ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 6 Agustus 2021: GDP Jump

Di postingan sebelumnya kita sudah bahas mengenai INA SWF yang semua dananya masih dalam bentuk deposito dan kita juga sudah membahas tentang EIDO, sebuah reksadana asing buatan Blackrock yang isinya adalah 80 saham Indonesia. Kita juga sudah bahas tentang BUKA yang akan listing hari ini.

Hari ini bahas apa ya? Bahas GDP Indonesia yang meroket? Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan ekonomi Indonesia mampu tumbuh 7,07 persen secara tahunan pada kuartal II 2021 sehingga berhasil keluar dari jurang resesi. Menurut mereka pertumbuhan itu komponen utama penopangnya berasal dari konsumsi rumah tangga dan investasi.

Penguatan GDP terjadi pada kelompok penjualan makanan, minuman, tembakau, sandang, suku cadang dan aksesoris, bahan bakar kendaraan, serta barang lainnya. Konsumsi tembakau meroket tapi laba HMSP dan GGRM anjlok. Suku cadang AUTO SMSM PRAS BOLT mungkin bisa dapat berkah juga. UNVR INDF juga harusnya bisa dapat cuan tapi sayangnya laba UNVR Anjlok dan INDF belum rilis LK.

Selain itu, juga tercermin dari penjualan mobil penumpang dan motor, masing-masing meroket 904,32 persen dan 268,64 persen. I look at you ASII IMAS dan semua multifinance serta penjual kendaraan WOMF ADMF BFIN CFIN MPMX TURI CARS

BPS menyebut meski GDP berhasil tumbuh 7,07 persen pada kuartal II 2021 kemarin, pertumbuhan ekonomi Indonesia belum mampu menciptakan banyak lapangan kerja. Berdasarkan data ketenagakerjaan per Februari 2021 tercatat bahwa mayoritas tenaga kerja Indonesia berada di sektor pertanian mencapai 29,59 persen, perdagangan 19,2 persen, dan industri pengolahan 13,6 persen. Sementara pada kuartal II 2021, pertumbuhan ketiga sektor ini bukanlah yang paling tinggi.

Tercatat, pertumbuhan sektor pertanian justru yang paling rendah, yaitu 0,38 persen. Sedangkan sektor perdagangan 9,44 persen dan industri pengolahan 6,58 persen.

Sementara BPS mencatat sektor yang tumbuh tinggi pada kuartal II adalah transportasi dan pergudangan mencapai 25,1 persen, akomodasi dan makan minum 21,58 persen, jasa lainnya 11,97 persen, dan jasa kesehatan 11,62 persen.

Apa yang bisa kita ambil dari laporan tersebut? Sektor yang booming sekarang adalah sektor transportasi dan pergudangan. Itu artinya ASII Astra dan IMAS Indomobil akan mendapatkan banyak pesanan kendaraan. Begitu juga dengan perusahaan pergudangan. Sektor yang butuh banyak tenaga kerja artinya banyak duit di sana.

Sektor akomodasi dan makan minum juga sudah menggeliat lagi bersama sektor kesehatan.

Sekarang tinggal bagaimana mempertahankan pertumbuhan di atas. Hanya satu cara untuk bisa mempertahankannya yakni dengan memutuskan rantai penularan Covid-19. Kebangkitan ekonomi hanya bisa dilakukan apabila PPKM berakhir dan membuka ekonomi seperti biasa lagi. Tapi itu semua tidak bisa terwujud jika cakupan vaksinasi kita masih di bawah 50%. Ayo segera lakukan vaksinasi.

Skydrugz Bot Radar
  • Sisa 18 saham yang masuk radar. Pertanda market sudah super bullish. Beberapa bulan lalu yang masuk radar biasanya di atas 50-an saham. Tapi sejak bulan ini jumlah saham yang masuk radar makin sedikit
  • POWR dan INDF masuk radar lagi. KAEF ternyata sudah PBV 1,99. WIKA sudah PBV 0,5.
  • Saham Bank yang masuk radar sisa MAYA. Bank lain sudah terbang ke langit. Sedangkan MAYA tidur.
  • Kawan tidur MAYA adalah HMSP GGRM UNVR.
  • INKP TKIM juga makin diskon dari hari ke hari. Kali aja bisa dapat lagi mereka di harga 3000.
  • MIKA juga tidur padahal sektor kesehatan menggeliat di Q2 2021.
  • Saham incaran saya yang ini saja:
  • Skydrugz Radar Agustus 2021 Rebalancing 2

Jika ingin mendapatkan data analisis kuartalan bisa pesan di sini dan jika ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply