ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 20 Agustus 2021: Google dan Pfizer

Skydrugz Radar 20 Agustus 2021: Google dan Pfizer

Meroket nya kasus Covid-19 di AS dan ketakutan akan tappering membuat orang – orang ramai melego sahamnya. Saya justru tetap hold saham. Terutama saham teknologi seperti Google dan saham farmasi seperti Pfizer karena keduanya akan tetap dibutuhkan selama fase new normal. Di masa depan mungkin kita harus melakukan vaksinasi Covid-19 secara berkala tiap tahun dan jika itu terjadi maka pemenang masa depan adalah perusahaan seperti Pfizer dan Moderna yang akan mendapatkan recurring income.

Setelah paten Viagra berakhir, Pfizer harus mencari obat blockbuster untuk menjaga revenue dan kini mereka mendapatkan vaksin mRNA.

Sedangkan untuk Google, cukup melakukan bisnis as usual saja. Tidak seperti Apple yang mayoritas Revenue berasal dari penjualan iPhone dan ekosistemnya maka Google memiliki revenue yang lebih terdiversifikasi seperti Google Adword dan iklan pencarian, Google Adsense, Google Fiber, Google Nest dan Google Verily.

Sumber duit mereka dari 5 lini di atas digunakan untuk membiayai proyek bakar duit mereka di berbagai startup G Ventures. Dari berbagai startup ini Google menghasilkan revenue 657 juta dollar tapi dengan kerugian 4,5 Milyar dollar. Dengan laba bersih komprehensif 40 milyar dollar di 2020, maka kerugian akibat bakar duit di Startup Google dapat termaafkan.

Memang harus seperti itu bisnis yang baik. Yang sehat mensubsidi yang lagi sakit karena yang lagi sakit ini jika di-IPO kan maka bisa jadi sumber duit baru bagi Google. Google tidak perlu melakukan right issue ataupun private placement lagi karena cadangan kas mereka cukup untuk membiayai ekspansi mereka. Langkah Google ini diikuti juga oleh TLKM yang melakukan investasi startup via MDI dan TMI. Cashflow mereka dari bisnis operator telekomunikasi digunakan sebagian untuk bakar duit di Startup seperti Kredivo, Payfazz, dll.

Saat ini Google di harga 2713 dollar, memiliki PER 27 dan growth 150%.

Pfizer di harga 48,8 dollar, memiliki PER 20 dan growth 50%

TLKM di harga 3390, PER 16 dan growth 80%.

Jadi mau tappering atau tidak, we stay invest in stocks market.

Skydrugz Bot Radar
  • Yang masuk radar hari ini hanya 27 perusahaan.
  • Kepanikan yang melanda dunia karena isu tappering membuat market mengalami diskon
  • Oil related diskon seperti MEDC SOCI ELSA
  • Healthcare related juga diskon KAEF INAF SILO MIKA
  • Pulp related INKP TKIM
  • Staples related UNVR GGRM CLEO HMSP WIIM
  • ELSA sudah berada di hari kedua Radar. HMSP sudah masuk radar sejak 1 minggu yang lalu. Sedangkan WIKA masuk radar sejak 5 hari yang lalu

Jika ingin mendapatkan data analisis kuartalan bisa pesan di sini dan jika ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply