ININEn +62831-1918-1386 Mon - Fri 10:00-18:00s +62831-1918-1386
Info@pintarsaham.id
Sertifikasi Internasional
CFP@ | Certificate Financial Planner
Team Berpengalaman
Lebih dari 7 tahun
Kontak Kami

Cara Memilih Saham Menggunakan Skydrugz Bot Radar

Ada 2 jenis saham dalam Skydrugz Bot Radar
1. Saham Untuk spekulasi saja
2. Saham Untuk Investasi long-term

Jadi jangan langsung beli saham yang masuk ke Skydrugz Bot Radar sebelum mengecek fundamental perusahaan. Minimal cek keystat di RTI atau Stockbit.

Saham yang untuk investasi long-term ini bisa di average down terus dan bisa di hold selamanya.

Sedangkan untuk saham spekulasi, cukup hit and run. Dan average down maksimal 5x saja pakai patokan PBV atau patokan Fibonacci. Kalau loss sudah melewati batas toleransi CL saja. Saya sendiri batas toleransi CL saya di saham yang hit and run hanya 5-6% saja. Pada beberapa saham yang saya anggap memiliki strong owner, maka batas toleransi CL saya bisa lebih besar lagi terutama untuk perusahaan BUMN atau Konglomerat besar seperti Sinarmas Group dan Salim Group. Karena BUMN, Sinarmas, dan Salim sudah teruji oleh waktu. Di masa depan kondisi tersebut mungkin akan berubah. Untuk perusahaan yang saya tahu story-nya juga bisa lebih longgar metodenya.

Ciri saham perusahaan yang bisa dihold dan average down terus:
1. Bagi dividen

2. Cetak laba dan kalau bisa labanya tumbuh

3. Arus kas operasional dapat melunasi semua utang berbunga perusahaan dalam 5 tahun

4. Cadangan kas perusahaan dapat melunasi utang jangka pendek perusahaan dalam dalam jangka waktu 3 tahun atau paling minimal cash ratio 30%.

5. Undervalued atau fair priced. Batasan undervalued dan fair priced ini agak sulit. Tapi lebih baik pakai valuasi relatif historis atau valuasi relatif terhadap industri. Selama valuasi PBV atau PER nya lebih rendah dari valuasi historis perusahaan atau lebih rendah dari valuasi relatif industri, bisa dikatakan itu undervalued atau fair priced. Patokan gunakan mean PBV PER Historis atau mean PBV PER industri.

 

Jika anda menyukai artikel ini jangan lupa untuk berlangganan di Youtube Channel Pintar Saham dan nantikan video edukasi tentang saham di channel tersebut. Jangan lupa melihat Facebook Fan Page Pintar Saham Indonesia dan Instagram Pintar Saham @pintarsaham.id

Jika ingin diskusi saham via Telegram bisa daftar ke sini atau dengan menjadi Nasabah Sucor Referal TIRA2.

Untuk Insights Saham bisa ke sini.

Jika ingin pesan analisis Laporan Keuangan Kuartalan Komprehensif dari Pintarsaham.id bisa pesan di sini

Disclaimer :

Penyebutan nama saham (jika ada) tidak bermaksud untuk memberikan penilaian bagus buruk, atau pun rekomendasi jual beli atau tahan untuk saham tertentu. Tujuan pemberian contoh adalah untuk menunjukkan fakta yang menguatkan opini penulis. Kinerja Masa Lalu tidak menjadi jaminan akan kembali terulang pada masa yang akan datang. Semua data dan hasil pengolahan data diambil dari sumber yang dianggap terpercaya dan diolah dengan usaha terbaik. Meski demikian, penulis tidak menjamin kebenaran sumber data. Data dan hasil pengolahan data dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan. Seluruh tulisan, komentar dan tanggapan atas komentar merupakan opini pribadi.

Leave a Reply