Perbandingan Saham Sektor Makanan dan Minuman

PERBANDINGAN SAHAM sektor makanan dan minuman

Perbandingan saham sektor makanan dan minuman pada artikel ini akan membahas 5 saham saja yaitu INDF (PT. Indofood Sukses Makumr, Tbk), ICBP (PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk), IIKP (PT Inti Agri Resources Tbk), CEKA (PT Wilmar Cahaya Indoensia Tbk), dan HOKI (PT Buyung Petra Sembada, Tbk). Kelimanya dipilih karena transaksi hariannya paling tinggi dibandingkan saham lain pada sektor makanan dan minuman. Ada 1 saham juga yang transaksinya tinggi di sektor ini yaitu MYOR namun kita akan bahas pada pembahasan berikutnya.

Saham yang tergolong ke dalam sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia berjumlah sebanyak 26 perusahaan dengan daftar sebagai berikut : 

Daftar Nama Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman
Daftar Nama Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman
  • Analisa Saham INDF, ICBP, IIKP, CEKA dan HOKI dari Valuasi dan Margin Keuntungan

Perbandingan Saham INDF ICBP IIKP CEKA HOKI dari Valuasi dan profitabilitas
Perbandingan Saham INDF ICBP IIKP CEKA HOKI dari Valuasi dan profitabilitas

Dilihat dari perbandingan valuasi dan margin keuntungan di sektor makanan dan minuman diperoleh CEKA memiliki valuasi paling murah dengan PER dibawah rata-rata sektornya yaitu sebesar 11.85. Begitu juga dengan valuasi yang lain yaitu dilihat dari PBV dan Price to Sales. Rasio EV to EBIT juga lebih kecil. Hal yang wajib diperhatikan adalah transaksi atau volume perdagangan CEKA tidak terlalu ramai dan likuid dibandingkan saham lainnya. Click To Tweet

Market capital paling besar adalah ICBP yang merupakan anak perusahaan dari INDF. Hal ini menarik karena anak perusahaannya lebih “dihargai” pasar dibandingkan induknya sendiri. Dari segi profitabilitas yang paling besar marginnya adalah ICBP. ICBP terkenal dengan produk mie instantnya.

  • Analisa Saham INDF, ICBP, IIKP. CEKA dan HOKI dari Rasio Manajemen dan Hutang

Perbandingan Saham INDF ICBP IIKP CEKA HOKI dari efektivitas manajemen dan kemampuan bayar hutang
Perbandingan Saham INDF ICBP IIKP CEKA HOKI dari efektivitas manajemen dan kemampuan bayar hutang juga dominan lebih baik adalah ICBP dibandingkan saham laiinya. Dari sisi hutang saham-saham sektor makanan dan minuman seperti IIKP malah tidak memiiki hutang sama sekali. 
  • Analisa Saham INDF, ICBP, IIKP, CEKA dan HOKI 

Perbandingan Saham INDF ICBP
Perbandingan Saham INDF ICBP

Dari angka nominal yang memberikan dividen yang paling tinggi adalah INDF namun dividen yieldnya dibawah 1%. Saham sektor makanan dan minuman ternyata tidak terlalu memberikan dividen yang tinggi yieldnya.

Menariknya sektor makanan dan minuman dengan kenaikan harga saham tertinggi dalam setahun terakhir adalah HOKI. HOKI merupakan perusahaan yang fokus dalam perdagangan beras dengan merek beras premiumnya. 

  • Analisa Saham INDF, ICBP, IIKP, HOKI dan CEKA dari Neraca , Laba Rugi dan Arus Kas

 

Perbandingan Saham INDF ICBP
Perbandingan Saham INDF ICBP

Dari pertumbuhan Laba Persih per Lembar Saham atau EPS saham HOKI memang berhasil tumbuh hingga 324%. Hal ini bisa jadi penyebab kenapa setahun terakhir saham ini bisa meroket naik harga sahamnya. Tentunya perlu yang namanya menganalisa lebih dalam lagi tentang mengapa laba per lembar sahamnya bisa naik drastis padahal pendapatannya hanya naik 48% saja. 

Dari sisi arus kas, INDF menghasilkan arus kas bersih terbesar dibandingkan saham lainnya.Dari segi ukuran aset memang terlihat sangat mencolok perbedaan antara INDF, ICBP dengan HOKI, CEKA dan IIKP. 

Kesimpulan 

Saham sektor makanan dan minuman dikenal dengan saham defensif karena apapun yang terjadi entah krisis atau tidak orang-orang selalu membutuhkan makanan. Banyak produk yang terkenal yang dihasilkan oleh saham-saham yang ada di sektor ini.  Jadi saham mana yang layak untuk dikoleksi?. 

Jika anda menyukai artikel ini, silakan untuk berlangganan Youtube Channel Pintar Saham dan Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia serta memfollow Instagram Pintar Saham di @pintarsaham.id. Jangan lupa untuk memberikan komentar di kolom yang ada. 

Happy Investing 😀 

One thought on “Perbandingan Saham Sektor Makanan dan Minuman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *