ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Skema Restrukturisasi Utang MDLN

PT Modernland Realty Tbk (MDLN) sudah lama disuspensi oleh BEI karena mengalami gagal bayar utang. Bagaimana nasib utangnya sekarang?

MDLN berhasil lolos dari kebangkrutan karena pada 30 Agustus 2021, Pengadilan Tinggi Singapura menyetujui Scheme of Arrangement (“Scheme of Arrangement”) yang diusulkan oleh Modernland Overseas Pte. Ltd. (“Modernland Overseas”) berdasarkan Section 71 of the Singapore Insolvency, Restructuring and Dissolution Act 2018 (No. 40 of 2018) (“Sanction Order”). Pada 03 September 2021, Sanction Order tersebut yang dicantumkan pada Singapore Registrar of Companies telah berlaku efektif.

Pada 2017, Modernland Overseas merupakan anak perusahaan Perseroan yang telah menerbitkan 6,95% Guaranteed Senior Notes Due 2024 (“Notes”) yang terdaftar pada Singapore Exchange. Ringkasan terkait Notes sebagaimana berikut:

  • Nilai Notes US$240,000,000;
  • Jatuh tempo 13 April 2024

Perseroan dan berbagai entitas anaknya memberikan jaminan perusahaan, berdasarkan penerbitan Notes.

Hasil penerbitan Notes sepenuhnya diberikan oleh Modernland Overseas kepada MLand Singapore Pte. Ltd. (entitas anak Modernland Overseas dengan kepemilikan tunggal, “MLand”) dalam bentuk pinjaman antar perusahaan (“Pinjaman Antar Perusahaan 1”) serta penyetoran saham biasa oleh Modernland Overseas di dalam MLand.

Hasil tersebut selanjutnya diberikan oleh MLand kepada Perseroan dalam bentuk pinjaman antar perusahaan kepada Perseroan (“Pinjaman Antar Perusahaan 2”).
Modernland Overseas bergantung pada dividen dan distribusi dari MLand serta pembayaran yang diterima dari MLand
berdasarkan Pinjaman Antar Perusahaan 1 untuk memenuhi kewajiban pembayarannya berdasarkan Notes, sedangkan kemampuan MLand untuk melakukan pembayaran pinjaman, pemberian dividen dan distribusi kepada Modernland Overseas adalah bergantung pada pembayaran yang diterima dari Perseroan berdasarkan Pinjaman Antar Perusahaan 2. Sumber dana utama Perseroan untuk melakukan pembayaran berdasarkan Pinjaman Antar Perusahaan 2 kepada MLand
berasal dari kegiatan usaha Perseroan dan anak-anak perusahaannya.

Di dalam penerbitan Notes ini tidak terdapat hubungan afiliasi antara (i) Perseroan (termasuk Modernland Overseas dan
MLand) dengan (ii) para pemegang Notes.

 

MDLN

  • Restrukturisasi akan dimulai paling lambat 31 Desember 2021.
  • MDLN harus menjual asset paling lambat 2023 dan 2024 agar bisa melunasi utang.
  • Kemungkinan suspend saham MDLN akan dibuka begitu proses restrukturisasi dimulai.

Dapatkan Give away Pintarsaham dengan klik link ini: https://www.instagram.com/p/CTcGHFBhwWA/?utm_medium=copy_link

Ikuti Webinar Pintarsaham.id bersama DBS Digibank 10 September 2021 dengan mendaftar di sini. Free for all.

Jika ingin mendapatkan data analisis Laporan Keuangan Kuartalan bisa pesan di sini atau menghubungi Whatsapp Admin Pintarsaham.id +62 831-1918-1386

Jika ingin mendaftar menjadi member Pintarsaham.id bisa ke link ini atau hubungi Admin Pintarsaham.id via WA +62 831-1918-1386 atau dengan Buka rekening saham di Sucor Sekuritas di sini dengan menggunakan referal TIRA2. Sedangkan jika ingin Trading Kripto bisa daftar di sini

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

 

Leave a Reply