang bisa dilakukan agar memiliki asset yang diinginkan.

Mengalokasikan asset sesuai dengan tujuan, usia, kebutuhan serta apa yang dimiliki saat ini tentu akan lebih maksimal dibandingkan secara acak memilih investasi yang tepat. Click To Tweet

Perencanaan investasi bisa membantu hal ini dengan mendesain apa yang memang jadi kebutuhan dari investor

Mengapa Perlu Perencanaan Investasi
Mengapa Perlu Perencanaan Investasi

# Membuat masa depan yang lebih baik dari sisi investasi

Bisa dibayangkan jika seandainya berinvestasi tanpa tujuan dan alokasi, yang ada bisa saja kita terlalu banyak mengalokasikan ke jenis investasi yang berisiko padahal kebutuhannya untuk jangka pendek.

Mengalokasikan asset bisa dikatakan juga sebagai salah satu cara mendiversifikasikan asset yang dimiliki agar risiko seminimal mungkin. Ingat risiko dalam investasi itu tidak ada yang nilainya nol, yang ada diminimalisir. Click To Tweet

Jadi jika ada yang menawarkan investasi dengan risiko nol dan return besar maka silakan dicek apakah investasi tersebut legal atau tidak 😀

3 Alasan Mengapa Perencanaan Investasi diperlukan
3 Alasan Mengapa Perencanaan Investasi diperlukan

# Hemat pajak

Salah satu hal yang juga bisa diselesaikan dengan melakukan perencanaan keuangan pribadi adalah penghematan pajak. Maksudnya disini adalah bagaimana menghasilkan investasi yang pajaknya serendah mungkin sehingga hasilnya menjadi lebih baik.

Contoh penerapan pajak di berbagai jenis investasi di Indonesia :

  • Tabungan , Deposito pajak 20%
  • Obligasi pajak 15%
  • Reksadana pajak 0%
  • Dividen saham pajak 10%

| Baca juga artikel : Keuntungan berinvestasi saham

Kesimpulan :

Perencanaan investasi merupakan hal yang penting sebelum memulai berinvestasi. Di Indonesia hal seperti perencanaan investasi masih belum terlalu dianggap penting karena ketidaktahuan masyarakat. Adanya perencanaan investasi meningkatkan peluang keberhasilan investasi yang kita lakukan karena dilakukan alokasi asset yang baik dan sesuai dengan profil individu investor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *