ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skydrugz Corner: Insider Trading Anggota Parlemen

Skydrugz Corner: Anggota Kongres Trading

Seperti yang sudah saya tuliskan di postingan sebelumnya, anggota Kongres atau anggota Parlemen di Amerika Serikat memiliki aturan khusus mengenai Trading saham. Karena anggota Kongres berpeluang mendapatkan informasi yang tidak diketahui oleh publik mengenai kondisi ekonomi ataupun proyek besar yang akan didanai negara sehingga informasi tersebut bisa digunakan untuk meraih keuntungan yang banyak di pasar modal.

Misalnya setelah rapat dengar pendapat dengan kalangan industri, anggota Kongres mendapatkan informasi bahwa perusahaan A akan menjadi suplier proyek pemerintah. Sebelum informasi tersebut diumumkan ke publik, anggota Kongres membeli banyak saham perusahaan A terlebih dahulu. Dan begitu proyek diumumkan di publik, Si Anggota Kongres mendapatkan keuntungan karena harga saham perusahaan A meroket. Ini sebenarnya masuk dalam kategori Insider Trading tapi karena anggota Kongres bukan lah direksi ataupun manajemen perusahaan terbuka maka sulit untuk menuduh mereka melakukan insider trading.

Oleh karena itu di tahun 2012, STOCK Act atau Stop Trading on Congressional Knowledge Act disahkan.

Lewat peraturan ini maka semua anggota Kongres wajib melaporkan pembelian dan penjualan saham, obligasi, komoditas ataupun berbagai instrumen pasar modal lainnya dalam jangka waktu 30-45 hari setelah transaksi selama nilai transaksi tersebut di atas 1000 dollar. Bukan hanya anggota Kongres yang wajib melaporkan hal tersebut tapi juga semua staf dan pegawai yang ada di gedung Kongres. Hal yang sama juga berlaku pada semua petinggi di pemerintahan termasuk Presiden, Wakil Presiden maupun pejabat tinggi lainnya.

Tahun lalu, FBI melakukan investigasi mengenai insider trading yang dilakukan oleh anggota Kongres. Jadi di sana lumayan ketat dalam mengawasi insider trading.

Tapi di Indonesia, peraturan serupa nampaknya belum ada. Anggota Parlemen maupun petinggi negara di Indonesia belum diwajibkan untuk melaporkan pembelian ataupun penjualan saham tertentu dalam jangka waktu 30-45 hari setelah transaksi.

Jika ingin mendapatkan data analisis Laporan Keuangan Kuartalan bisa pesan di sini atau menghubungi Whatsapp Admin Pintarsaham.id +62 831-1918-1386

Bila ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386 atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply