10 Tips Keuangan dari Robert Kiyosaki

10 Tips Keuangan Robert Kiyosaki

Tips keuangan terbaik dari Robert Kiyosaki ini diambil dari berbagai artikel.

Robert Kiyosaki merupakan salah satu orang terkenal di dunia dalam bidang keuangan pribadi karena bukunya yang berjudul “Rich Dad Poor Dad”.

Salah satu hal yang ia sebutkan di buku tersebut adalah seorang karyawan tidak akan bisa menjadi kaya dari hanya menjadi seorang karyawan dari jam 9 hingga 5. Haruslah memiliki investasi atau penghasilan lain di luar gaji yang diterima. 

Pendidikan Keuangan atau Financial Literacy
Pendidikan Keuangan atau Financial Literacy

Berikut merupakan 10 tips keuangan terbaik dari seorang Robert Kiyosaki :

  • Pendidikan keuangan atau literasi keuangan merupakan kunci dari kesejahteraan

Seorang Robert Kiyosaki memiliki passion dibidang mengajar. Ia membuat papan permainan Cash Flow dan perusahaan Rich Dad Company yang bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal keuangan. Papan permainan tersebut didesain untuk mensimulasikan strategi keuangan di kehidupan sehari-hari.

  • Pegang kendali terhadap keuangan anda

Hanya kita sendiri yang paling peduli tentang kondisi keuangan kita sendiri bukan?. Apakah anda bisa menjadi tuan atau malah budak dari uang itu sendiri.

  • Bayar Terlebih Dulu Diri Sendiri

Buatlah anggaran keuangan tiap bulannya. [Tweet "Ingat untuk selalu membayar diri anda sendiri diawal dengan menyisihkan sejumlah uang secara rutin”].

  • Miliki Rencana dan Dana Darurat

Ketika kehilangan pekerjaan, pengurangan dalam penghasilan, kondisi medis yang memerlukan uang ataupun kondisi yang tak terduga lainnya diperlukan suatu dana yang bersifat darurat.

[T[Tweet "Jumlahnya idealnya 6x pengeluaran bulanan untuk yang masih single atau belum menikah”]atau 12x pengeluaran bulanan untuk yang sudah berkeluarga.

  • Belilah Aset bukan Liabilitas

Untuk bisa bebas finansial, Kiyosaki merekomendasikan kita untuk menghabiskan uang dalam pembelian aset yang akan menghasilkan uang kembali contohnya property untuk disewakan kembali. Bisa juga berupa saham sehingga memeproleh dividen tiap tahun. Seseorang tidak akan bisa tumbuh kekayaannya jika hanya untuk dihabiskan dalam membeli mobil, pakaian dan liburan (kecuali kalau emang sudah kaya ya gapapa :D) 

Baca Artikel : Apa Itu Saham?

Kiyosaki juga menganggap rumah untuk ditempati sendiri bukan merupakan aset karena tiap bulannya ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan.

  • Buat Uang bekerja untuk Kita

Kiyosaki sering mengatakan bahwa menempatkan uang hanya di rekening tabungan tidak akan membuat kita kaya karena bunganya yang sangat kecil.

Investasikan lah uang yang kita punya. Pekerjakan uang yang dimiliki daripada kita hanya bekerja untuk uang seumur hidup kita.

Pahami mana Utang Baik mana Utang Buruk
Pahami mana Utang Baik mana Utang Buruk
  • Ketahui mana utang yang baik mana utang yang buruk

Tidak semua utang dikategorikan sebagai hal yang buruk. Salah satu contoh hutang yang baik versi Kiyosaki adalah membeli rumah yang menghasilkan pendapatan bulanan.

  • Belajar dari Kesalahan yang Sudah Pernah Dibuat

Orang yang sukses adalah orang yang selalu berlatih, berlatih, berlatih, gagal, gagal, gagal dan selanjutnya sukses.

  • Ambil Keuntungan ketika Pasar sedang Turun

Salah satu prinsip dalam investasi adalah membeli di harga rendah kemudian menjualnya di harga yang tinggi. Ketika pasar sedang turun sebenarnya ada peluang untuk membeli tentunya lakukan penelitian terlebih dahulu.

Baca Artikel : Analisis Fundamental Saham

10 Tips Keuangan dari Robert Kiyosaki
10 Tips Keuangan dari Robert Kiyosaki
  • Bekerja dalam Tim

[Twe[Tweet "Untuk sukses, anda memerlukan dukungan khususnya dalam dunia bisnis dan investasi”]ng merupakan hal yang penting untuk sukses, namun hal tersebut hanya salah satu komponen saja. Ada orang-orang yang dapat membantu suatu perusahaan untuk menjadi sukses.

Kiyosaki mengatakan bahwa perusahaannya merupakan suatu tim. Alasan mengapa seorang karyawan dan pengusaha perorangan seringkali gagal adalah karena mereka sendirian dalam menghadapi banyak tim yang solid. 

One thought on “10 Tips Keuangan dari Robert Kiyosaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat