ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Bagaimana Cara Menemukan Saham Multibagger untuk Diinvestasikan?

5 cara menemukan saham multibagger
5 cara menemukan saham multibagger

Istilah multibagger, diciptakan oleh investor legendaris Peter Lynch dalam bukunya One Up On Wall Street. Ini mengacu pada saham yang memberikan lebih dari 100% kenaikan harga sahamnya.

Investor berpengalaman akan memberi tahu Anda bahwa hanya memiliki beberapa saham multibagger dalam portofolio Anda, akan dapat membuat perbedaan yang besar.

Bayangkan jika Anda hanya menggunakan 1% dari portofolio Anda untuk membeli saham BBTN pada 29 Mei 2020 di harga Rp 760 per lembar saham. 

Anda akan mengantongi keuntungan 147% dalam portofolio kemarin, posisi 1% itu sekarang bernilai 147% dari portofolio awal Anda. 

Tapi bagaimana kita menemukan saham multibagger seperti itu?

5 hal yang perlu pertimbangkan ketika melihat saham mana yang dapat menjadi multibagger selama beberapa tahun ke depan.

  • Peluang Pasar Potensial

Jumlah pendapatan yang dapat diperoleh perusahaan di masa depan adalah faktor kunci seberapa berharganya perusahaan tersebut. Sebagai investor, sebaiknya tidak berfokus pada hasil kuartalan atau persentase pertumbuhan tahun ke tahun yang dicapai perusahaan dalam jangka pende. Kita juga wajib mempertimbangkan bagaimana proyeksinya ke depan. 

  • Profitabilitas

Selain meningkatkan pendapatan, perusahaan juga perlu menghasilkan laba dan arus kas untuk memenuhi kriteria sebagai perusahaan multibagger. Dengan demikian, investor perlu melihat arus kas bebas dan margin keuntungan.

Untuk perusahaan yang tumbuh cepat dan belum menguntungkan, saya cenderung melihat margin kotor. Perusahaan yang memiliki margin kotor tinggi akan lebih mungkin memperoleh keuntungan di peak nya 

  • “Sebuah Parit” atau Moat Yang Tahan Lama

Untuk memenuhi potensinya, perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Keunggulan itu dap[at berupa channel distribusi yang banyak, produk atau jasa unggulan, hak paten, royalti atau keunggulan kompetitif lainnya yang mungkin dimiliki perusahaan atas pesaingnya.

  • Manajemen Yang Dapat Mengeksekusi

Potensi adalah satu hal penting, tetapi dapatkah perusahaan melaksanakan rencananya?

Di sinilah pentingnya manajemen, CEO perusahaan perlu memiliki visi dan rencana pelaksanaan yang jelas untuk bisa menjadi perusahaan multibagger. Manajemen adalah subjek yang sensitif dan membutuhkan banyak analisis subjektif.

  • Membandingkan Kapitalisasi Pasar Saat Ini Dengan Kapitalisasi Pasar Potensial

Terakhir, setelah mengidentifikasi perusahaan yang memiliki probabilitas tinggi untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan berlipat ganda, kita perlu menilai apakah kapitalisasi pasarnya saat ini memiliki ruang untuk tumbuh menjadi saham multibagger.

Tidak ada gunanya membeli perusahaan yang semua penghasilannya di masa depan sudah tercermin di nilai pasarnya saat ini. 

Kesimpulan

Saham multibagger dapat menjadi pembeda antara portofolio yang mampu mengalahkan kinerja pasar dengan portofolio rata-rata. Namun, menemukan saham multibagger tidaklah mudah, sebagai seorang investor kita harus benar-benar menyaringnya.

Jika anda menyukai artikel Saham Multibagger : 5 Cara Untuk Menemukannya ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

Leave a Reply