ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Saham Yang Sudah Stocksplit Apakah Akan Meroket Terus?

Pendahuluan

ERAA dan HOKI akan melakukan Stocksplit tahun ini. Banyak investor yang bertanya – tanya, apakah harga ERAA dan HOKI akan naik setelah Stocksplit?

Sejarah

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita lihat beberapa saham yang sudah Stocksplit dalam beberapa tahun terakhir.

1. UNVR

Stocksplit 2 Januari 2021 harga menjadi 8300

Sekarang 7125.

Chart UNVR cek di sini

Anjlok >10% dalam 400 hari.

Dalam laporan keuangan di 6 kuartal terakhir, pertumbuhan laba perusahaan selalu gagal memenuhi ekspektasi pasar.

2. SIDO

Stocksplit 14 September 2020 menjadi harga 795

Harga sekarang 785

Chart SIDO bisa lihat di sini

Dalam 150 hari harga SIDO stagnan.

Memang sempat ke 845 tapi akhirnya longsor lagi. Padahal laporan keuangan dalam 2 kuartal terakhir selalu memuaskan. Pertumbuhan laba sejalan dengan ekspektasi market.

3. MDKA

Stocksplit 18 Oktober 2019 harga menjadi 1250

Harga sekarang 2560

Chart MDKA bisa dilihat di sini

Kenaikan >100% dalam jangka waktu 300 hari.

Padahal laporan keuangan MDKA dalam beberapa kuartal terakhir biasa saja. Karena labanya fluktutif.

Takeaways

Sebenarnya tidak cukup kalau kita hanya menggunakan 3 contoh saham untuk menggambarkan apa yang terjadi pada saham setelah Stocksplit. Tapi dari 3 contoh tersebut ada beberapa hal yang bisa kita jadikan sebagai bahan pembelajaran:

1. Gerakan harga saham itu sangat random dalam jangka pendek. Karena fundamental bukanlah satu – satunya penentu harga saham. Ada juga faktor psikologis dan sentimen makro.

2. Meskipun fundamental bukan satu – satunya penentu tapi kita tetap bisa menjadikan fundamental sebagai patokan dalam menentukan analisis saham. Dalam contoh di atas UNVR yang selama beberapa kuartal terakhir earning report nya tidak pernah berhasil mengalahkan ekspektasi pasar harga sahamnya malah anjlok setelah Stocksplit. Berbeda dengan SIDO.

3. MDKA meskipun kinerja keuangannya biasa saja, namun harga sahamnya justru yang paling meroket setelah Stocksplit. Menurut saya, salah satu faktor pendorong roket MDKA adalah sentimen makro naiknya harga emas terutama di 2020 ketika pandemi Covid-19 merebak.

Jadi Apa Yang Harus Dilakukan?

1. Sebaiknya kita jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa saham yang Stocksplit akan selamanya meroket. Karena ada juga saham yang anjlok setelah Stocksplit seperti UNVR

2. Sebelum kita membeli saham, maka kita tetap harus melihat valuasi dan fundamental perusahaan.

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa ke sini

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply