ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 30 Juli 2021: Akhir Bulan

Skydrugz Radar 30 Juli 2021: Akhir Bulan

Bulan Juli 2021 hampir berakhir. IHSG di level 6000-an, Oil 72 dollar dan USDIDR 14.436. ARB masih asimetris, jam bursa masih pendek. Beberapa reksadana dan Asuransi gagal bayar masih berjalan proses likuidasinya. Kasus Asabri Jiwasraya masih on the way. Banyak fund manager yang dijadikan tersangka di kasus Asabri. Nampaknya diskon IHSG masih akan berlanjut kalau 10 fund manager ini di eksekusi oleh kejaksaan.

Kesepuluh tersangka korporasi manajer investasi yaitu PT IIM, PT MCM, PT PAAM, PT RAM, dan PT VAM. Kemudian, PT ARK, PT OMI, PT MAM, PT AAM, dan PT CC. Total kerugian negara di Asabri adalah 22,78 Triliun. Duit yang sangat banyak.

Jika punya duit sebanyak itu saya bisa menyumbang ke negara 2 Triliun seperti keluarga Akidi Tio. Sisanya saya belikan sukuk untuk membantu utang negara. Terus hidup tentram dari kupon sukuk saja. Eh  sukuk ndak pakai istilah kupon tapi bagi hasil. Mirip sih dengan kupon obligasi. Duit sukuk atau obligasi 20 Triliun, kupon 5% setahun = 1 Triliun/tahun = 83 milyar per bulan. Rasanya itu cukup untuk foya – foya seumur hidup. Duit 20 Triliun cukup untuk borong semua saham IPO Bukalapak. But well, berhubung kita tidak punya duit sebanyak itu maka kita cukup bermimpi saja.

HMSP GGRM sudah rilis Laporan Keuangan Q2 2021. Cukai naik tapi keduanya gagal menaikkan harga jual produk lebih tinggi dari kenaikan cukai. Akibatnya beban Penjualan meningkat dan ujungnya laba tergerus. Volume penjualan naik tapi di produk yang margin labanya lebih tipis. Memang problematic. Saya tunggu saja diskon HMSP di 800 lagi, kalau perlu ke 100 juga tidak apa-apa. HMSP adalah agen pemerintah. Di Q1 2021 saja mereka bayar cukai ke negara sampai 30 Triliun. Sedangkan laba untuk investor hanya 4 Triliun. HMSP lebih BUMN ketimbang BUMN. Cari perusahaan BUMN mana yang setoran ke negara sampai 30 Triliun dalam 6 bulan. Para perokok mensponsori negara.

Sunset Industry rokok bersama CPO dan coal yang saat ini menyokong negara. Sumber pendapatan negara terbesar di H1 2021 berasal dari tiga industri sunset.

Skydrugz Bot Radar
  • ASII PBV 0,9 ASGR PBV 0,59
  • ENRG MEDC diskon ketika oil 72 dollar
  • Keluarga WIKA diskon barengan: WIKA WTON WEGE
  • Keluarga obat SOHO KLBF diskon
  • Old economy UNVR GGRM HMSP kena dump massive. Sepanjang 2021 nampaknya adalah tahun pembantaian trio macan UNVR GGRM HMSP. Isu akuisisi Japan Tobacco ke GGRM tiba – tiba hilang.
  • Duo semen SMGR INTP juga diskon. Teruskan diskon nya sampai 5000. Biar masuk budget belanja.

Daftar menjadi Nasabah Pintarsaham.id di sini

Disclaimer:

  • Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

 

Leave a Reply