ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Radar 19 Agustus 2021: Bank Sentral

Skydrugz Radar 19 Agustus 2021: Bank Sentral

Ide mengenai bank sentral lahir setelah terjadinya kepanikan bank di Amerika Serikat. Waktu itu akibat banyak orang yang melakukan spekulasi berlebihan dengan menggunakan duit pinjaman bank maka  begitu spekulasi tersebut berakhir buruk maka semua orang kekeringan likuiditas. Bank kehabisan duit karena mereka sudah meminjamkan dana ke lembaga pembiayaan sedangkan nasabah juga kehabisan duit setelah kalah dalam spekulasi. Lembaga pembiayaan yang sudah mendanai spekulasi para nasabah kemudian berlomba-lomba menarik dana dari bank. Mereka mau mengambil apa yang tersisa tapi ternyata semua orang memikirkan hal yang sama dan akhirnya sistem bank di Amerika Kolaps.

Kolaps nya perbankan juga berujung pada Pasar saham. NYSE nyaris tutup karena tidak ada likuiditas yang dapat digunakan untuk settlement transaksi.

Dalam kekacauan itu JP Morgan, Rockefeller dan kawan – kawannya datang meminjamkan duit ke semua bank di New York. Dan akhirnya kekacauan tersebut berhasil teratasi namun dengan banyak korban berjatuhan, bangkrut dan bunuh diri. Sejak berabad-abad lalu kisah spekulasi karena pengen cepat kaya seringkali berujung bencana. Nothing new under the sun.

Karena tidak mau di masa depan hal tersebut terulang kembali dimana banker terpaksa harus menggunakan dana pribadi untuk bail out krisis maka JP Morgan dan Rockefeller mengusulkan agar pemerintah AS mendirikan bank sentral yang tugasnya menjaga money supply dan likuiditas. Nama usulan tersebut adalah Aldrich Plan, yang kemudian menjadi dasar pendirian Bank Sentral di 1913. Dan itu menjadi contoh pendirian bank sentral di negara lain.

Panik bank di 1907 kemudian terjadi lagi di 2008. Mirip juga penyebabnya yakni spekulasi yang berlebihan. Dan korban berjatuhan juga banyak. Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah spekulasi yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan kantong.

Skydrugz Bot Radar
  • Hanya 31 saham yang masuk radar hari ini.
  • Hanya 9 saham LQ45. HMSP GGRM INKP UNVR MEDC WIKA TKIM BSDE MIKA
  • Agak aneh melihat WIKA menjadi satu – satunya karya yang masuk radar. Biasanya Karya masuk radar selalu bersamaan. Apalagi sekarang WIKA Realty sudah menjadi holding induk hotel BUMN. Pulihnya pariwisata dan meredanya Covid-19 adalah momentum yang dapat memperbaiki kinerja semua industri perhotelan di seluruh Indonesia.
  • GGRM perusahaan dengan revenue 60 Triliun dan laba 2,3 Triliun dalam 6 bulan hanya diberikan valuasi PBV 0,98 dan PER 12,69 oleh market. Begitu juga dengan HMSP. Semua terjadi karena pemerintah berniat menaikkan cukai di 2022. Dan semua investor pesimis kalau nanti GGRM HMSP WIIM akan bangkrut jika cukai naik terus.
  • Demam teknologi nampaknya sudah mereda. Melihat EMTK MLPL MPPA yang sekarang masuk radar terlihat sangat aneh. Beberapa bulan lalu rasanya mustahil melihat ketiga saham pionir teknologi ini masuk bersamaan ke dalam Skydrugz Radar. But here we are now.
  • KAEF INAF SILO MIKA diskon bareng PCR.
  • BULL SOCI MEDC ELSA diskon bareng oil.
  • WIKA HMSP ELSA

Jika ingin mendapatkan data analisis kuartalan bisa pesan di sini dan jika ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply