ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Insights 26 Maret 2021: Nothing New Under The Sun

Skydrugz Insights 26 Maret 2021: Nothing New Under The Sun

Kemarin banyak yang panik. Ada yang panik sell, ada yang panik buy.

Yang panik sell merasa kiamat sudah dekat karena Covid-19 makin ganas. Mereka mau jual semua asset untuk persiapan menghadapi kiamat.

Yang panik buy merasa IHSG masih murah dan masa depan Indonesia masih cerah. Belum akan ada meteor yang jatuh ke bumi.

Investasi memang masalah keyakinan akan masa depan. Kalau tidak yakin dengan masa depan, tidak perlu memaksakan diri untuk investasi. Hanya orang yang yakin dengan masa depan yang bisa investasi.

Dari hasil pantauan Skydrugz Radar, banyak saham yang anjlok kemarin dengan volume rendah. Tercatat 138 emiten anjlok tanpa volume. Dan 154 emiten stagnan juga tanpa volume.

Sebagai contoh $ARTO transaksi harian di saham ini biasanya 100 Milyar. Kemarin hanya 42 M. Entah yang goreng sudah kehabisan dana atau karena mereka juga wait and see.

Di $BSDE juga transaksi biasanya 40 M sehari, kemarin hanya 19 M.

Di $TOWR transaksi biasanya 110 M, kemarin hanya 33 M.

Hanya 26 emiten yang anjlok disertai volume break kemarin. Yang signifikan di MARI dan BOGA.

Dan 28 emiten yang naik disertai volume break. Yang signifikan hanya ERAA

Jadi overall market Kemarin memang super sunyi.

Saat ini berita dipenuhi hal pesimis sama seperti Maret 2020 yang lalu. Bahkan emas dan Bitcoin pun anjlok. Persis seperti tahun lalu. Padahal kondisi saat ini jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. 2020 banyak perusahaan yang berhasil melewatinya dengan tetap mencetak laba.

Jadi saya tetap percaya dengan masa depan IHSG. Tapi kalau dikasi BBCA di harga <28k lagi, saya tidak menolak. 😂😂😂

Bikin program Menabung Selot Sehari agar tidak galau.

Pilih 1-5 saham saja untuk dijadikan tempat fokus menabung. Semua bearish ini akan berlalu dan kalian akan lupa pernah mengalami pasar Bearish Ketika market bullish lagi.

Selalu akan seperti itu. Nothing new under the sun.

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply