Pilihan Investasi Yang Menguntungkan untuk Karyawan

Pilihan Investasi untuk karyawan

6 Pilihan Investasi Yang Menguntungkan untuk Karyawan

Menjadi seorang karyawan yang sibuk dengan kerjaan tiap Senin-Jumat membuat kadang kita lupa untuk segera memulai investasi. Selain waktu yang sedikit untuk mengetahui investasi apa yang sebenarnya menguntungkan untuk karyawan juga seringkali belum pas dalam berapa sebenarnya gaji yang dialokasikan untuk investasi.

Investasi tidak harus dengan nominal yang besar tapi bisa juga dimulai dengan nominal yang hanya Rp 100.000,00 saja.

Seperti kata Warren Buffet, investor saham sukses di dunia,

“If You Don’t Find A Way To Make Money While You Sleep, You Will Work Until You Die”

Yuk, ketahui apa saja 6 pilihan investasi yang menguntungkan untuk karyawan.

Dari definisi sebenarnya investasi adalah suatu aktivitas menempatkan dana pada satu periode tertentu dengan harapan penggunaan dana tersebut bisa menghasilkan keuntungan dan/atau peningkatan nilai investasi pada periode selanjutnya.

Pilihan Investasi yang Menguntungkan untuk Karyawan
Pilihan Investasi yang Menguntungkan untuk Karyawan
  • Properti

Anda dapat memulai berinvestasi dengan properti dengan cara membuat indekost, ataupun mengontrakan properti yang anda punya.

Properti yang terletak di tempat strategis akan memiliki nilai plus untuk investasi anda karena dipastikan pertumbuhan nilai investasi anda juga akan lebih pesat.

Karena memerlukan dana yang besar dibandingkan dengan investasi lainnya, maka anda perlu menyiapkannya mulai lebih awal.

Selain memerlukan  dana yang lebih besar untuk memulainya dan lebih sulit untuk menjual properti daripada pilihan investasi lainnya, hal ini menyebabkan lebih sulit untuk dicairkan. Jadi, investasi ini tidak cocok bagi anda bila mempunyai kebutuhan yang mendesak secepatnya.

  • Deposito

Deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja.

Keuntungan deposito juga beragam tergantung besaran bunga yang diberikan oleh kebijakan bank terkait, jadi anda perlu mencari informasi dan memilih bank mana yang anda rasa memberikan keuntungan sesuai kriteria anda.

Anda pun tak perlu risau, meskipun anda baru pertama kali melakukan investasi jenis ini dan tidak perlu memiliki pengetahuan yang cukup karena semuanya telah ditangani oleh pihak bank yang tentunya terpercaya.

Jadi, investasi ini memiliki resiko yang rendah dan sangat direkomendasi untuk anda karyawan yang ingin mulai berinvestasi

Sama halnya dengan investasi properti, anda tidak bisa mencairkan deposito kapan saja seperti tabungan di bank karena bank memiliki kebijakan periode penyimpanan yang bervariasi mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun.

Pastikan bunga deposito yang Anda dapatkan bisa diatas inflasi karena inti dari berinvestasi adalah nilai yang yang Anda miliki meningkat diatas nilai inflasi. Click To Tweet
  • Waralaba

Nah, buat anda yang merasa gajimu kurang dan ingin mempunyai pendapatan yang lebih tanpa menganggu jam kerjamu, investasi waralaba atau bahasa kerennya franchise merupakan jawabannya.

Contoh paling kecil investasi ini adalah warung klontong yang dapat anda buka di depan rumahmu. Anda tidak perlu mengontrolnya secara intensif dan tidak memerlukan skill yang tinggi.

  • Saham

Ada juga rekomendasi buat anda para karyawan yang tak mau ribet. Bukalah rekening saham sehingga bisa membeli saham perusahaan terbuka yang ada di Indonesia.

Bila anda kurang yakin dan belum memiliki pengalaman sebelumnya, anda bisa mencoba untuk memulai dengan berinvestasi dengan nilai yang kecil.

Saham yang bisa dibeli adalah saham perusahaan yang menurut Anda memiliki kinerja yang bagus dan produk atau jasanya kita gunakan juga.

Contoh bagaimana menguntungkannya berinvestasi saham bisa dilihat di grafik ini :

Contoh Grafik Saham BBCA
Contoh Grafik Saham BBCA

Ini jika kita memilih saham yang memang bagus karena ada 600 pilihan emiten lainnya. Jadi dengan membaca artikel di pintarsaham.id atau ebook belajar saham Pintar Saham bisa membantu Anda untuk lebih memahami tentang investasi saham.

  • Reksadana

Mengapa reksa dana direkomendasikan untuk Anda sebagai karyawan ? Karena jenis investasi terbilang cocok untuk pemula yang masih awam atau belum memahami dunia saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya karena dalam konsep investasi reksa dana akan ada Manajer Investasi (MI) yang membantu mengelola uang yang Anda investasikan.

Reksa dana adalah pilihan investasi untuk Anda dengan dana awal yang tergolong kecil, karena dana tersebut akan digabungkan dengan investor lain barulah dikelola bersama dengan tujuan memperoleh keuntungan.

  • Surat Berharga Negara

Investasi jenis ini tidak memerlukan dana awal yang besar dan sangat cocok untuk karyawan. Karena satuan pembeliannya dari minimal Rp1  juta hingga maksimal Rp3 miliar.

Anda sudah bisa menabung sambil belajar berinvestasi di berbagai instrumen investasi pada SBN, seperti Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Ritel (SR), Sukuk Tabungan (ST), dan Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

SBN diterbitkan oleh Pemerintah yang memiliki kestabilan finansial lebih tinggi.

Untuk jenis investasi Surat Berharga Negara seperti SBR, terdapat fasilitas early redemption. Fasilitas ini berguna jika membutuhkan dana cepat, maka dana yang Anda investasikan sebesar 50% dapat dicairkan lebih awal sebelum masa jatuh tempo.

Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta. Untuk lebih paham tentang SBR bisa mengakses website resmi Kementerian Keuangan disini.

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa menyukai Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan memfollow Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Disclaimer :

Penyebutan nama saham  (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi

One thought on “Pilihan Investasi Yang Menguntungkan untuk Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat