ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Corner: Robin Hood Effect

Robin Hood Effect adalah suatu fenomena di mana orang miskin mendapatkan keuntungan dari kerugian yang dialami oleh orang yang lebih kaya. Istilah ini lahir dari kisah Robin Hood, dimana dalam kisah tersebut, Robin Hood mencuri dari orang kaya lalu hasil curiannya dibagikan ke orang miskin.

Inti utama dari Robin Hood Effect adalah redistribusi kekayaan. Contoh paling nyata dari Robin hood effect adalah pemerintah memberlakukan pajak penghasilan progresif di mana yang kaya dikenai pajak penghasilan yang lebih tinggi. Dan pajak tersebut kemudian digunakan untuk subsidi orang miskin. Kemudian pajak progresif kendaraan mewah, itu juga salah satu contoh dari Robin Hood effect. Orang yang memiliki mobil lebih dari satu membayar pajak kendaraan yang lebih mahal.

Tujuan dari Robin Hood effect adalah untuk mengurangi kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin. Terkadang pemerintah entah secara disengaja atau tidak di sengaja, menciptakan Robin Hood effect lewat kebijakan fiskal dan moneter.

Salah satu contoh lain dari Robin Hood effects adalah pendirian Serikat pekerja. Dengan adanya Serikat pekerja, maka para pekerja dapat melakukan negosiasi sehingga sebagian keuntungan dari para Konglomerat dapat dialihkan demi kesejahteraan para pekerja perusahaan.

Ikuti Webinar Pintarsaham.id bersama DBS Digibank dengan mendaftar di sini. Free for all.

Jika ingin mendapatkan data analisis kuartalan bisa pesan di sini dan jika ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

 

Leave a Reply