Pendapatan dan Jumlah Penonton Cinema XXI Tumbuh Hingga 22% Pada Semester Pertama 2023

PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI) mencatatkan kinerja solid sepanjang Semester I 2023 dengan membukukan pendapatan sebesar Rp2,4 triliun pada Semester I 2023 atau tumbuh 22,0% dari Rp2 triliun pada Semester I 2022 (year on year/YoY).

Pendapatan Semester I 2023 ditopang oleh pendapatan tiket bioskop yang berkontribusi hingga 60,2% dari keseluruhan pendapatan, diikuti oleh pendapatan makanan dan minuman sebesar 35,6%, iklan sebesar 1,6%, dan digital platform sebesar 2,2%.

Lebih lanjut, Cinema XXI berhasil mencatatkan EBITDA sebesar Rp681,1 miliar, laba sebelum pajak sebesar Rp274,5 miliar dan laba bersih sebesar Rp215,1 miliar sepanjang semester I 2023.
Jumlah penonton mengalami kenaikan 22,3% pada Semester I 2023 yakni sebesar 36,9 juta dari 30,1 juta pada Semester I 2022 (YoY). Kenaikan ini menghasilkan Gross Box Office (GBO)senilai Rp1,6 triliun di paruh pertama tahun ini.

Peningkatan jumlah penonton juga sejalan dengan kenaikan penjualan produk F&B sebesar 40,5% dari Rp675 miliar pada Semester I 2022 menjadi Rp948,2 miliar pada Semester I 2023. Dengan demikian, persentase penjualan produk F&B apabila dibandingkan dengan GBO meningkat dari 47,9% di Semester I 2022 menjadi 58,5% pada Semester I 2023.

Kinerja solid pada Semester I 2023 ditopang oleh performa positif sepanjang Kuartal II 2023 dimana masyarakat menggunakan momentum libur Hari Raya Idulfitri 1444 H dan masa libur sekolah untuk menikmati film-film berkualitas di bioskop.

Apabila dibandingkan dengan Kuartal I 2023, jumlah penonton di Kuartal II 2023 mengalami peningkatan sebesar 74,0% sementara pendapatan bertumbuh sebesar 74,9%.

Sepanjang semester I 2023, Cinema XXI telah membuka tujuh lokasi bioskop baru dengan tambahan 31 layar dimana salah satunya berlokasi di Kota Cianjur yang sebelumnya tidak memiliki bioskop.

Dengan demikian, hingga 30 Juni 2023, Cinema XXI telah menghadirkan 1.239 layar di 230 lokasi bioskop yang tersebar di 56 kota di seluruh Indonesia.

Cinema XXI juga terus berinovasi dan menghadirkan ragam makanan dan minuman sesuai dengan masukan dan selera masyarakat untuk mengoptimalkan pendapatan dari penjualan produk F&B.

Sepanjang semester I 2023, Cinema XXI aktif menghadirkan produk F&B terbaru, diantaranya Popcorn Milo Dinosaurs, Dark Choco Peanut Bread, Sesame Korean Chicken, Nasi Goreng Rawon, Iced Avocado Latte, Avoccino, Go Matcha, serta menghadirkan kembali nachos sebagai salah satu menu andalan.

Kemudian, dari sisi animo terhadap film nasional, filmindonesia.or.id mencatat terdapat tujuh film nasional yang ditonton lebih dari satu juta penonton sepanjang 2023 di seluruh jaringan bioskop di Indonesia, yakni :

Judul Film Jumlah Penonton
Sewu Dino 4.886.406
Waktu Maghrib 2.403.711
Suzzanna:Malam Jumat Kliwon 2.082.569
Ketika Berhenti di Sini 1.604.359
Buya Hamka 1.297.893
Khanzab 1.297.893
Sosok Ketiga 1.162.291

Sumber : Keterbukaan informasi IDX

Share this post :
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *