ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Corner: Produsen Naphtha Cracker Indonesia

Skydrugz Corner: Produsen Naphtha Cracker Indonesia

Saat ini hanya ada 1 produsen Naphtha Cracker di Indonesia yakni TPIA atau PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Mengapa naphtha cracker sangat penting?

Karena naphtha cracker berguna untuk memecahkan naphtha menjadi beberapa produk turunan seperti etilena, propilena dan berbagai produk lainnya.

Industri petrokimia Indonesia merupakan tulang punggung dari berbagai industri hilir, seperti industri makanan dan minuman, otomotif, transportasi, ban, dan sebagainya.

Khusus untuk produk PE atau Polyethylene di Indonesia, aplikasinya adalah dalam bentuk kemasan makanan dan minuman, tangki air, terpal plastik, drum penyimpanan produk kimia, jerigen minyak goreng, pipa air minum bertekanan tinggi, pipa fiber optik, serta kabel XLPE tegangan rendah untuk PLN

Sejak 1960-an, ada dua jenis steam cracker yang dibangun:
1. Naphtha cracker, umumnya dibangun di Eropa dan Jepang.
2. Ethane (Gas) cracker, yang dibangun di Amerika Serikat.

Sejak 1976, ada industri besar baru di Arab Saudi, SABIC yang juga memilih membangun Ethane cracker. Pemilihan feedstock ini berdasarkan ketersediaan bahan baku, mana yang lebih murah dan mudah didapat, apakah minyak bumi atau gas.

Di Indonesia sendiri TPIA lebih memilih membangun naphtha cracker karena feedstock mereka banyak dari Marubeni Jepang yang menggunakan teknologi Naphtha cracker juga.

Ethylene yang dihasilkan dari Naphtha cracker kemudian menjadi bahan baku pembuatan polyethylene. Dan ini digunakan untuk membuat semua jenis plastik yang digunakan di kehidupan sehari – hari.

Dari sisi produksi, ada 3 perusahaan besar penghasil Polyethylene di Indonesia yakni TPIA, FPNI dan Polytama (belum IPO).

PT. CAP atau TPIA adalah perusahaan petrokimia terbesar dan terintegrasi di Indonesia serta satu-satunya yang mengoperasikan Naptha Cracker. Perusahaan yang memiliki pabrik yang berlokasi di Ciwandan, Cilegon, Banten ini memproduksi Polyolefins (Polyethylene dan Polypropylene). Adapun kapasitas produksi PE, TPIA saat ini adalah sebesar 340.000 ton per tahun dan kapasitas produksi PP sebesar 480.000 ton per tahun.

PT. Lotte Chemical Titan Nusantara FPNI dulunya dikenal sebagai PT. Titan Petrokimia Nusantara yang merupakan anak perusahaan yang tergabung dalam kelompok usaha Lotte Chemical Corp (sebelumnya Honam Petrochemical Corp) perusahaan yang berkedudukan di Republik Korea. Kapasitas produksi PE, FPNU mencapai 450.000 ton per tahun. Selain dipasarkan di dalam negeri, produk PE FPNI juga diekspor ke berbagai negara.

PT. Polytama Propindo dengan kapasitas produksi sebesar 180.000 ton per tahun dan PT. Pertamina UP III dengan kapasitas produksi mencapai 40.000 ton per tahun. PT. Polytama Propindo didirikan pada tahun 1993 dalam rangka Penanaman Modal Asing (PMA). Perusahaan ini merupakan Joint Venture antara PT. Tirtamas Majutama (80%) dan Nissho Iwai Corp, Jepang (10%) dan BP Chemical Co., Inggris (10%).

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, total permintaan produk PE dalam negeri mencapai 1.005.000 ton/tahun.

Sebelumnya, Indonesia merupakan negara net impor produk PE. Namun dengan rampungnya ekspansi pabrik PE milik Chandra Asri pada kuartal empat 2019 yang bertambah sebesar 400.000 ton/tahun menjadi 736.000 ton/tahun dan dengan produksi full capacity milik Lotte Titan sebesar 450.000 ton/tahun, maka Indonesia kini dapat memenuhi kebutuhan PE dalam negeri secara maksimal.

 

Pintarsaham dan DBS Digibank akan mengadakan Webinar Saham FREE pada tanggal 22 Oktober 2021 pukul 19.00 WIB. Jangan lupa untuk mendaftarkan diri ke sinihttp://bit.ly/pintarsahamidxdigibank

Jika ingin mendapatkan data analisis Laporan Keuangan Kuartalan bisa pesan di sini atau menghubungi Whatsapp Admin Pintarsaham.id +62 831-1918-1386

Untuk konsultasi perencanaan keuangan atau Financial Planning dari Certified Financial Planner Tim Pintarsaham.id bisa juga melakukan reservasi via Whatsapp +62 831-1918-1386

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386 atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply