ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Rokok Bukan Sunset Industry Tapi War Zone

Rokok Bukan Sunset Industry Tapi War Zone

Sunset Rokok

Banyak yang bilang kalau rokok adalah sunset industry. Tapi saya tidak sepakat dengan hal tersebut karena terbukti kalau Revenue GGRM dalam 4 tahun terakhir terus menerus naik. Grafik kenaikan revenue GGRM bisa terlihat di sini. 

Suatu industri dikatakan sunset apabila semua pelaku bisnis di dalamnya mengalami penurunan Revenue. Pembeli makin sedikit, barang jualan tidak laku. Di industri rokok, yang terjadi justru bukan sunsent tapi war zone karena hanya beberapa perusahaan yang revenue nya anjlok yakni HMSP dan RMBA. Revenue HMSP bisa terlihat di sini. Dalam 2 tahun terakhir konsisten anjlok. Hal yang sama juga dialami oleh RMBA, Revenue konsisten anjlok.

Market share HMSP dan RMBA yang notabene adalah perusahaan asing dihabisi oleh perusahaan lokal seperti GGRM, WIIM, dan ITIC serta Djarum dan Nojorono. Rokok mahal dimakan oleh rokok murah.

Jadi di industri rokok yang terjadi adalah perang harga. Dan HMSP serta RMBA sudah kalah telak dalam perang tersebut.

Kemampuan GGRM dalam melakukan Blitzscaling bisa terlihat dari grafik ini.  Revenue dan CFO berjalan naik beriringan. Hanya soal waktu laba GGRM akan melewati HMSP jika manajemen HMSP tidak cepat – cepat mengubah strategi dalam perang harga rokok ini.

Revenue dan Cashflow adalah darah perusahaan. Dan sedikit demi sedikit darah HMSP disedot oleh perusahaan rokok lain.

This is not a sunset but war zone.

Artikel Skydrugz Yang Lainnya:

1. Cara Deposit di Binance. 

2. Cara Daftar di Akun Kripto

3. Cara trading di market luar negeri. 

4. Cara Beli Saham TSLA di Binance

5. Cara Mendapatkan Passive Income dari Binance: Menabung Kripto dapat Bunga Seperti Menabung di Bank

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2 dengan PM saya @skydrugz27 di Telegram.
Atau dengan mendaftar menjadi Nasabah Mirae dengan mengisi form ini.
Setelah mengisi form, bisa menghubungi @skydrugz27 via Telegram.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Bagi yang mau buka akun Kripto bisa di Binance atau Tokokripto pakai link di sini.

Bagi yang mau join grup kripto bisa isi form PintarKripto.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply