ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 5/5/2021: Bear Go Home

Skydrugz Hit Prediction

Skydrugz Hit Prediction 4 Mei 2021

1. WIKA
10 hari

2. INCO
2 bulan

3. PTPP
15 hari

Orang sabar di sayang bandar.

Market Review

Kemarin market hijau tapi volume transaksi hanya 9,2 Triliun. PER IHSG 11,3. PER Bluechip 30,8. USDIDR 14.431. Oil 64 dollar. Ada lebih dari 200 emiten yang anjlok. 9 Emiten yang ARA. Makin hari makin sedikit emiten yang ARA. Yang ARB jauh lebih banyak lebih dari 10 emiten.

Saham seperti UNVR BUMI ALDO SNLK DUCK semuanya anjlok disertai dengan volume yang massive.

Namun emiten seperti TINS INCO ZINC BRMS MEDC justru naik dengan volume yang massive juga. Entah kebetulan atau tidak tapi volume break kemarin didominasi oleh saham mining. Untuk ZINC saya sudah mendeteksi saham ini memang akan naik karena divergence detector yang saya gunakan berhasil mendeteksinya beberapa hari sebelum rally. Saya waktu itu  berpikir rally ZINC hanya maksimal di 5-10% saja. Tapi ternyata rally-nya lebih dari 10%.

Keluarga PTPP juga lumayan banyak yang naik disertai big volume PTPP PPRE PPRO kompak naik. PTPP Family ini juga masih related dengan mining karena ada anak usaha PTPP yang berhubungan langsung dengan sektor mining dan energi. PTPP sendiri saya pikir hanya maksimal di 5% saja rally-nya tapi mungkin saja saya salah. Apalagi LK PPRE di Q1 2021 not bad. Jadi let’s see apakah rally PTPP Family akan berlanjut atau hanya stuck di 5% saja.

Di saat banyak yang mengalami ketakutan untuk belanja seperti ini justru itulah saatnya untuk mulai belanja saham yang memiliki fundamental yang strong. Tapi fundamental saja tidak cukup. Harus disertai dengan valuasi yang murah. Saat ini sudah banyak yang mulai ketakutan beli saham konsumer yang lagi diskon seperti UNVR, HMSP, GGRM, ULTJ, ICBP, INDF. Sudah banyak yang lost faith sama saham konsumer. But that’s okay karena other people desperation is discount for another.

Saya percaya di setiap IHSG merah di sana ada kesempatan untuk buy selot-selot. Penderitaan yang kita tanggung saat ini di IHSG akan menjadi kebahagian di masa depan. Nanti tinggal diceritakan ke anak cucu bahwa dulu pernah beli saham IHSG waktu semua orang lagi ketakutan untuk beli.

Kalau memang sudah bosan dengan IHSG, bisa cari peluang di instrumen lain seperti reksadana, obligasi, deposito, emas atau real estate. Kalau mau ekstrim, bisa daftar di kripto di sini. Lalu gabung komunitas kripto. Atau sekalian daftar di saham luar negeri. Atau sekalian saja koleksi janda bolong, cupang atau batu akik. YPC YOLO YOLO. Tapi di manapun kita melakukan investasi atau spekulasi, kesabaran adalah kunci utama. Harus siap mental jika koreksi terjadi, karena market tidak selamanya bisa akan up. There will be one down, two down or even thousand down. Kalau tidak siap menghadapi koreksi maka jangan pernah berpikir untuk melakukan investasi. Seperti di kripto dan saham Amerika Serikat, harga bisa anjlok >50% dalam sehari. Kalau tidak siap dengan itu, jangan pernah sentuh kripto dan saham.

Skydrugz Bot Radar

Total ada 36 saham yang masuk radar kali ini. 9 di antaranya adalah saham LQ45 yakni BBRI, UNVR, TPIA, UNTR, KLBF, GGRM, INKP, PBTA dan BBTN.

Satu-satunya saham mining yang masuk radar kali ini adalah PTBA. Dan tak ada satupun saham AGRI yang masuk dalam radar. Dari Basic-Industry hanya 3 saham yang masuk yakni INKP SMBR dan TPIA. Hanya INKP yang PBV di bawah 1 di antara ketiga emiten tersebut.

Dari aneka industri ada BELL dan SRIL yang masuk radar. Tapi saya pass saja kedua emiten ini. Saya biasanya berani masuk saham yang distressed seperti SRIL dan BELL. Tapi untuk kali ini saya pass karena dana saya terbatas.

Saham konsumer total ada 6 saham yang masuk radar yakni GGRM UNVR KLBF HRTA VICI dan CAMP. Saya suka semua emiten konsumer kecuali HRTA.

Untuk saham property yang masuk radar adalah SSIA, ASRI, TOTL dan ACST. Secara PBV semuanya sudah PBV kurang dari 1 kecuali ACST.

Dari sektor infrastruktur hanya BALI yang masuk radar. Mungkin saya perlu buyback lagi BALI.

Radar kali ini banyak diisi oleh finance. Total ada 16 emiten finance yang masuk radar. Nampaknya penyebab utama IHSG diskon adalah sektor finance. BBRI BBTN BNGA PNBN BJBR MAYA BRIS BBKP BFIN AGRO BACA AMAR BNBA semuanya diskon.

Dari sektor trader terdapat 5 emiten yang masuk radar yakni UNTR SPTO MDIA IRRA dan HKMU.

What To Buy?

Untuk saham Indonesia, saat ini saya fokus tambah posisi di META dan BISI. Saya rencananya menjadikan keduanya sebagai core stock. Satu saham infrastruktur dan satu saham pangan. Negara butuh keduanya. Tapi melihat diskin kemarin sepertinya saya jdi tertarik membeli UNVR TOTL dan KLBF lagi.

Untuk kripto, saya trading di USDT dan BNB saja karena harga keduanya stabil. Cari cuan 2-5% tiap 3 hari lebih mudah.

Untuk saham luar negeri, saya keep hold Google, Coca Cola dan Russell 2000. Belum tambah posisi. Gunakan token Gotrade: 805963. Jika Ingin trading saham Luar Negeri di Aplikasi Gotrade

 

Artikel Skydrugz Yang Lainnya Tentang Kripto dan Investasi di Luar Negeri:

1. Cara Deposit di Binance. 

2. Cara Daftar di Akun Kripto Agar Bisa Beli Bitcoin dan Dogecoin

3. Cara trading di market luar negeri. Gunakan token Gotrade: 805963. Jika Ingin trading saham Luar Negeri di Aplikasi Gotrade 

4. Cara Beli Saham TSLA di Binance

5. Cara Mendapatkan Passive Income dari Binance: Menabung Kripto dapat Bunga Seperti Menabung di Bank

6. Teknik Trading di Binance

7. Menjaga Psikologi Agar Tetap Waras

8. Mengenai Pajak Dividen Saham Yang Dibeli di Luar Negeri

9. Tentang Pajak Dividen

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram.

Setelah mengisi form, bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Bagi yang mau buka akun Kripto bisa di Binance atau Tokokripto pakai link di sini.

Bagi yang mau join grup kripto bisa isi form PintarKripto.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply